Connect with us

Peristiwa

Penggalian Liar di Situs Tajinan Dikecam

Diterbitkan

,

Postingan BPCB Jawa Timur terkait dugaan penggalian liar cagar budaya di Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. (Tangkapan layar)

KABARMALANG.COM – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur berang. Penggalian liar terjadi di peninggalan situs cagar budaya Desa Ngawonggo, Tajinan.

Dugaan penggalian liar diakui BPCB Jawa Timur, Informasi diketahui pertama dari laporan masyarakat Desa Ngawonggo, Tajinan.

“Ya, di sini kita menemukan adanya hasil penggalian liar. Aktivitas dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Ini tanpa izin serta tanpa melalui prosedur arkeologis,” terang Zakaria Kasimin, Kepala BPCB Jawa Timur.

Aktivitas penggalian liar dilakukan oleh oknum yang tidak berizin. Struktur cagar budaya digali tanpa metode arkeologis yang benar.

Dalam video BPCB, terlihat serpihan sisa penggalian cagar budaya. Dia menegaskan kejadian seperti ini tidak terjadi kembali.

Lantas, Zakaria melarang keras penggalian cagar budaya tanpa prosedur perizinan.

“Apabila tetap dilakukan, kami tidak akan segan mengambil tindakan. Apapun bentuknya akan kita selidiki,” tuturnya.

Kepala BPCB Jatim Zakaria Kasimin

Arkeolog BPCB Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho membenarkan.

“Ya, kami (BPCB) mendapat informasi itu. Bahwa ada penggalian liar. Lokasinya di cagar budaya Desa Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan,” katanya.

Sabtu (24/10) besok BPCB akan turun lagi. Arkeolog akan cek langsung untuk penyidikan.

“Situs itu baru. Kami mengetahui setelah adanya informasi ini. Tapi lokasinya tidak jauh dari situs Ngawonggo. Yang ditemukan pada tahun 2017 lalu,” tukasnya.(im/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih