Connect with us

Kabar Batu

Sekolah dan Hotel Alternatif Pos Bencana

Diterbitkan

,

Sekolah Kota Batu yang akan dijadikan pos pantau dan pos kedaruratan. (foto : Arul)

KABARMALANG.COM – Intensitas kecepatan angin di Kota Batu makin tinggi. Potensi bencana angin kencang seperti tahun lalu makin mengkhawatirkan.

BPBD Kota Batu membutuhkan pos Pantau tambahan.

“Kami saat ini mengantisipasi terjadinya bencana alam. Padahal, kita juga sedang menghadapi bencana non alam,” papar Kasi Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

BPBD berencana memanfaatkan sekolah dan hotel sebagai pos tambahan. Ini merupakan bentuk antisipasi. Mengingat, Kota Batu tengah dalam masa pandemi covid-19.

Protap kesehatan harus terus dilakukan. Sehingga, ruang evakuasi harus diperbanyak.

Lebih jauh, Rochim menerangkan Batu punya Desa/Kelurahan Tangguh Bencana. Ada 13 kelompok tangguh bencana dengan kelas pratama.

Kantor desa itulah yang biasa ketempatan pos pantau kedaruratan. Protokol ini harus diubah. Acuan penerapan physical distancing harus dipakai.

“Kantor desa bisa menampung 100 orang. Tapi, itu akan dikurangi menjadi 50 orang,” jelasnya.

BPBD akan memanfaatkan sekolah sebagai pos darurat. Karena, sekolah saat ini masih kosong. Siswanya belajar dengan menggunakan sistem daring.

BPBD juga berencana komunikasi dengan PHRI Kota Batu. “Kami belum berkomunikasi. Namun jika diperlukan, kami akan meminta bantuan. Mungkin, lobby hotel atau ruang lapang lainnya, bisa dipakai,” tandasnya.(arl/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih