Connect with us

Edukasi

Ribuan Peserta Ikuti Ujian Calon Advokat yang Digelar Peradi

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Ribuan peserta mengikuti ujian calon advokat yang digelar Peradi. Ujian Profesi Advokat (UPA) ini digelar Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dilaksanakan serentak di 37 kota di Indonesia, diikuti sekitar 4.844 calon advokat.

“Ini serentak digelar secara nasional. Ada dua sesi, pertama multiple choice dan kedua esai,” ujar Dian Aminudin, SH Ketua DPC Peradi Malang, Sabtu (22/02/2020).

Ujian multiple choice ini, lanjut Dian, dibagi menjadi dua sesi, dan soalnya berbeda-beda setiap peserta. Sehingga mereka tidak bisa mencontek. Kemudian untuk sesi esai, mereka diberi contoh kasus, kemudian diminta membuat kuasa dan gugatan.

“Membuat penyelesaian di luar pengadilan dengan contoh kasus yang sama,” bebernya kepada wartawan.

Ia juga menyampaikan, bahwa Jawa timur, selain Kota Malang, juga ada kota lainnya yang juga menyelenggarakan UPA ini. Kota tersebut yakni Surabaya, Banyuwangi, Madiun, Tulungagung dan Jember.

“Untuk menjaga standar kualitas, DPC Peradi Malang memiliki standar tersendiri. Peserta yang bisa mengkuti UPA di Peradi kami, adalah yang sudah mengikuti PKPA dari kami. Kita tidak bisa menerima peserta yang jika PKPA nya dari organisasi lain demi menjaga standard profesi,” kata Dian.

Sementara itu, untuk standar kelulusannya, para peserta UPA harus mencapai minimal nilai 7 untuk bisa lulus. Sebaliknya, jika nilai ujian dibawah tujuh, maka para peserta tak bisa untuk diluluskan guna menjaga kualitas advokat dari Peradi Malang.

“Untuk benar-benar zero KKN, pengawas dari UPA ini melibatkan pihak outsourcing. Sehingga para lulusan benar-bernar terjaga kualitasnya,” pungkasnya. (ary/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih