Connect with us

Serba Serbi

Polres Malang Terjunkan Ratusan Personel untuk Amankan Rangkaian Ibadah Jumat Agung

Diterbitkan

,

Polres Malang menurunkan ratusan personel guna mengamankan pelaksanaan ibadah Paskah di wilayah Kabupaten Malang (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Polres Malang menurunkan ratusan personel guna mengamankan pelaksanaan ibadah Paskah di wilayah Kabupaten Malang.

Personel kepolisian bertugas melakukan penjagaan pada gereja-gereja yang melaksanakan ibadah Paskah, mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, Minggu Paskah, hingga Paskah kedua mendatang.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana melalui kasi Humas Polres Malang IPTU Ahmad Taufik mengatakan, personel melaksanakan pengamanan rangkaian perayaan ibadah Paskah di setiap gereja yang melaksanakan perayaan.

Hal itu dilakukan untuk menghadirkan situasi Kamtibmas yang Kondusif di Kabupaten Malang.

“Pengamanan yang dilaksanakan ini merupakan wujud hadirnya Polri dalam kegiatan keagamaan dalam masyarakat, kepolisian berusaha memastikan agar umat Nasrani dapat menjalankan ibadahnya dengan rasa aman dan nyaman,” kata IPTU Taufik saat di konfirmasi di Polres Malang, Jumat (7/4/2023).

Taufik menyebut, pihaknya menerjunkan 530 personel untuk melakukan pengamanan terhadap 26 gereja yang melaksanakan ibadah di wilayah Kabupaten Malang.

Pengamanan kegiatan juga melibatkan jajaran TNI dan pengamanan internal gereja.

“Personel Polres dan Polsek jajaran mengamankan rangkaian perayaan Paskah di gereja-gereja yang ada di seluruh Kabupaten malang,” tuturnya.

Selain mengamankan tempat ibadah gereja, personel kepolisian juga mengatur kelancaran lalu lintas supaya warga yang hendak beribadah Paskah merasa nyaman dan aman.

“Personel juga mengatur jalannya lalu lintas di jalan raya, sehingga pelaksanaan ibadah Paskah di setiap gereja bisa berlangsung aman, nyaman dan damai,” ujarnya.

Taufik menyebut, perayaan Paskah tahun ini berlangsung dengan semarak. Animo masyarakat yang merayakan rangkaian menyambut Hari Paskah sangat terasa semangatnya.

Hal itu tak lepas dari perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

“Perayaan Paskah tahun ini berbarengan dengan bulan Ramadhan, namun kita ketahui bersama toleransi antar umat beragama di Kabupaten Malang cukup tinggi, sehingga tidak ada masalah apabila perayaan paskah dalam bulan Ramadhan,” ungkapnya.

Taufik berharap, dengan kehadiran personel kepolisian yang tekah diterjunkan, perayaan Paskah tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan khidmat.

Serta situasi Kamtibmas secara umum di Kabupaten Malang dalam keadaan aman dan kondusif.

“Harapannya para Jemaat gereja yangh melaksanakan ibadah Paskah merasa aman dan nyaman, serta situasi Kamtibmas di Kabupaten Malang juga kondusif,” pungkas Taufik.

Sementara itu, Johannes (42), salah satu jemaat gereja GKJW Eklesia Pepathan Jabung, merasa bersyukur karena setelah pandemi berlalu akhirnya tahun ini mereka dapat merasakan ibadah bersama di Gereja menyambut Paskah.

Dia juga mengungkapkan terimaksih kepada personel keamanan yang telah mengamankan perayaan Paskah di wilayahnya.

“Terimakasih kepada bapak-bapak dari Kepolisian dan TNI, juga ibu Polwan, yang telah memberikan pengamanan, kami merasa aman dalam beribadah,” ungkapnya. (tik/fir)

 

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com