Connect with us

Edukasi

Museum Bentoel Bukan Cagar Budaya, Ini Penjelasan Ida Ayu

Diterbitkan

,

Wisata Kota Malang Tutup Saat Libur Natal Dan Tahun Baru
Ida Ayu Made Wahyuni.

KABARMALANG.COM – Museum Bentoel bukan termasuk cagar budaya. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni.

Museum Bentoel ini terletak di Jalan Wiromargo 32. Saat ramai dikabarkan akan dijual, mendapatkan reaksi dari para pegiat cagar budaya dikota Malang. Dan pemerintah daerah diminta turun tangan.

“Kita sudah koordinasi dengan mereka (Bentoel Group) bahwa mereka akan menjual museum itu,” ujar Ida Ayu Made Wahyuni, Selasa (17/9/2019).

Ia menambahkan, Museum Bentoel itu tidak masuk dalam cagar budaya. Karena, bangunannya dibangun sekitar tahun 1994, tetapi modelnya memang model bangunan lama.

“Salah satu dari unsur-unsur cagar budaya itu minimal bangunanya sudah 50 tahun. Bangunan Museum Bentoel itu masih berumur 24 tahun,” jelasnya.

Sesuai dengan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah yang berlaku, sebuah bangunan bisa disebut museum apabila memenuhi empat unsur. Antara lain, memiliki tempat, memiliki koleksi, memiliki dana untuk pengelolaan dan memiliki sumber daya manusia (SDM) untuk pengelolaan.

Disampaikan juga, mereka sudah memindahkan koleksi-koleksinya dan akan ditempatkan di kantor mereka yang baru. Kantor ini nantinya, akan menceritakan tentang perjalanan industri rokok kretek di Malang.

“Untuk koleksi, sebetulnya tidak berhubungan dengan pak Ong Hok Liong (pendiri Bentoel),” kata Ida. “Tetapi ceritanya ada,” lanjutnya.

Lebih jauh, Ida mengatakan kalau bangunan cagar budaya itu tidak boleh di jual, kalau pun dijual pembelinya harus melaksanakan seperti cagar budaya. (ary/fir)

Advertisement Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Malang
6 Comments

6 Comments

  1. Pingback: Hotel Pelangi Masuk Bursa Properti, Ini Pesan Pemerhati Cagar Budaya

  2. Pingback: Mengenal Ong Hok Liong, Pendiri Rokok Bentoel

  3. Pingback: Benar Akan Dijual, TACB Panggil Manajemen Bentoel

  4. Pingback: Museum Bentoel Dikabarkan Akan Dijual

  5. Pingback: Tunjang Potensi Ekraf, Pemkot Malang Sediakan Coworking Space

  6. Pingback: Kayutangan Heritage, Pemanfaatan Produk Lokal Malang – Kabar Malang Com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih