Connect with us

Ekbis

Museum Bentoel Dikabarkan Akan Dijual

Diterbitkan

,

Museum Bentoel di Jalan Wiro Margo, Kota Malang, sekligus rumah pendiri dikabarkan dijual (istimewa)
Museum Bentoel di Jalan Wiro Margo, Kota Malang, sekaligus rumah pendiri dikabarkan dijual (istimewa)

KABARMALANG.COM– Museum Bentoel di Jalan Wiromargo, Klojen, Kota Malang, dikabarkan dijual. Museum itu awalnya rumah dari pendiri Bentoel Ong Hok Liong, yang dibuka untuk umum sejak Oktober 2013 silam. Benarkah museum itu telah dijual ?.

Surat terbuka dan petisi yang ditujukan kepada Wali Kota Malang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, serta Tim Ahli Cagar Budaya Kota Malang, muncul di media sosial. Dimana isinya menuntut kejelasan akan nasib ke depan dari Museum Bentoel. Surat itu diposting Restu Respati melalui laman Facebooknya.
 

SURAT TERBUKA

Kepada
Yth. Wali Kota Malang
Yth. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang
Yth. Tim Ahli Cagar Budaya Kota Malang
Yth. Asosiasi Museum Indonesia Daerah Jawa Timur

Beberapa hari ini di media sosial telah ‘viral’ berita mengenai MUSEUM BENTOEL yang beralamat di Jalan Wiro Margo Nomor 32, Kecamatan Klojen, Kota Malang akan dijual. Setelah kami cek kebenarannya pada hari Jumat tanggal 6 September memang benar bahwa Museum Bentoel ini dijual oleh pemiliknya.

Hal ini terlihat pada spanduk yang tertampang pada dinding depan gedung. Saat kami kesana kondisi Museum Bentoel sudah tutup tidak beraktifitas lagi. Patung Ong Hok Liong sang pendiri Bentoel yang berada di pojok depan sebelah kanan juga tidak tampak lagi. Prasasti tulisan ‘Museum Sejarah Bentoel’ yang berada di tengah taman juga sudah tidak ada lagi.

“Kami sebagai Pemerhati Sejarah dan Cagar Budaya Malang Raya sangat prihatin atas ditutupnya dan dijualnya Museum Bentoel ini. Menurut kami kesejarahan Bentoel sangat mewarnai kesejarahan Kota Malang,” demikian tulis Restu Respasti dari Komunitas Sejarah Jelajah Jejak Malang dalam surat terbuka yang dibaca KABARMALANG.COM, Minggu (8/9/2019), malam.

Bentoel telah menjadi bagian dari Kota Malang sehingga sejarah perjalanan Bentoel juga bersentuhan dengan sejarah Kota Malang. “Jika Museum Bentoel dibiarkan hilang begitu saja, maka sebagian kesejarahan Kota Malang juga ada yang hilang,” tegasnya.

Dari pertimbangan diatas dan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya dan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Cagar Budaya, serta sebagai aspirasi dari warga Malang kami bermaksud menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Dengan dicanangkannya program Malang City Heritage oleh Bapak Wali Kota Malang kami berharap Bapak Wali Kota Malang memperhatikan bangunan-bangunan heritage yang ada di Kota Malang, khususnya bangunan-bangunan heritage yang dikhawatirkan akan rusak, hancur atau musnah.

2. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang untuk membantu menghidupkan kembali keberadaan Museum Bentoel sebagai destinasi wisata sejarah.

3. Tim Ahli Cagar Budaya Kota Malang untuk dapat memberikan rekomendasi penetapan cagar budaya bagi Museum Bentoel mengingat nilai sejarah serta usianya yang sudah diatas 50 tahun. Selain daripada itu di lokasi Museum Bentoel juga terdapat 2 buah arca peninggalan masa Hindu Budha, yaitu 1 buah arca berbentuk dewa (Siwa?) dan 1 buah berbentuk arca Nandi.

4. Asosiasi Museum Indonesia Daerah Jawa Timur untuk berkomunikasi dengan pemilik Museum Bentoel mengenai alasan penutupan museum dan mengupayakan dibukanya kembali museum.

 
 

Dalam surat terbuka itu, juga mengupas tentang sejarah singkat Museum Bentoel. Yakni Bentoel didirikan oleh Ong Hok Liong pada 1930 silam. Berawal dari industri rokok rumahan, yang kemudian berkembang hingga saat ini. (rjs/fir)

 

Advertisement
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Mengenal Ong Hok Liong, Pendiri Rokok Bentoel

  2. Pingback: Museum Bentoel Bukan Cagar Budaya, Ini Penjelasan Ida Ayu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekbis

Apartemen The Kalindra Nyaman Dan Aman Cuma Modal Rp 5 Juta

Diterbitkan

,

Apartemen The Kalindra Nyaman Dan Aman Cuma Modal Rp 5 Juta
Apartemen The Kalindra Kota Malang menyajikan hunian nyaman dan aman. (Foto : Fir)

 

KABARMALANG.COM – The Kalindra menyajikan apartemen nyaman, aman dan asri serta berhawa sejuk pegunungan di Kota Malang.

Hunian ini berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Utara, No 10 Kota Malang. memiliki penawaran yang menarik bagi anda.

“Hanya dengan modal Rp 5 juta saja, sudah memiliki kenyamanan gaya hidup di apartemen yang mewah di Kota Malang,” kata Supervisor The Kalindra, Oddy, Selasa (13/4).

“Uang Tanda Jadi (UTJ) terjangkau, Down Payment (DP) dan cicilan ringan, plus bonus kitchen set. Tentu saja ini promo yang menarik dari kami,” katanya.

Menurut Oddy, The Kalindra menjadi salah satu apartemen di Kota Malang yang patut menjadi pilihan hunian nyaman dan aman.

“Cukup dengan UTJ Rp 5 juta plus program DP mulai dari 10 persen. Tentunya bisa cicil mulai dari Rp 1 jutaan setiap bulan selama 3 tahun. Program ini sampai bulan April saja, karena kuotanya terbatas,” ringkasnya.

Selain itu penghuni The Kalindra bukan cuma berasal dari Kota Malang. Penghuni asal Jayapura sampai Belanda pun ada di Kalindra.

“Karena lokasinya yang strategis, apa lagi dengan fasilitas premium. Nilai investasinya yang sangat menjanjikan,” bebernya.

Meski begitu, The Kalindra kini juga menyasar target pasar di semua kalangan. Sasarannya tak hanya kaum millenial saja.

“Kita sengaja membangun The Kalindra tidak hanya fokus kepada para mahasiswa saja, tapi secara universal. Bisa eksekutif muda, bahkan keluarga yang sering berkunjung ke Kota Malang,” papar dia.

Oddy juga menguraikan, The Kalindra merupakan satu-satunya apartemen dengna konektivitas hotel berkelas bintang 4, seperti Aston City Hotel.

Kabar Lainnya : 2 Hotel Kota Malang Menangkan East Java Tourisme Award 2020.

“Disamping itu, lokasinya juga sangat strategis. Sebab, The Kalindra juga menawarkan segudang fasilitas yang bisa jadi nilai tambah,” rincinya.

Beberapa fasilitas antara lain access card, area komersial, foodcourt and cafe, swimming pool, wifi public area, water treatment spa.

“Kemudian, playground, fitness center, meeting room, gym, barbeque area, function room, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Oddy juga menyebutkan, selain lokasi The Kalindra yang dinilai cukup strategis dekat dengan pintu keluar masuk tol Singosari.

Jarak The Kalindra hanya sejauh sekitar 1 kilometer dari pintu tol, juga dekat dengan pusat Kota Malang.

Dia menegaskan, investasi di The Kalindra juga terjamin keamanannya. Karena sejak awal developer The Kalindra telah berkomitmen untuk melengkapi semua prosedur pemerintah.

“Sehingga proses pembangunan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, legalitas kita aman. Artinya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kita sudah clear dan tahun ini siap groundbreaking,” pungkas Oddy mengakhiri.

Marketing Gallery The Kalindra Malang. (Foto : Fir)

The Kalindra memasang hotline Marketing Gallery di nomor 0341-400100. Agency The Kalindra juga tersebar di seluruh kota di Jawa Timur atau bisa mengunjungi www.thekalindra.com.(fir/yds)

Lanjutkan Membaca

Ekbis

Boss Cafe Dau Malang, Tongkrongan Mahasiswa Harga Ramah Kantong

Diterbitkan

,

Boss Cafe Dau Malang, Tongkrongan Mahasiswa Harga Ramah Kantong
Suasana Boss Cafe di kawasan kampus Dau, Kabupaten Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Tempat tongkrongan santai seperti Boss Cafe di Dau Malang menjadi sasaran utama kalangan mahasiswa.

Karena, Boss Cafe yang beralamat di Jalan Raya Dermo No 32 Mulyoagung Dau Kabupaten Malang itu ramah di kantong.

Pemilik Boss Cafe, Ruth Naniek Suliati membenarkan. “Sasaran kami memang mahasiswa, karena harganya pun juga ramah untuk anak-anak kampus,” ujar Ruth kepada Kabarmalang.com, Sabtu malam (10/4).

Menurutnya, mahasiswa menjadi segmen terbaik bagi tempat tongkrongan di sekitaran kampus.

Sehingga, menu sajian untuk mahasiswa harus variatif demi melayani segmen ini.

Tempat usaha seperti Boss Cafe ingin memastikan para mahasiswa bisa nongkrong tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

“Menu makanan kami antara lain lalapan ayam penyet, ayam tulang lunak, tempe tahu penyet dan olahan mie instan,” ujarnya.

Dia menegaskan, untuk makanan, Ayam tulang lunak sambal masih menjadi menu andalan Boss Cafe.

“Kemudian, snack pisang naget, risoles mayo, lumpia goreng, sosis bakar, roti bakar, cireng dan singkong keju juga ada,” tandasnya.

Sementara, sajian minuman yang wajib ada yaitu kopi. Boss Cafe, menghadirkan kopi dampit dan ekspresso untuk para mahasiswa yang nongkrong.

“Kami juga memiliki aneka juice. Dengan menu minuman andalan, yaku stroberi, yakuci serta es kopi Boss,” ringkasnya.

Demi mengakomodasi kalangan mahasiswa, Boss Cafe buka sejak jam 2 siang. “Sementara, kami baru tutup sesuai aturan pemerintah yaitu jam 10 malam,” akhirnya.(fir/yds)

Lanjutkan Membaca

Ekbis

Geliatkan Ekonomi Saat Pandemi, APPBI Gelar Bulan Belanja Malang 2021

Diterbitkan

,

Tenant UMKM di event Bulan Belanja Malang (Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DPC Malang menggelar event Bulan Belanja Malang 2021, di Mall Dinoyo City, Jumat (9/4).

Suwanto Ketua APPBI DPC Malang membenarkan. Pihaknya melibatkan UMKM di dalam event tersebut untuk menggeliatkan perekonomian di Kota Malang.

“Supaya perekonomian bisa pulih dalam kondisi pandemi ini. Serta memberi rangsangan kepada masyarakat untuk jangan takut belanja di mall,” ujar Suwanto kepada Kabarmalang.com, Jumat (9/4).

Bulan Belanja Malang 2021 merupakan program great sale untuk memperingati HUT Kota Malang ke 107. Event terhelat mulai 9 April hingga 15 Mei 2021.

“Event ini juga menghadirkan puluhan tenant-tenant. Mulai dari tenant food and beverage, kopi-kopian, fashion, dan buah seperti durian,” terangnya.

Suwanto mengatakan Bulan Belanja Malang 2021 menghadirkan diskon besar-besaran dari tenant-tenant yang tergabung dalam Mall.

Di samping itu, APPBI DPC Kota Malang bersama dengan Belanja Mall Indonesia juga menginisiasi sebuah aplikasi belanja online bernama Belanjamallonline.com.

“Aplikasi ini berisi tenant-tenant di 9 mall yang tergabung dalam kepengurusan APPBI Kota Malang,” ujarnya.

Dalam aplikasi itu, warga Kota Malang dapat berbelanja semua produk. Mulai dari
makanan, fashion, mebel, elektronik dan tiket bioskop. Hanya dengan satu ongkos
kirim saja.

“Pemesanan dapat dilakukan melalui website belanjamallonline.com dengan sistem pembayaran menggunakan transfer, QRIS dan Tunai,” ungkapnya.

Melalui upaya-upaya tersebut, Suwanto mengharap semoga situasi akan membaik. Sehingga, aktivitas masyarakat dan juga roda perekonomian dapat pulih.

“Sektor ekonomi bisa seperti semula dan  kembali normal seperti sedia kala. Kami yakin Indonesia dapat melewati masa sulit ini.  Bersama kita bersatu lawan Covid-19,” akhirnya. (fat/fir)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Ucapan HUT Kota Malang Ke 107
Advertisement Iklan Ucapan HUT Kota Malang Ke 107

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com