Connect with us

Serba Serbi

Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ahmad Basarah Inisiasi Gerakan BISA

Diterbitkan

,

Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ahmad Basarah Inisiasi Gerakan BISA
Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ahmad Basarah, M.H. bekerjasama dengan Kemenparekraf menginisiasi gerakan bersih, indah, sehat, dan aman (Bisa) diberbagai destinasi wisata di wilayah Malang Raya. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ahmad Basarah, M.H. bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menginisiasi gerakan bersih, indah, sehat, dan aman (Bisa) diberbagai destinasi wisata yang ada di wilayah Malang Raya.

Gerakan Bisa adalah program unggulan Kemenparekraf bekerjasama dengan Komisi X DPR RI untuk mempersiapkan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memasuki masa adaptasi kebiasaan baru pada masa transisi Pandemi Covid-19.

Basarah menyampaikan, bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat nyata terhadap pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Untuk meminimalisir persebaran virus tersebut, Pemerintah terpaksa menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat skala besar.

“Akhirnya banyak pelaku usaha industri pariwisata dan ekonomi kreatif, seperti kuliner, restoran, usaha UMKM dan, industri lainnya yang tidak mampu bertahan dan mengalami penurunan pendapatan atau omset yang secara drastis. Dikarenakan menurunnya jumlah daya beli masyarakat,” ujar Ahmad Basarah, Sabtu (24/6/2022).

Pemerintah Indonesia, sudah melakukan dan mencanangkan berbagai tahapan pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Basarah menyebutkan, setidaknya terdapat tiga tahap upaya recovery di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah dijalankan pemerintah.

Yaitu melalui program perlindungan sosial, pembukaan tempat wisata secara bertahap, dan menggencarkan promosi.

Ketiga tahapan tersebut, lanjutnya, adalah upaya nyata pemerintah untuk bisa kembali menggairahkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kegiatan kerjasama dengan Kemenparekraf ini, merupakan bagian dari fase normalisasi,” ucapnya.

“Dimana Komisi X DPR RI, sebagai mitra strategis Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif mendorong peningkatan ekonomi pasca Pandemi Covid-19, dengan cara mengakselerasi program-program di daerah pariwisata,” sambung Basarah.

Koordinator Pendopo Aspirasi Ahmad Basarah, Saifudin Zuhri memaparkan bahwa Gerakan Bisa merupakan kampanye dari Kemenparekraf kepada pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19.

Koordinator Pendopo Aspirasi Ahmad Basarah, Saifudin Zuhri saat memaparkan Gerakan Bisa dari Kemenparekraf kepada pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pada kesempatan kali ini, Basarah memaparkan bahwa pihaknya telah menginisiasi, Gerakan Bisa sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Malang Raya di tiga titik.

Yakni berada di Bendungan Karangkates, Pantai Modangan, dan Desa Ngadas.

Di Pantai Modangan, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang secara resmi Basarah membuka Gerakan BISA.

Yang kemudian dilanjutkan dengan acara gotong-royong membersihkan wilayah sekitar guna membangkitkan rasa kepemilikan dan kepedulian warga terhadap lingkungan Pantai Modangan.

“Saya memiliki tanggung jawab representatif terhadap daerah yang saya wakili,” katanya.

Maka kerjasama mitra Komisi X dengan Kemenparekraf, kata Basarah yang melibatkan para pelaku usaha dan juga pekerja di sektor pariwisata pada hari ini.

“Bagian dari tanggung jawab konstitusional saya sebagai anggota DPR RI yang mewakili Dapil Malang Raya,” tegas Ketua DPP PDI Perjuangan tersebut.

Tidak lupa dia juga mendorong keterlibatan aktif pemerintah daerah untuk bisa bekerja bersama dengan pemerintah pusat dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat segera membangkitkan dan mengoptimalkan potensi pariwisata yang ada di Malang Raya.

Sementara itu, Koordinator Pendopo Aspirasi Ahmad Basarah, Saifudin Zuhri memaparkan bahwa Gerakan Bisa merupakan kampanye dari Kemenparekraf kepada pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19.

“Harapannya melalui kegiatan ini, hubungan antara panjenengan dengan beliau Bapak Ahmad Basarah dan teman-teman Pendopo Aspirasi bisa terjalin sebagai keluarga,” ujar Saifudin Zuhri.

“Panjenengan adalah keluarga-keluarga baru, Insya Allah kita akan saling mendukung dan membantu satu sama lain,” pungkasnya. (*/fir)

 

Advertisement Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Malang
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Serba Serbi

Semarakkan HUT RI ke-77, RW01 Pandanwangi Blimbing Gelar Jalan Sehat

Diterbitkan

,

Oleh

Firmansyah
Semarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77, RW01 Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Malang menggelar jalan sehat.

 

KABARMALANG.COM – Semarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77, RW01 Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Malang menggelar jalan sehat.

Sebelumnya, hampir 3 tahun tak bisa memeriahkan akibat pandemi Covid-19 yang menghantam wilayah kesatuan republik Indonesia.

Keceriaan dan kebahagiaan terlihat dari masyarakat Indonesia. Di tahun ini warga bisa merayakan HUT RI ke-77 dan harus di meriahkan.

Selain jalan sehat, sederetan kegiatan lain juga mengisi perayaan HUT RI ke-77 di RW01 Pandanwangi Blimbing, seperti perlombaan, senam dan lain lain.

“Pagi ini, kita menggelar jalan sehat itu bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-77,” ujar Mariono Ketua RT01/RW01 Kelurahan Pandanwangi, Minggu (14/8/2022).

Adanya kegiatan lomba HUT RI ke-77 ini, Mariono melanjutkan, kita harus mengambil makna dari euforia ini.

kita menggelar jalan sehat itu bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-77

RT01/RW01 Kelurahan Pandanwangi menggelar jalan sehat itu bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-77.

Di mana, berkat perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang berkorban harta benda hingga nyawa, demi sebuah kemerdekaan NKRI dari tangan penjajah.

“Mari kita isi dan meriahkan, kita jaga kemerdekaan ini dengan memberikan kontribusi dalam membangun wilayah,” ucapnya.

Maka dari itu, sambung Mariono, masyarakat jangan sampai melupakan pengorbanan para pahlawan terdahulu, 17 Agustus 1945 adalah hari sejarah kemerdekaan republik Indonesia.

Mari kita doakan para pahlawan dan juga untuk negeri kita agar kedepannya lebih maju lagi, negeri yang makmur, aman dan sejahtera.

“Saya ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-77, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, pungkas Mariono. (tik/fir)

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

Peringati HUT RI ke-77, Karang Taruna RW19 Bunulrejo Buka Cafe Ngoselo

Diterbitkan

,

Oleh

Firmansyah
Peresmian Cafe Ngoselo ini di awali dengan nonton bareng (Nobar), laga final Piala AFF U-16 Timnas Indonesia melawan Vietnam. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Momen menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77 sangat di manfaatkan oleh Karang Taruna RW19 Bunulrejo, Kota Malang.

Kesempatan tersebut, di pergunakan untuk membuka Cafe Ngoselo yang berbasis usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada Jumat (12/8/2022).

“Peresmian Cafe Ngoselo ini kita awali dengan nonton bareng (Nobar), laga final Piala AFF U-16 Timnas Indonesia melawan Vietnam,” ujar Ilham Primarefa, Ketua Karang Taruna RW19 Bunulrejo.

Pasca pandemi, Ilham Primarefa mengatakan, ia bersama teman teman karang taruna di RW19 mengaktifkan kembali, kegiatan yang berbasis UMKM di Bunulrejo.

“Salah satunya dengan membentuk cafe ngoselo ini, yang di kelola bersama teman teman karang taruna,” katanya.

Tema yang di angkat peresmian ini adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Menurut Ilham Primarefa, ini sebagai bentuk dari pemulihan ekonomi dengan kekompakan dan gotong royong.

“Usaha cafe ini sudah lama di dirikan, oleh karang taruna RW19 akan tetapi tutup saat pandemi kemarin,” ungkap Ilham Primarefa.

Ilham Primarefa juga menyampaikan, inilah salah satu langkah nyata kegiatan yang positif dalam bingkai kebersamaan.

“Kedepannya, bersama teman teman akan mengembangkan kegiatan berbasis UMKM di bidang lainnya,” terangnya.

Dia berharap, untuk pengembangan kegiatan yang berbasis UMKM di Kelurahan Bunulrejo nantinya ada dukungan dari pemerintah Kota Malang.

“Untuk pengembangan kegiatan UMKM ini, saya berharap ada dukungan program dari pemerintah daerah,” pungkas Ilham Primarefa. (tik/fir)

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

HUT ke-35 Arema FC, Menarik Perhatian Publik Termasuk Waroeng Steak & Shake di Malang

Diterbitkan

,

Oleh

Firmansyah
HUT ke 35 Arema FC di respon Waroeng Steak & Shake, restoran lokal asli Indonesia yang cabangnya di Kota Malang. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Salah satu restoran di Malang mengikuti perayaan HUT ke-35 Arema FC. Uforia ini menarik perhatian publik hingga ke media sosial salah satunya Waroeng Steak.

HUT Arema FC tersebut di respon juga oleh Waroeng Steak & Shake, restoran lokal asli Indonesia yang cabangnya juga banyak tersebar di Malang.

Salah satunya yang di lakukan oleh pionir restoran steak dengan harga terjangkau tersebut adalah seluruh crew restoran mengenakan jersey Arema FC saat perayaan hari Arema.

Hal itu di lakukan dalam rangka memberikan apresiasi terhadap prestasi Arema FC di bidang olahraga.

“Jersey kami beli langsung dari beberapa toko di Malang tanpa menawar,” ujar Darsono Manager Area PT Waroeng Steak Indonesia wilayah Jawa Timur, Jumat (12/8/2022).

“Kami berharap dengan membeli jersey tersebut dapat membantu mendongkrak ekonomi di Malang terutama untuk para pelaku UMKM yang berjualan atribut Arema FC,” tambahnya.

Pria yang juga hobi sepakbola tersebut menambahkan, “Jersey dikenakan oleh staf restoran selama 3 hari terhitung mulai tanggal 11 sampai 13 Agustus selama jam operasional outlet,” ujarnya.

Keberadaan Waroeng Steak & Shake sendiri di Malang sudah sejak tahun 2004, terhitung sudah 18 tahun berada di kota apel tersebut.

Sebagai pionir makan steak pakai nasi, Waroeng Steak & Shake memang terlihat aktif melakukan kampanye marketing yang bersifat kearifan lokal.

Yang sudah berjalan dan tergolong sukses, adalah adanya promo hari jadi provinsi/kota/kabupaten, di mana setiap ada hari jadi kota tentu restoran tersebut memberikan promo dengan harga sesuai usia kota tersebut.

Dari kampanye marketing yang unik itu telah berhasil mengantarkan Waroeng Steak & Shake masuk dalam Daftar Pemenang Marketing Award 2022 dari majalah marketing untuk kategori The Best in Marketing Campaign dengan predikat Excellent.

Sebagai informasi tambahan, belum lama ini restoran dengan tagline Steaknya Indonesia itu juga mendapat perhargaan Top Brand 2022 dari Frontier Grup. (tik/fir)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com