Connect with us

Serba Serbi

Bimtek Dinsos-P3AP2KB, Memberikan Data PPKS yang Valid

Diterbitkan

,

Bimtek Dinsos-P3AP2KB, Memberikan Data PPKS yang Valid
Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Penny Indriani. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COMBimbingan teknis yang digelar Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang agar dapat memberikan data PPKS yang valid bisa dipertanggungjawabkan.

PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) ini adalah perseorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

Sehingga memerlukan pelayanan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani dan rohani maupun sosial secara memadai dan wajar.

Hambatan yang dihadapi oleh PPKS tersebut dapat berupa kemiskinan, keterpencilan, ketelantaran, kedisabilitasan, ketunaan sosial.

Dan penyimpanan perilaku, korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi, serta korban bencana.

“Seringkali keberadaannya, belum sepenuhnya terjangkau oleh sebagian lapisan masyarakat,” ujar Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Penny Indriani.

“Sehingga penanganan masalah dan kebutuhannya belum teratasi dengan maksimal,” sambungnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang pedoman pendataan dan pengelolaan data penyandang masalah kesejahteraan sosial, potensi, dan sumber kesejahteraan sosial.

Terdapat 26 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang harus diberikan pelayanan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Maka dari itu, salah satu kunci utama dalam penanganan permasalahan dan kebutuhan PPKS yakni adanya data PPKS yang terinfografis secara optimal.

“Bimtek ini diharapkan dapat memberikan output data PPKS yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

Sehingga perlu dilakukan pendayagunaan data yang meliputi pendataan, pemutakhiran, serta penyajian data secara akurat dan terintegrasi.

“Sehingga bisa digunakan sebagai penentuan strategi dan kebijakan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial,” katanya.

Lebih lanjut, dengan segala potensi yang terdapat di pilar-pilar sosial, serta adanya sinergitas dengan jajaran stakeholder, maka diharapkan data PPKS dapat terukur, transparan, serta akuntabel. (carep01/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih