Connect with us

Pemerintahan

Peringati HLUN, Lansia Harus Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat

Diterbitkan

,

Peringati HLUN, Lansia Harus Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat
Wali Kota Malang, H. Sutiaji saat peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kota Malang Tahun 2022. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Kota Malang Tahun 2022, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Sosial P3AP2KB menggelar Senam Bersama dan Sarasehan.

Senin (6/6/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pertamina SMKN 2 Malang.

Pada kesempatan tersebut disematkan gelar Bunda Lansia pada istri Wali Kota Malang yang juga Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji.

Wali Kota Malang, H. Sutiaji mengatakan bahwa perlindungan dan pemberdayaan lansia jadi bagian komitmen misi ketiga pembangunan di Kota Malang.

“Momentum baik pemulihan pandemi harus dimanfaatkan dengan sinergi seluruh stakeholder,” ujarnya.

“Sudah bukan zamannya lagi bersaing, pun demikian dengan perlindungan dan pemberdayaan lansia juga akan menjadi tanggung jawab kita bersama,” sambung Wali Kota Sutiaji.

Pemkot Malang bersama berbagai lembaga dan pemangku kepentingan penyelenggara lanjut usia terus berupaya membenahi aspek-aspek kota ramah lansia.

Penguatan regulasi dan kelembagaan, peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan, penguatan kemitraan pelayanan dan pemberdayaan lansia.

Serta peningkatan akurasi dan cakupan perlindungan sosial, peningkatan kapasitas kemandirian lansia, serta infrastruktur ramah lansia.

Ke enam aspek tersebut akan terus menjadi perhatian Pemkot Malang.

Lebih lanjut, Wali Kota Sutiaji menegaskan melalui peningkatan langkah strategis tersebut maka diharapkan lansia di Kota Malang harus lebih mandiri, sejahtera dan bermartabat.

Sejalan dengan komitmen Wali Kota Sutiaji, Wawali Malang yang juga ketua Komda Lansia Kota Malang, H. Sofyan Edi Jarwoko juga mendukung penuh komitmen Wali Kota Sutiaji.

Untuk terus meningkatkan kualitas kemandirian dan kesehatan lansia di Kota Malang.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kota Malang Dra. Penny Indriani, MM mengatakan, saat ini jumlah lansia di Kota Malang sekitar 106 ribu atau 12,5 persen dari jumlah penduduk kota ini.

Dari jumlah itu, disampaikan perempuan berhijab itu, kondisi lansia mayoritas sehat jasmani dan rohani.

Sedangkan dari acara yang diikuti 175 lansia pada hari ini diharapkan akan semakin meningkatkan silaturahmi, dapat membangun percaya diri dan lansia lebih sehat.

“Gelaran ini juga sebagai wujud penghormatan pemerintah dan untuk menguatkan program Kota Malang sebagai kota ramah lansia,” pungkas Penny. (carep01/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih