Connect with us

Serba Serbi

Hari Air Dunia, PWI Malang Raya Bersama Tirta Kanjuruhan Tanam Pohon

Diterbitkan

,

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya bersama Perumda Tirta Kanjuruhan akan melaksanakan penghijauan di area sumber air (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya bersama Perumda Tirta Kanjuruhan akan melaksanakan penghijauan di area sumber air.

Kamis (17/3/2022). Kegiatan tersebut memperingati peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan hari air sedunia.

“Untuk simbolisnya itu Ahad (27/3), tapi mulai besok (Jumat 18/3) kami sudah melaksanakan penanaman pohon di beberapa area sumber air secara bertahap,” ujar Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi.

Informasinya, Bupati Malang HM Sanusi menghadiri penanaman pohon tersebut.

Pelaksanaan penanaman pohon secara simbolis tersebut akan di lakukan di tandon Simpar, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo.

Menurut Syamsul penanaman pohon ini selain untuk menjaga sumber air, juga untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam akan membuat manusia mendapatkan hidup yang sehat.

“Saya berharap, kegiatan ini tidak berhenti di sini saja, tetapi bisa berkelanjutan dan membuat program-program lain yang bisa mendukung alam,” pungkas Syamsul.

Sementera PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan penanaman pohon atau penghijauan tersebut masih rangkaian Hari Pers Nasional 2022.

“PWI Malang Raya kan punya Jurnalis Siaga Bencana,” ujarnya.

Jadi penanaman pohon ini agar mencegah terjadinya bencana, baik tanah longsor atau banjir,” lanjutnya.

Selain itu, lanjut Cahyono, kegiatan penanaman pohon tersebut juga bertujuan untuk menjaga kelestarian mata air, agar kondisi alam tetap terjaga.

“Pohon yang ditanam nanti rencananya ada sekitar 5 ribu pohon, mayoritas merupakan pohon buah-buahan seperti sukun, mangga, alpukat, durian dan sebagainya,” ucapnya.

Dalam penanaman pohon tersebut, lanjut Cahyono, PWI Malang Raya bersama Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang akan di lakukan bertahap.

“Selain Perumda Kanjuruhan, juga di perlukan kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemdes, agar pohon itu bisa terawat,” katanya.

“Pohon-pohon itu akan ditanam secara bertahap di area sumber air, terutama di Semberpitu,” pungkasnya. (carep01/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih