Connect with us

Pemerintahan

Malang Siaga Banjir, BPBD Kabupaten Gandakan Kewaspadaan

Diterbitkan

,

Malang Siaga Banjir, BPBD Kabupaten Gandakan Kewaspadaan
Kepala BPBD Kabupaten Malang Bambang Istiawan. (Foto: Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Malang siaga banjir. Kemarin dan hari ini (19/1), hujan masih terjadi. Akibatnya, banyak kawasan Kota Malang tergenang.

Kabupaten Malang pun siaga banjir. BPBD memperingatkan warga Kabupaten Malang agar waspada.

Sebab, Kabupaten Malang juga mempunyai potensi banjir tersebut. BPBD tidak ingin ada korban warga Kabupaten Malang.

Apalagi, satu orang sudah hilang karena longsor. Yakni, Roland Sumarna, warga Bunulrejo, Kota Malang. Baca Juga : Warga Bunulrejo Terseret Longsor, Basarnas Turun Tangan

“Terbukti awal 2021 ini sudah dua kali terjadi banjir. Yakni di Kecamatan Ngantang dan Kasembon,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, Selasa (19/1).

BPBD Kabupaten Malang siaga terhadap potensi banjir. Bambang pun merinci sejumlah ciri-ciri kawasan rawan banjir.

Pertama, wilayah itu mempunyai curah hujan tinggi. Kedua, wilayah itu terekspos terhadap sungai.

Sehingga, BPBD mengantisipasi bencana dengan pemetaan kerawanan. Bambang mengatakan, BPBD sudah menetapkan sejumlah area rawan.

Yakni Kecamatan Ngantang, Kromengan, Sumberpucung, Kalipare, Donomulyo, Sumbermanjing Wetan. Lalu, Turen, Lawang, Singosari, Pakis, Tumpang, Ampelgading, Gondanglegi, Kepanjen.

“Langganan (banjir) yakni di Desa Sitiarjo, Sumbemanjing Wetan. Karena memang wilayahnya yang di antara perbukitan,” katanya.

Karena itu, BPBD mengaku siaga pos antisipasi bencana banjir. Posko itu tersebar di beberapa wilayah yang berpotensi bencana.

Misalnya, Tirtoyudo, Ngantang, dan Ampelgading. Baca Juga : Satu Rumah Longsor di Griya Sulfat Inside, Izin Pengembang Dikorek

Hanya saja, Bambang menegaskan pos tersebut bukan hanya untuk banjir. “Bukan untuk bencana banjir saja. Tapi semua bencana,” tandas Bambang.(im/yds)

COVID-19

Operasi Yustisi Rambah Jalan Akordion, Tunggulwulung Kota Malang

Diterbitkan

,

Operasi yustisi di Jalan Akordion Tunggulwulung Lowokwaru Kota Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Koramil Lowokwaru melaksanakan operasi yustisi di Tunggulwulung. Operasi tergelar bersama anggota Polsek Lowokwaru.

Sasarannya yaitu Jalan Akordion, Tunggulwulung, Lowokwaru, Kota Malang. Operasi yustisi ini adalah untuk menerapkan protokol kesehatan.

Serta membagikan masker dalam rangka memutus penyebaran covid-19. Sebelum operasi, apel terhelat di kawasan Tunggulwulung.

Kabar Lainnya : Operasi Yustisi Bidik Tempat Usaha.

Panit Lantas Polsek Lowokwaru Ipda Ghofur memimpin kegiatan operasi yustisi ini. Sekaligus, menjalankan Penegakan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat mikro.

“Ini adalah upaya membantu mereka para pelanggar. Agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena, pandemi covid-19 belum berakhir. Kami pun perlu meningkatkan kesadaran prokes bagi warga,” ujar Ghofur, Senin (8/3).

Sementara itu, Danramil 0833/05 Lowokwaru melalui Babinsa Tunggulwulung Pelda Farkhur mengamini.

Masyarakat Kota Malang belum sepenuhnya memahami pentingnya prokes. Sehingga, masih ada warga tak bermasker di jalanan.
Terutama, tidak memakai masker di kerumunan. Sehingga, operasi yustisi ini akan menjadi pengingat warga.

“Kami petugas memberikan masker kepada masyarakat. Serta mengimbau agar tetap melaksanakan protokol kesehatan,”tuturnya.

“Kami akan terus mengingatkan masyarakat yang bandel. Karena, masker menjadi alat pelindung. Tidak hanya untuk diri sendiri melainkan juga orang lain,” pungkasnya.

Sejumlah petugas pemerintahan dan aparat hadir dalam operasi yustisi. Yaitu, Camat Lowokwaru diwakili Sekcam Lowokwaru.

Kemudian, Lurah Tunggulwulung. Babinkamtibmas Tunggulwulung. Hadir juga Personil Polsek Lowokwaru.

Kasi Trantib dan Pemerintahan Tunggulwulung. Pamwil Bakesbangpol Kota Malang. Serta, Satpol PP Lowokwaru.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

Pemerintahan

Kunjungi Pantai Baruna, KASAL : Ombak Besar Mampu Tempa Marinir

Diterbitkan

,

Kunjungi Pantai Baruna, KASAL : Ombak Besar Mampu Tempa Marinir
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE. MM. (Foto: Imron Haqiqi)

 

KABARMALANG.COM – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE. MM berkunjung ke Malang, Senin (8/3). Dia datang ke Puslatpur Purboyo, Kecamatan Bantur dan Pantai Baruna, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang.

Pantai Baruna adalah pusat latihan Marinir Angkatan Laut. Belum lama ini, Dankomar, Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han) juga meresmikannya Agustus 2020 lalu.

Yudo meyakini pantai tersebut layak menjadi tempat latihan Marinir. Sebab ombak di sana cukup besar. Sehingga, tantangan ini mampu menempa prajurit dengan baik.

“Tugas mereka pasukan pendarat. Memang tidak boleh lepas dengan situasi semacam ini. Karena, itu sebagai pokok tugas dalam pertempuran,” ungkapnya.

Perwira Tinggi TNI AL tersebut memastikan akan melengkapi fasilitas. Yaitu sarana prasarana untuk mendukung tempat pusat latihan itu.

“Fasilitas pastinya akan kita lengkapi ke depan. Karena tempat ini saya kira sangat strategis. Sangat representatif juga untuk pusat latihan,” kata pria kelahiran Madiun itu.

Kabar Lainnya : Mahasiswa Brawijaya Asal Bogor Hilang Terseret Ombak Pantai Watu Leter.

Yudo sudah mempersiapkan rancangan tambahan fasilitas. Yaitu tempat penginapan, perbaikan akses, serta pelebaran tempat latihan.

Sementara itu, dia juga memuji Puslatpur Purboyo. Karena, memiliki kerjasama yang baik dengan masyarakat Prajurit TNI AL pun mampu bersinergi dengan sekitar.

“Bentuk kerjasama, ketika kami latihan masyarakat sekitar sangat kooperatif. Saat kami latihan, masyarakat memilih tidak bercocok tanam,” katanya.

“Ini tidak lepas dari kebersamaan TNI AL dengan masyarakat. Kebersamaan ini juga sudah berlangsung lama,” ujarnya.

“Purboyo ini sudah berdiri sejak 1965. Jadi masyarakat memang sudah terbiasa bekerjasama dengan kita. Sehingga, kita saling membantu,” pungkasnya.(im/yds)

Lanjutkan Membaca

Pemerintahan

Pimpin Sertijab Bupati-Wabup Malang, Khofifah Soroti Bromo Semeru

Diterbitkan

,

Pimpin Sertijab Bupati-Wabup Malang, Khofifah Soroti Bromo Semeru
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Malang. (Foto : Imron Haqiqi)

 

KABARMALANG.COM – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pimpin Sertijab Bupati-Wabup Malang. Yaitu Sanusi dan Didik Gatot Subroto.

Khofifah pun hadir di DPRD Kabupaten Malang, Senin (8/3). Usai pimpin sertijab Bupati-Wabup Malang, Khofifah memberi arahan.

Dia berpesan utama agar Pemkab Malang membangun Bromo Tengger Semeru.

Kabupaten Malang ada banyak program untuk pengembangan Bromo Tengger Semeru (BTS),” terangnya.

Sebab, menurut Khofifah pemerintah pusat menaruh perhatian pada BTS. Pemerintah juga memantau pembangunan pengembangan pariwisata BTS Kabupaten Malang.

“Ini Musrenbang sudah terbatas. Kemudian lanjut dengan pembahasan RPJMD. Saya harap daftar-daftar Proyek Strategi Nasional segera masuk ke RPJMD Pemkab Malang,” urainya.

Namun, Khofifah juga tak ingin Pemkab Malang fokus BTS saja. Tidak lupa, dia meminta ada pengembangan sektor potensi lainnya.

Mulai dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, industri dan pariwisata. Serta, berbagai potensi di wilayah Pemkab Malang.

“Dari kondisi geografis, Kabupaten Malang sangat mendukung hal tersebut. Terutama pada sektor pertaniannya,” katanya.

Merespon pesan Gubernur, Pemkab Malang pun siap tancap gas. Bupati Malang, Sanusi siap tancap gas melakukan pembangunan di Kabupaten Malang.

“Untuk sektor pertanian, kami sudah mengembangkan benih padi brang biji. Yang dapat meningkatkan produktivitas,” tutur orang nomor satu di Pemkab Malang itu.

“Begitu pula dengan peternakan. Serta bidang maupun potensi lainnya. Akan terus kami kembangkan,” pungkas Politisi PDI Perjuangan itu.(im/yds)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com