Connect with us

Serba Serbi

Voice Over di Simpang Jalan Efektif Menegur Masyarakat

Diterbitkan

||

Handi Priyanto Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang

 

KABARMALANG.COM – Jika menengok di beberapa postingan media sosial Dinas Perhubungan Kota Malang terlihat bahwa ada beberapa tayangan berupa himbauan berupa voice over atau suara latar yang terpasang di sejumlah simpang Kota Malang.

Suara itu akan memberi himbauan dan teguran kepada masyarakat yang tidak taat peraturan berlalu lintas dan mengabaikan protol kesehatan ketika berhenti di lampu merah.

“Itu saya mulai tahun lalu. Saya uji cobakan tahun lalu, ternyata efektif,” ujar Handi Priyanto Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang kepada Kabarmalang.com, Minggu (06/09/2020).

Itu sebelum Covid-19, lanjut Handi sapaan akrabnya, ternyata sekarang juga berguna sebagai himbauan dan teguran. Rencana tahun ini kita tambah, tapi tidak jadi. Di Perencanaan awal ada, ingin kita tambah tetapi harus tertunda tahun depan.

Handi juga mengatakan kebijakan itu belum terpasang di semua simpang. Untuk di beberapa simpang, masih menggunakan teknologi lama berupa rekaman. Jadi suaranya itu berupa suara rekaman yang berulang-ulang, tentang himbauan bahaya Covid-19.

Tapi yang sudah tidak manual, lanjut Handi, operator dari Dishub bisa menegur langsung di lapangan. Terdapat di beberapa simpang, Handi tidak bisa menyebutkan di simpang mana. Kalau ia sebutkan, orang akan takut di simpang itu, yang jelas sudah terpasang di beberapa simpang.

“Setiap wartawan tanya di simpang mana, tidak pernah saya jawab. Karena kalau saya jawab, di simpang mana saja. Terus diberitakan baik di cetak maupun online, masyarakat akan menandai, oh disitu ada yang negur, mereka akan tertib di situ, tapi di simpang yang tidak ada, maka mereka akan abaikan,” ucapnya. (fat/fir)

Klik untuk mengirimkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Serba Serbi

Merpati Putih Jatim Gelar Ujian Nasional di Kota Batu

Diterbitkan

||

Oleh

Metode getaran, membuat anggota MP bisa melalui rintangan dan menemukan benda dengan mata tertutup

 

KABARMALANG.COM – Pencak Silat Merpati Putih (MP) gelar Ujian Kenaikan Tingkat Nasional. Agenda tahunan ini diselenggarakan serentak di berbagai kota besar Indonesia. Khusus Jatim dilaksanakan di Hall Kartika Wijaya Hotel Kota Batu.

Sesungguhnya UKTNas ini, setiap tahun digelar di Yogyakarta, terpusat. Karena terkendala pandemi, maka dilakukan di provinsi masing-masing.

Jatim sendiri digelar dua gelombang. Gelombang pertama di Ponorogo, diikuti 20 peserta. Dilaksanakan 30 Agustus 2020. Di Kota Batu, dilaksanakan 20 Agustus 2020. Pesertanya 30 orang. Terdiri dari 28 orang lelaki dan 2 orang perempuan. Berasal dari Surabaya, Jember, Probolinggo, Bojonegoro dan Malang Raya.

Seorang peserta yang menjadi perhatian adalah Kolonel Hariyo Poernomo. Anggota TNI AL ini adalah Komandan Upacara Pengibaran Bendera 17 Agustus 2019, yang sempat viral. Pasalnya, usai melaksanakan upacara, Presiden RI Joko Widodo, berkenan memberikan ucapan selamat dengan menghampirinya.

Komandan kapal serbu cepat ini, berkesempatan UKTNas di Kota Batu, karena pasukannya sandar di Surabaya. Usai menjalankan tugas di Natuna. Begitu cintanya kepada perguruan MP, dia menyempatkan diri mengikuti ujian.

Materi ujian terbagi dalam empat tahap. Pertama, ujian tulis. Kedua, ujian rangkaian gerak. Ketiga, ujian deteksi benda dengan mata ditutup. Keempat, ujian pematahan benda keras, berupa stang besi cor, kikir, batu kali dan beton cor. Materi lari sejauh 45 km ditiadakan, dengan pertimbangan masih pandemi.

“Ujian ini bertempat di Kartika Wijaya, dengan pertimbangan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Pihak hotel menjamin pengawasannya dan penyediaan kebutuhannya,” ujar Ketua MP DPD Jatim, Haryanto BS Sunaryo.

Januar Triwahyudi, panitia pelaksana menyatakan, jika uktnas tradisinya lari dari Sasana Inggil Yogya ke pantai Parangkusumo.

“Tapi karena pandemi, itu ditiadakan oleh Dewan Guru. Meskipun sudah new normal, kita tidak takabur. Kita tetap patuhi regulasi pemerintah. Alhamdulillah lancar, masyarakat Kota Batu luar biasa. Saya selaku panitia mengucapkan terima kasih,” ujar lelaki yang berprofesi jurnalis ini. (*)

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

Sabiella Maris Adiba, Musisi Muda, Bertalenta, dan Go International

Diterbitkan

||

Oleh

Musisi Muda Bertalenta, Sabiella Maris Adiba

 

KABARMALANG.COM – Sabiella Maris Adiba (25), adalah seorang musisi solo bertalenta asal Kota Malang. Hingga kini ia sudah menelurkan berbagai karya, mulai dari project soloisnya yang sudah menghasilkan empat lagu ciptaannya sendiri, hingga terbang ke Malaysia.

Tak lupa, bersama band Closure yang juga menghasilkan berbagai karya sampai tampil di Singapore.

Perempuan berbakat yang saat ini sedang menjalani proses kelulusan di Universitas Brawijaya (UB) Malang jurusan Hubungan Internasional, mengatakan bahwa ia sudah hobi bermain musik sejak kecil.

“Main musik sebenernya sudah dari SD. Tapi yang benar-benar ditekuni waktu sama band Closure. Baru tahun 2017 kemarin beranikan diri menjadi solois, karena sebelumnya kurang pede aja,” ungkapnya kepada Kabarmalang.com, Minggu (20/09/2020).

Ia juga sedikit berbagi cerita terkait project solonya. “Untuk solonya, kan aku ini sendiri masih belum ada team yang pasti, jadi kadang kelabakan cari session player kalo mau perform. Tapi aku bawa enjoy sih hehe,” lanjut Sabiella.

Bakat Sabiella juga begitu berkilau, karena di balik karyanya, untuk musik dan lirik lagu, adalah gubahan dari tangannya sendiri.

“Semua musik sama lirik aku yang bikin. Tapi untuk aransemen lagu masih dibantu. Aransemen lagu Dope, Sunshine In the Sky dan Cry Over Split milk dibantu Bagas Yudiswa dari Beeswax. Untuk lagu keempat Drop Someone a Line, ini aku coba aransemen sendiri tapi tetep ada bantuan dan saran dari mas Bambang Iswanto,” tambahnya. (fat/fir)

 

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

Porma FC Juarai Fun Game Sepak Bola U-9

Diterbitkan

||

Oleh

Pertandingan final, SSB Porma melawan SSB Putra Dewa

 

KABARMALANG.COM – Fun Game sepak bola usia 9 tahun digelar SSB Porma FC pada Minggu (20/09/2020) dilaksanakan di lapangan sepak bola samping pasar Madyopuro, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang.

Fun game ini diikuti 8 Tim yang dibagi menjadi 2 grup. Grup A terdiri dari SSB Porma FC, Timara, Putra Yudha, Paranane dan Grup B terdiri dari SSB Satria, Putra Dewa, Bachelor, Sinar Mas.

Jumlah kuota pemain fun game di tiap tim maksimal 12 orang. Pada saat bertanding, satu tim terdiri dari 7 pemain, termasuk penjaga gawang.

Berikut hasil lengkap penyisihan grup, Timara vs Porma FC skor akhir 0:2, Putra Yudha Vs Paranane skor akhir 3:2, Satria Vs Sinar Mas skor akhir 0:0, Bachelor Vs Putra Dewa skor akhir 1:2.

Kemudian Timara Vs Paranane skor akhir 5:3, Porma FC Vs Putra Yudha skor akhir 3:0, Sinar Mas Vs Putra Dewa skor akhir 1:2, Satria Vs Bachelor skor akhir 0:0, Porma FC Vs Paranane skor akhir 3:0, Putra Yudha Vs Timara skor akhir 2:0, Satria Vs Putra Dewa skor akhir dan Sinar Mas Vs Bachelor skor akhir 2:0.

Dari hasil penyisihan grup tersebut, diambil 2 Tim yang berhak lolos melaju ke babak selanjutnya. Yakni, juara grup dan runner up dari masing-masing grup. 4 Tim tersebut adalah Juara Grup A Porma FC dan Runner Up Putra Yudha. Untuk, Juara Grup B Putra Dewa dan Runner Up Satria.

Pertandingan Porma FC melawan Satria berakhir dengan skor 2:0, dan Putra Dewa melawan Putra Yudha berakhir dengan skor 2:0. Dengan demikian Porma FC Vs Putra Dewa melaju ke Final. Sedangkan, juara tiga diperebutkan Satria dan Putra Yudha.

Perebutan juara tiga, Satria Vs Putra Yudha skor akhir 4:0. Sedangkan partai Final antara Porma FC Vs Putra Dewa berakhir dengan skor 3:0.

Dengan hasil tersebut, Juara 1 berhasil diraih SSB Porma FC, Juara 2 diraih SSB Putra Dewa, Juara 3 diraih SSB Satria dan Juara 4 diraih SSB Putra Yudha. (ary/fir)

 

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Sosialisasi Perwali Kota Batu
Advertisement Iklan cukai Pemkot Batu

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com