Connect with us

Pemerintahan

Dashboard JKN dari BPJS Sangat Bermanfaat Untuk Pemda

Diterbitkan

,

dr. Dina Diana Permata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang

 

KABARMALANG.COM – Usai kegiatan pertemuan nasional webinar mengenai dashboard jaminan kesehatan nasional kepada seluruh duta BPJS Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi dan Kab/Kota di Ngalam Command Center (NCC) Balaikota Malang.

dr. Dina Diana Permata
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, memberikan penjelasan terkait Dashboard Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Jadi, intinya dan filosofinya karena ada di Perpres Nomor 82 . BPJS wajib melaporkan ke pemerintah daerah, baik itu terkait kepesertaan, pembayaran iuran, dan terkait pelayanan kesehatan,” ujar Dina, Rabu (26/08/2020).

Dina menuturkan bawah sebelum ada dashboard ini, BPJS melaporkannya secara tertulis melalui surat. Jika melalui surat nanti bisa hilang. Kemudian ada ide untuk inovasi, karena sekarang semuanya sudah berbasis IT. Maka dibuatlah Dashboard JKN.

Dina melanjutkan, bentuknya adalah masing-masing daerah, dibuatkan user dan password. Sehingga Kota Malang hanya bisa melihat Kota Malang saja, Kabupaten Malang dan Kabupaten Batu juga begitu.

“Jadi, yang Dilihat adalah profil peserta JKN yang ada di daerah tersebut. Dari data-data tersebut, ini sudah dimanfaatkan oleh pemerintah Kota Malang sendiri,” sambungnya.

Menurut Dina, hal tersebut sudah dijadikan acuan untuk pembuatan perwali 2020. Kemudian juga, karena disitu ada data-data untuk layanan kesehatan, data-data diagnosa. Jadi, Pemda juga tahu, peserta JKN di Kota Malang ini, terbanyak sakit apa.

“Sehingga di sini bisa untuk menyusun kebijakan promotif preventif. Yang di Malang, perjanjian kerja samanya sejak bulan Maret kemarin. Sehingga memang sudah dimanfaatkan. Pada saat itu, Pak Walikota juga minta dijelaskan langsung, jadi beliau sangat paham betul, dashboard ini bentuknya seperti apa,” tutupnya. (fat/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih