Connect with us

Kabar Batu

Rakor Pemprov Jatim, Pembangunan Ekonomi Berawal Dari Desa

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – Jatuhnya sektor ekonomi akibat pandemi Covid-19 membuat Pemprov Jatim disarankan untuk memulihkan ekonomi dari desa terlebih dahulu.

Hal tersebut ditegaskan oleh Rhenald Kasalis Guru Besar FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) Universitas Indonesia pada Rapat Kerja Keselarasan Baru di Golden Tulip, Kamis (30/07/2020).

“Karena desa adalah tempat yang paling tepat untuk memulihkan sektor perekonomian. Mengelola Bumdes dan UMKM adalah cara yang cukup tepat,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, bahwa dalam menumbuhkan perlu menggandeng anak muda yang bisa mengembangkan perekonomian desa melalui sosial interpreneur.

Lebih lanjut, alasan Rhenald menyarankan untuk menggandeng kaum muda karena tren saat ini sosial interpreneur cukup banyak diminati sehingga jika dikolaborasikan dengan UMKM yang ada di Desa, maka perekonomian akan terangkat dengan akselerasi yang cukup kencang.

Tak hanya itu saja, angka pengangguran yang tercatat oleh data Kadin (Kamar Dagang dan Industri) sebanyak 6,9 juta jiwa, sebagian bisa terserap untuk membantu Bumdes dan UMKM yang ada.

Sementara itu Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengungkapkan, bahwa pihaknya akan memfokuskan berbagai sektor sehingga bisa bergerak secara selaras. Terlebih saat ini pihaknya tengah fokus pada tingginya kasus Covid-19 di Jawa Timur.

“Intinya bisa saling support antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) bahkan pemdes karena jika koordinasi berjalan dengan baik maka pemulihan ekonomi bisa berjalan dengan baik juga,” ungkapnya.

Ia juga menekankan bahwa pemprov akan terus mencari inovasi-inovasi baru sehingga pemulihan ekonomi masyarakat bisa berjalan secara kontinyu. (arl/fir)

 

Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com