Connect with us

Hukrim

Kasek dan Waka SMP Negeri 16 Dicopot

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Pemerintah Kota Malang memberikan sanksi tegas kepada Syamsul Arifin, Kasek SMP Negeri 16 terkait kasus kekerasan yang menimpa MS (13), pelajar yang duduk di bangku kelas 7. Selain Kasek, sanksi juga diberikan terhadap Wakil Kepala Sekolah dan termasuk Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang dianggap ceroboh memberikan keterangan.

“Untuk kepala sekolah sudah ditarik dan dibebas tugaskan. Termasuk waka (wakil kepala sekolah),” kata Wali Kota Malang Sutiaji kepada wartawan, Senin (10/02/2020).

Sutiaji menjelaskan, pemberian sanksi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin Apatur Sipil Negara (ASN) serta Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di sekolah.

“Ada dua yang kami ambil. Selain PP 53 juga ada Permendikbud nomor 82. Di sana, sudah diatur secara khusus ada pelanggaran ringan, ada pelanggaran sedang, dan ada pelanggaran berat berujung pada pemecatan,” jelas Sutiaji.

Dikatakan, proses pemeriksaan juga digelar inspektorat atas pelanggaran disiplin itu. Termasuk, kecerobohan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah dalam memberikan statmen terkait kasus yang menimpa MS.

“Pelanggaran kepala dinas (Zubaidah) karena ceroboh dalam memberikan statamen. Informasi yang didapat dari sekolah tidak dianalisa, terus membuat statmen,” ujar Sutiaji.

Dalam kesempatan itu, Sutiaji membenarkan Zubaidah yang menjabat Kepala Dinas Pendidikan dipanggil kepolisian hari ini. Pemanggilan berkaitan tahap penyidikan kasus kekerasan yang menimpa MS tersebut.

“Hari ini dipanggil Kepala Dinas Pendidikan oleh polisi. Silakan berikan informasi yang sejujurnya. Jangan ada yang ditutup-tutupi,” harapnya.

Seperti diberitakan, MS (13), pelajar sebuah SMP negeri di Kota Malang diduga menjadi korban kekerasan oleh 7 temannya. Akibat peristiwa itu, dua ruas jari tengah MS harus diamputasi. Hingga kini, MS masih menjalani perawatan di RS Lavalette, Kota Malang. (rjs/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih