Connect with us

Pemerintahan

Kebocoran Teknis, Sebabkan Layanan Air Pelanggan Terganggu

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Kebocoran pipa Perumda Tugu Tirta Kota Malang yang berlokasi di desa Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang berdampak kepada pasokan layanan air bersih ke warga.

Kondisi (kebocoran) tersebut sempat jadi perhatian warga setempat dan diunggah pada sebuah video sosial media.
Situasi tersebut memantik perhatian Walikota Malang Sutiaji, untuk secara langsung melihat kondisi di lapangan pada senin malam (13/01/2020).

“Saya melihat secara langsung di lokasi sampai jam 22.45 bahwa ini adalah murni teknis dan sudah direkayasa berkali kali tapi belum ketemu solusi maka kami sudah minta ke Perumda Tugu Tirta untuk mengajukan lagi ke Kementerian PU dan Balai untuk mendapatkan bantuan,” ujar Walikota Sutiaji.

“Tentu kami mohon maaf kepada semua pelanggan, kami sudah merespon cepat dan minta segara diopersikan bantuan air ke warga. Insya Allah akan kita operasikan 20 mobil tangki,” ungkap Walikota Sutiaji, usai monitoring kejadian.

Pada siang sebelumnya, usai berkantor di kelurahan Cemorokandang, Sutiaji berkesempatan mendatangi kantor Perumda Tugu Tirta untuk segera mencari solusi, membantu warga terdampak dan meminta manajemen Perumda Tugu Tirta memberikan penjelasan kepada publik atas kondisi yang terjadi.

“Kami sudah diingatkan oleh Pimpinan (Walikota, red). Kami mohon maaf setulus tulusnya kepada segenap pelanggan terdampak,” ucap Mukhlas, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta.

Ia menambahkan, kepada pimpinan kami sudah informasikan bahwa tekanan debit air lebih tinggi massa (tekanannya) daripada kemampuan penampang pipa yang terlewati. Untuk menghindari kebocoran dan kerusakan yang lebih para, maka langkah teknis adalah menurunkan aliran debit air, dan itu berdampak kepada beberapa titik pelanggan (kawasan timur kota Malang, red).

“Dan, apa yang terperkirakan terjadi, saat upaya untuk menormalisasi pasokan air (senin sore), pompa tak mampu sehingga terjadilah kebocoran hingga luapan air memenuhi jalan dan lokasi sekitar,” ungkap Mukhlas yang didampingi Sekkota Wasto yang juga Dewan Pengawas Perumda Tugu Tirta beserta jajaran Direksi.

Terkait hal ini, Sutiaji Walikota Malang langsung turun ke dalam lubang pipa untuk memastikan masalah teknis kebocoran yang disampaikan tim Perumda Tugu Tirta, dan juga mendatangi rumah warga yang terdampak luapan air. (ary/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih