Connect with us

Edukasi

Sinergi dengan Akademisi, PKB Kota Malang Silaturrahim ke UM

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – Melanjutkan agenda silaturrahim ke pemangku kebijakan di Kota Malang, Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Fraksi PKB Kota Malang kunjungi Universitas Negeri Malang (UM).

Ketua PKB Kota Malang, Fathullah menyampaikan agenda silaturrahim ini merupakan agenda lanjutan DPC PKB dan Fraksi PKB Kota Malang dari bulan September kemarin. Perihal agenda kunjungan, Fathullah melanjutkan bahwa ini perkenalan agar kedepan bisa sinergi dalam mengawal pembangunan di Kota Malang.

“Awal Bulan September kemarin kami lakukan silaturrahim ke pemuka agama yaitu Ketua PWNU Jawa Timur, Marzuki Mustamar, dilanjut safari ke media-media yang ada di kota Malang. Nah, sekarang ke akademisi, yaitu ke kampus UM ini. Kami PKB, ingin  mendengar masukan dari akademisi juga,” ujarnya, Minggu (6/10/2019).

Terkait radikalisme menurut beberapa survei yang menyasar mahasiswa, dan juga demo yang akhir-akhir ini marak terjadi, Fathullah menyampaikan, kampus sebagai wadah pendidikan mahasiswa penting perannya dalam pembangunan dan kota Malang. Sehingga kunjungan ke kampus-kampus menjadi salah satu prioritas PKB.

“Seringnya muncul demo karna jarangnya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berkomunikasi dengan mahasiswa. Ketika DPR membangun komunikasi dengan mahasiswa maka mereka punya bisa menyampaikan aspirasinya,” katanya.

Sekretaris PKB Kota Malang Zaini Nashiruddin menambahkan, perlu akselerasi percepatan dalam menyikapi sebuah masalah atau dalam melayani masyarakat. Hal ini tentunya perlu adannya komunikasi dewan dengan pihak akademisi untuk melahirkan Peraturan Daerah (Perda) yang memihak rakyat.

“Partai politik dan legislatif tidak lepas dari tugas dalam membuat sebuah aturan atau perda khususnya perda yg bisa mensejahterakan masyarakat. Perda yang didukung oleh akademisi akan lebih baik hasilnya,” lanjutnya.

Ketua Fraksi PKB Kota Malang, Ahmad Farih Sulaiman menyoal perda yang kemudian tidak berjalan efektif di masyarakat. “Ini tanggung jawab kita semua untuk pemerintahan yang mengatur masyarakat, sedangkan kampus untuk mempintarkan masyarakat,” ucapnya.

Rektor UM, Rofiuddin dalam pertemuan yang bertempat di gedung Rektorat lantai 8 menyambut baik agenda silaturrahim. Menurutnya ini menjadi awal sinergi akademisi dengan partai politik dan legislatif saling dengar pendapat untuk pembangunan kota malang kedepan.

Rofiuddin yang ditemani para wakil rektor saat pertemuan dengan PKB dan Fraksi PKB menyampaikan, untuk mahasiswa ada hal yang perlu diperhatikan dalam kertelibatan politik praktis. Menurutnya yang paling penting untuk ditanamkan kepada mahasiswa adalah pemahaman pendidikan politik.

Terkait demontrasi yang akhir-akhir ini marak menurutnya, mahasiswa memang cenderung, pokoknya-pokoknya, kajian belum kuat, lalu ada keterlibatan antar kampus yang kuat hingga kompak turun ke jalan.

Pertemuan yang berlangsung satu jam setengah itu berjalan akrab dengan kesepakatan sinergi akademisi dan politisi perlu ditingkatkan. Pertemuan yang juga diikuti Wakil Ketua DPRD Kota Malang dari FPKB, Abdurrahman dan ketua komisi C dari FPKB, Fathol Arifin itu ditutup dengan pemberian slempang UM dan cinderamata kepada Ketua PKB Kota Malang oleh Rektor UM. (ary/fir)

Advertisement
Klik untuk mengirimkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com