Connect with us

Kabar Batu

Wali Kota Batu Launching Program Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022

Diterbitkan

,

Wali Kota Batu Launching Program Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022
Pemkot Batu launching program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) secara Hybrid di DD Orchid Nursery. (foto istimewa)

 

KABARBATU.COM – Memasuki bulan Agustus, Pemkot Batu launching program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) secara Hybrid di DD Orchid Nursery.

Launching program BIAN ini di lakukan Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko, di dampingi Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kepala Dinas Kesehatan Kartika Trisulandari.

Kemudian Kepala Dinas Kominfo Onny Ardianto, Camat, Lurah dan di ikuti secara virtual oleh 5 Puskesmas se-Kota Batu, Kader Posyandu, serta ibu dan balita Kota Batu.

Launching Program BIAN ini di lakukan untuk mengejar cakupan imunisasi rutin. Hal ini di sebabkan saat pandemi Covid-19 terjadi penurunan cakupan imunisasi dasar lengkap.

“Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah kegiatan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan pemberian Imunisasi Kejar pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap,” kata Dewanti.

Dewanti juga menambahkan bahwa salah satu penyebab anak stunting adalah tidak mendapatkan imunisasi lengkap.

Dengan dukungan berbagai Dinas seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo dan Dinas Sosial, Dharma Wanita, Aisyiyah Muslimat, dan Fatayat NU, vaksinasi akan di laksanakan di seluruh Kota Batu.

“Kita sebagai orang tua wajib memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita, salah satu caranya adalah dengan memberikan imunisasi lengkap dan tambahan,” kata Dewanti.

Tahun 2022 ini Kemenkes RI mencanangkan program BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) untuk mengejar cakupan imunisasi rutin yang menurun signifikan akibat pandemi COVID-19.

BIAN adalah pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela serta melengkapi dosis Imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat.

Program ini di wujudkan sebagai upaya menutup kesenjangan imunitas anak dengan melakukan hamonisasi kegiatan imunisasi tambahan (campak-rubela) dan imunisasi kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib).

Di kutip dari Instagram @kemenkes_ri, program BIAN ini terbagi dalam dua tahap.

Tahap pertama yang di selenggarakan pada bulan Mei sampai Juni, sebanyak 1.386 anak sudah mendapatkan vaksin lengkap dari total 3.106 anak.

Sedangkan, tahap kedua BIAN yang di laksanakan pada bulan Agustus 2022, di targetkan bisa mencapai minimal 95% dari total anak-anak di Kota Batu yang berhak mendapatkan vaksin lengkap dan vaksin tambahan. (tik/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih