Connect with us

Pemerintahan

Dinilai Sukses, Pasar Bululawang Jadi Contoh di Kabupaten Malang

Diterbitkan

,

Bupati Malang, HM. Sanusi saat peletakan batu pertama di Pasar Bululawang (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Perbaikan Pasar Bululawang menjadi percontohan untuk pasar lainnya di Kabupaten Malang. Sistem gotong royong dinilai cukup sukses dan efektif untuk diterapkan.

Sistem gotong royong ini, tidak menutup kemungkinan akan dipelajari dan menjadi contoh untuk pasar-pasar yang lain di Kabupaten Malang. Tidak hanya untuk yang kebakaran, tetapi juga pasar yang sudah rusak.

“Katanya Pak Bupati (HM. Sanusi) ini kan jadi role model ya, untuk yang pertama. Ini nanti mungkin akan kita pelajari untuk pasar-pasar yang lain,” ungkap Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, Agung Purwanto.

Tidak hanya untuk yang kebakaran, lanjut Agung, tetapi pasar yang sudah rusak-rusak itu mungkin bisa kita mintakan bantuan CSR (Corporate Social Responsibility) dengan sistem gotong royong.

Seperti diketahui, pada Minggu (16/1/2022) lalu, telah terjadi kebakaran yang cukup hebat di Pasar Bululawang. Setidaknya ada 51 kios milik pedagang yang habis dilalap si jago merah dalam peristiwa tersebut.

Salah satu pasar yang rencananya akan digarap menggunakan skema tersebut adalah Pasar Lawang.

Agung menyampaikan, bahwa pihaknya juga akan melakukan evaluasi untuk Pasar Lawang dan pasar-pasar lain di Kabupaten Malang yang dinilai sudah membutuhkan untuk direhabilitasi.

“Ya kita segera nanti, untuk membuat formulasi. Segera kita kasih dievauasi dulu, mana-mana yang memang membutuhkan dan sebagainya. Termasuk pasar-pasar yang memang rusak,” katanya.

“Kita coba diklasterisasi, diidentifikasi dan akan kita tawarkan dengan mekanisme pola seperti ini,” sambungnya.

Agung tidak menyebutkan secara pasti, jumlah pasar di Kabupaten Malang yang butuh direhabilitasi karena kemungkinan sudah rusak termakan usia.

“Mungkin kalau boleh jujur, ya banyak yang mungkin rusak. Pasar Bululawang ini dibangun 1960, rata-rata 70 an. Yang baru kan hanya beberapa. Seperti Pasar Sumedang,” pungkasnya.(carep04/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih