Connect with us

Serba Serbi

Perhatikan, Ini Aturan Layanan Nikah KUA Selama PPKM Darurat Kota Malang

Diterbitkan

,

Perhatikan, Ini Aturan Layanan Nikah KUA Selama PPKM Darurat Kota Malang
Surat Edaran Nomor: P-001/DJ.III/Hk.007/07/2021. Tentang Petunjuk Teknis Layanan Nikah Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Masa PPKM Darurat (potongan layar)

 

KABARMALANG.COM – Pemerintah pusat memberi aturan baru tentang nikah sembari memberlakukan PPKM Darurat sejak tanggal 3 Juli 2021 lalu hingga 20 Juli 2021 nanti.

Selama PPKM Darurat kali ini terdapat ketentuan terbaru terkait pernikahan, yang tercantum dalam Surat Edaran Nomor: P-001/DJ.III/Hk.007/07/2021.

Tentang Petunjuk Teknis Layanan Nikah Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Masa PPKM Darurat. Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin yang menandatangani SE itu pada 7 Juli 2021 lalu.

Moh Rosyad, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Malang membenarkan. SE itu juga berlaku di Kota Malang.

“Dari kita (Kemenag) sudah mensosialisasikan SE itu kepada KUA, agar KUA memedomani dan mensosialisasikan kepada masyarakat,” ujar Rosyad kepada Kabarmalang.com melalui sambungan telepon, Minggu (11/7).

Kabar Lainnya : Info Vaksin Malang Terbaru, Catat Jadwal Vaksinasi Dan Tempatnya.

Rosyad menyebutkan ada beberapa aturan nikah yang tercantum di dalam SE tersebut. Misalnya KUA tidak menerima pendaftaran untuk pernikahan tanggal 3 hingga 20 Juli 2021.

KUA hanya menerima dan memperbolehkan pernikahan yang telah terdaftar sebelum tanggal 3 Juli 2021 jika memang akad nikahnya di antara tanggal 3-20 Juli 2021.

“Dengan catatan, calon pengantin, saksi, dan wali harus menunjukan surat sehat, yakni surat tes swab hasil negatif,”  terangnya.

“Tentunya itu semua dalam rangka untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Malang, dan melindungi masyarakat,” harapnya.

Berikut ini ketentuan khusus pelayanan nikah sesuai dengan asesmen situasi pandemi di Pulau Jawa dan Bali pada masa PPKM Darurat tanggal 3-20 Juli 2021.

1. Seluruh pegawai KUA Kecamatan yang bekerja di kantor (Work From Office) paling banyak 25% dari jumlah pegawai.

2. Waktu layanan KUA Kecamatan mulai pukul 08.00 s.d. 14.00 waktu setempat.

3. Layanan pendaftaran nikah hanya dapat terlayani secara online  melalui situs simkah.kemenag.go.id.

4. Peniadaan pendaftaran nikah untuk pelaksanaan akad nikah tanggal 3 s.d. 20 Juli  2021.

5. Pelaksanaan akad nikah pada masa PPKM Darurat hanya bagi calon pengantin yang telah mendaftar sebelum tanggal 3 Juli 2021 dan telah melengkapi dokumen yang dipersyaratkan.

Kabar Lainnya : Menarmed 2 Kostrad Malang Gelar Vaksin Gratis, Catat Alamatnya.

6. Calon pengantin yang telah melakukan pendaftaran nikah secara online wajib segera menyampaikan seluruh dokumen persyaratan nikah kepada petugas KUA Kecamatan.

7. Calon pengantin, wali nikah, dan dua orang saksi dalam kondisi sehat dengan bukti dengan hasil negatif Swab Antigen yang berlaku minimal 1×24 jam sebelum pelaksanaan akad nikah.

8. Pelaksanaan akad nikah yang terselenggara di KUA Kecamatan atau di rumah, yang menghadiri wajib paling banyak 6 orang.

9. Pelaksanaan akad nikah di gedung pertemuan atau hotel, hadirinnya paling banyak 20% dari kapasitas ruangan dan tidak boleh lebih dari 30 orang.

10. Pelaksanaan akad nikah wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

11. Pihak calon pengantin menandatangani surat pernyataan kesanggupan mematuhi protokol kesehatan bermaterai cukup. (fat/fir)

Advertisement Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Malang
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Serba Serbi

Semarakkan HUT RI ke-77, RW01 Pandanwangi Blimbing Gelar Jalan Sehat

Diterbitkan

,

Oleh

Firmansyah
Semarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77, RW01 Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Malang menggelar jalan sehat.

 

KABARMALANG.COM – Semarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77, RW01 Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Malang menggelar jalan sehat.

Sebelumnya, hampir 3 tahun tak bisa memeriahkan akibat pandemi Covid-19 yang menghantam wilayah kesatuan republik Indonesia.

Keceriaan dan kebahagiaan terlihat dari masyarakat Indonesia. Di tahun ini warga bisa merayakan HUT RI ke-77 dan harus di meriahkan.

Selain jalan sehat, sederetan kegiatan lain juga mengisi perayaan HUT RI ke-77 di RW01 Pandanwangi Blimbing, seperti perlombaan, senam dan lain lain.

“Pagi ini, kita menggelar jalan sehat itu bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-77,” ujar Mariono Ketua RT01/RW01 Kelurahan Pandanwangi, Minggu (14/8/2022).

Adanya kegiatan lomba HUT RI ke-77 ini, Mariono melanjutkan, kita harus mengambil makna dari euforia ini.

kita menggelar jalan sehat itu bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-77

RT01/RW01 Kelurahan Pandanwangi menggelar jalan sehat itu bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-77.

Di mana, berkat perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang berkorban harta benda hingga nyawa, demi sebuah kemerdekaan NKRI dari tangan penjajah.

“Mari kita isi dan meriahkan, kita jaga kemerdekaan ini dengan memberikan kontribusi dalam membangun wilayah,” ucapnya.

Maka dari itu, sambung Mariono, masyarakat jangan sampai melupakan pengorbanan para pahlawan terdahulu, 17 Agustus 1945 adalah hari sejarah kemerdekaan republik Indonesia.

Mari kita doakan para pahlawan dan juga untuk negeri kita agar kedepannya lebih maju lagi, negeri yang makmur, aman dan sejahtera.

“Saya ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-77, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, pungkas Mariono. (tik/fir)

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

Peringati HUT RI ke-77, Karang Taruna RW19 Bunulrejo Buka Cafe Ngoselo

Diterbitkan

,

Oleh

Firmansyah
Peresmian Cafe Ngoselo ini di awali dengan nonton bareng (Nobar), laga final Piala AFF U-16 Timnas Indonesia melawan Vietnam. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Momen menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77 sangat di manfaatkan oleh Karang Taruna RW19 Bunulrejo, Kota Malang.

Kesempatan tersebut, di pergunakan untuk membuka Cafe Ngoselo yang berbasis usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada Jumat (12/8/2022).

“Peresmian Cafe Ngoselo ini kita awali dengan nonton bareng (Nobar), laga final Piala AFF U-16 Timnas Indonesia melawan Vietnam,” ujar Ilham Primarefa, Ketua Karang Taruna RW19 Bunulrejo.

Pasca pandemi, Ilham Primarefa mengatakan, ia bersama teman teman karang taruna di RW19 mengaktifkan kembali, kegiatan yang berbasis UMKM di Bunulrejo.

“Salah satunya dengan membentuk cafe ngoselo ini, yang di kelola bersama teman teman karang taruna,” katanya.

Tema yang di angkat peresmian ini adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Menurut Ilham Primarefa, ini sebagai bentuk dari pemulihan ekonomi dengan kekompakan dan gotong royong.

“Usaha cafe ini sudah lama di dirikan, oleh karang taruna RW19 akan tetapi tutup saat pandemi kemarin,” ungkap Ilham Primarefa.

Ilham Primarefa juga menyampaikan, inilah salah satu langkah nyata kegiatan yang positif dalam bingkai kebersamaan.

“Kedepannya, bersama teman teman akan mengembangkan kegiatan berbasis UMKM di bidang lainnya,” terangnya.

Dia berharap, untuk pengembangan kegiatan yang berbasis UMKM di Kelurahan Bunulrejo nantinya ada dukungan dari pemerintah Kota Malang.

“Untuk pengembangan kegiatan UMKM ini, saya berharap ada dukungan program dari pemerintah daerah,” pungkas Ilham Primarefa. (tik/fir)

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

HUT ke-35 Arema FC, Menarik Perhatian Publik Termasuk Waroeng Steak & Shake di Malang

Diterbitkan

,

Oleh

Firmansyah
HUT ke 35 Arema FC di respon Waroeng Steak & Shake, restoran lokal asli Indonesia yang cabangnya di Kota Malang. (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Salah satu restoran di Malang mengikuti perayaan HUT ke-35 Arema FC. Uforia ini menarik perhatian publik hingga ke media sosial salah satunya Waroeng Steak.

HUT Arema FC tersebut di respon juga oleh Waroeng Steak & Shake, restoran lokal asli Indonesia yang cabangnya juga banyak tersebar di Malang.

Salah satunya yang di lakukan oleh pionir restoran steak dengan harga terjangkau tersebut adalah seluruh crew restoran mengenakan jersey Arema FC saat perayaan hari Arema.

Hal itu di lakukan dalam rangka memberikan apresiasi terhadap prestasi Arema FC di bidang olahraga.

“Jersey kami beli langsung dari beberapa toko di Malang tanpa menawar,” ujar Darsono Manager Area PT Waroeng Steak Indonesia wilayah Jawa Timur, Jumat (12/8/2022).

“Kami berharap dengan membeli jersey tersebut dapat membantu mendongkrak ekonomi di Malang terutama untuk para pelaku UMKM yang berjualan atribut Arema FC,” tambahnya.

Pria yang juga hobi sepakbola tersebut menambahkan, “Jersey dikenakan oleh staf restoran selama 3 hari terhitung mulai tanggal 11 sampai 13 Agustus selama jam operasional outlet,” ujarnya.

Keberadaan Waroeng Steak & Shake sendiri di Malang sudah sejak tahun 2004, terhitung sudah 18 tahun berada di kota apel tersebut.

Sebagai pionir makan steak pakai nasi, Waroeng Steak & Shake memang terlihat aktif melakukan kampanye marketing yang bersifat kearifan lokal.

Yang sudah berjalan dan tergolong sukses, adalah adanya promo hari jadi provinsi/kota/kabupaten, di mana setiap ada hari jadi kota tentu restoran tersebut memberikan promo dengan harga sesuai usia kota tersebut.

Dari kampanye marketing yang unik itu telah berhasil mengantarkan Waroeng Steak & Shake masuk dalam Daftar Pemenang Marketing Award 2022 dari majalah marketing untuk kategori The Best in Marketing Campaign dengan predikat Excellent.

Sebagai informasi tambahan, belum lama ini restoran dengan tagline Steaknya Indonesia itu juga mendapat perhargaan Top Brand 2022 dari Frontier Grup. (tik/fir)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com