Connect with us

Pemerintahan

Kadispangtan Kota Malang Minta Jajarannya Berpikir Out of The Box

Diterbitkan

,

Suasana rapat jajaran Dispangtan Kota Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Ade Herawanto resmi menduduki jabatan baru. Ade menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Kota Malang.

Sejak Selasa (9/2), Ade sudah berkantor di Dispangtan Kota Malang. Dia juga menjalani proses serah terima kepala sebelumnya.

Yakni, Diah Ayu Kusuma Dewi. Jajaran struktural pegawai pun menyaksikan serah terima. Dalam kesempatan tersebut, Diah melakukan exit briefing.

“Saya menyampaikan kepada Pak Ade. Sekalian di depan teman-teman. Bahwa ada beberapa kegiatan yang perlu terlaksana tahun 2021,” ujarnya.

Diah merinci sejumlah kegiatan tersebut. Pertama, lomba urban farming tingkat Perangkat Daerah dan dasawisma.

Pembuatan mini food estate di samping kantor Dispangtan. Pembinaan teknis budidaya ikan di kolam knockdown pemula,

Pembinaan teknis kesehatan hewan kesayangan. Serta dukungan sarpras kepada petani di Kota Malang.

“Kemudian akhir 2021 perlu ada lomba menu berbahan ikan. Sebagai sarana gerakan gemar makan ikan. Karena makan ikan sejak dini bisa mencegah stunting,” beber wanita berjilbab ini.

Pada kesempatan itu, Diah juga menyampaikan permohonan maaf. Dia menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang terbangun selama ini.

Usai Diah, giliran Ade memberikan entry briefing kepada jajarannya.

“Selain kegiatan rutin tusi dan kewenangan, saya tekankan kreasi. Agar seluruh jajaran berpikir out of the box,” tegas Sam Ade d’Kross, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Urban Farming Solusi Ketahanan Pangan.

Tokoh Aremania itu menekankan, inovasi selalu penting. Karena, inovasi sejalan dengan peningkatan pelayanan prima kepada masyarat.

Tentunya semua berlandaskan peraturan perundangan yang berlaku. Misalnya menginisiasi inovasi-inovasi pertanian sejak pra sampai paska panen.

Juga  pengembangan IT handling produk paska panen sampai pemasaran. Serta, fasilitasi investasi-investasi bidang trading produk-produk pertanian.

Karena, Kota Malang adalah pusat perdagangan dan jasa. Juga, sebagai penyangga kawasan hinterland di sekitarnya. Yaitu Kota Batu dan Kabupaten Malang.

“Termasuk memaksimalkan sektor e-Commerce. Yang tentunya punya value lebih. Dan tetap menguntungkan para produsen atau petani. Serta para stakeholder pangan dan pertanian seperti importir eksportir,” beber mantan Kabag Humas Pemkot Malang ini.

Tak kalah penting adalah memperhatikan packaging sebelum pemasaran produk. Ade menegaskan fungsi dinasnya berkomunikasi dan memfasilitasi pelaku bidang agraria terkait.

“Semua harus baik dari hulu ke hilir. Selain bersama para produsen pangan, pelaku pertanian dan hortikultura, kita juga gandeng para pakar di bidangnya,” kata Ade.

“Ini untuk mengembangkan semua potensi yang ada. Komunikasi dengan importir dan eksportir potensial juga harus intens,” tambah ASN yang sukses meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang selama hampir delapan tahun kepemimpinannya di Bapenda.

Dispangtan adalah OPD pengampu pertanian perkotaan. Sehingga, akan bekerjasama dengan Perumda Aneka Usaha Kota Malang.

Juga, perusahaan-perusahaan agribisnis lainnya. Supaya Kota Malang menjadi sentra pengolahan pemasaran hasil bumi. Baik dari Kabupaten Malang dan juga Kota Batu,”  urai pria yang menuntaskan gelar magisternya di UGM ini.(carep-04/yds)

Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Kodim 0833 Kota Malang Bedah Rumah Warga Di Kedungkandang

Diterbitkan

,

Kodim 0833 Kota Malang Bedah Rumah Warga Di Kedungkandang
Kodim 0833 Koramil Kedungkandang saat mempersiapkan bedah rumah. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Koramil Kedungkandang Kota Malang menggelar kegiatan bedah rumah (RTLH) semester I 2021, Senin (14/6).

Sasaran bedah rumah adalah milik Mulyadi, warga Jalan Kalisari RT 02 RW 02 Kelurahan Wonokoyo, Kecamatan Kedungkandang.

Kapten Cba M Solekhan memimpin 11 anggota Koramil Kedungkandang, untuk melaksanakan bedah rumah tersebut. Begitu juga, Babinsa Wonokoyo, Serma Usman Dan Serka Warno, turut datang.

Tetapi, hadir pula sejumlah unsur instansi lainnya. Yaitu Lurah Wonokoyo Suparman, Babinkamtibmas Wonokoyo Bripka Bonus Kuncoro, serta warga RT 02 RW 02 Wonokoyo.

“Sejak pukul 07.00 WIB, para pelaksana kegiatan bedah rumah sudah berada di lokasi,” ujar Solekhan.

Dengan kerja sama dan saling bahu membahu, proses bedah rumah di kediaman Mulyadi pun mulai berjalan.

Kodim 0833 Kota Malang memastikan bahwa penerima bedah rumah adalah mereka yang memang benar-benar membutuhkan.

Rumah Mulyadi sendiri terbuat dari bambu. Bagian lantainya juga masih tanah.

Sebelum ini, Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona sudah memastikan target bedah rumah juga tepat sasaran.

“Kami pastikan, target bedah rumah adalah mereka yang benar-benar membutuhkan. Bahwa kediaman warga yang dapat bedah rumah memang tidak layak. Sehingga, bedah rumah dari kami bisa benar-benar membantu kehidupan warga tersebut,” tutur Ferdian.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

Pemerintahan

Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 0833 Kota Malang Gelar Latnister

Diterbitkan

,

Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 0833 Kota Malang Gelar Latnister
Letkol Arm Ferdian Primadhona, Komandan Kodim 0833 Kota Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Kodim 0833 Kota Malang berupaya memelihara dan meningkatkan penguasaan dan keterampilan prajurit kewilayahan dalam melaksanakan tugas.

Karena itu, Senin (14/6), Kodim 0833 Kota Malang menggelar kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) TA 2021.

Latihan ini akan terlaksana selama lima hari kerja, mulai hari ini sampai Jumat mendatang (18/6) di Aula Makodim 0833. Sementara, pesertanya adalah Babinsa jajaran Kodim 0833.

Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona membenarkan. Dia menegaskan para Babinsa harus memiliki kemampuan teritorial.

“Babinsa harus bisa menghadapi tugas dan tantangan dinamika persoalan teritorial yang makin kompleks. Kita mendapat tuntutan untuk menyelesaikannya dengan baik,” terang Ferdian.

Karena itu, Latnister ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan serta keterampilan teknis satuan kewilayahan.

Dengan latihan ini, setiap personel dapat memahami dan mampu melaksanakan tugas-tugas kewilayahannya. Mulai dari tingkat perorangan hingga dalam hubungan satuan (Koramil) dengan prosedur-prosedur yang berlaku.

Ferdian juga menegaskan, Babinsa tidak hanya menopang institusi militer saat mengemban tugas. Babinsa pun harus mampu bersinergi dengan institusi lain dan masyarakat.

“Babinsa mendapat tuntutan untuk mengetahui potensi wilayah binaannya. Serta bersinergis dengan unsur pemerintahan daerah dan masyarakat untuk kepentingan pertahanan negara,” tambahnya.

Ferdian berharap, Babinsa bisa mengikuti kegiatan Latnister ini dengan sungguh-sungguh. Dia juga meminta para dan selalu dengan penuh semangat dalam berlatih dan jangan seremorial saja.

“Akan tetapi pahami dan aplikasikan di desa atau wilayah baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan,” jelasnya.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

Pemerintahan

Forpimda Bedah Rumah Warga Gadang Kota Malang

Diterbitkan

,

Wawali Sofyan Edi Jarwoko, Dandim 0833 Letkol Arm Ferdian Primadhona hadir dalam bakti sosial di kawasan Gadang Sukun (istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Forpimda Kota Malang menggelar bedah rumah sebagai bakti sosial di kawasan Gadang Sukun, Minggu (13/6).

Sasaran penerima bedah rumah adalah warga bernama Tatik. Rumahnya di Jalan Raya Gadang gang XV RT 02 RW 03 Kelurahan Gadang, Sukun.

Wawali Sofyan Edi Jarwoko, Dandim 0833 Letkol Arm Ferdian Primadhona hadir dalam bakti sosial ini.

Ada pula Komandan Baskomas Malang Raya Fitri Harianto, Babinsa Babinkamtibmas, Ketua RT 02 Gadang serta masyarakat.

Dandim menegaskan bahwa TNI bersama Pemkot Malang berupaya untuk membantu masyarakat.

“Pemberian bantuan kepada masyarakat juga tidak memilih atau harus memenuhi semua persyaratan. Artinya, sasarannya memang yang benar-benar membutuhkan,” ujar Ferdian.

Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko juga sepaham. Dia mengucapkan rasa terimakasih kepada Kodim dan Baskomas.

“Karena atas bantuan tenaga dan pikirannya, telah membantu bedah rumah dan renovasi rumah ibu Tatik,” tutupnya. (carep-04/fir)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com