Connect with us

Kabar Batu

BPBD Kota Batu Pangkas 15 Pohon Rawan Tumbang

Diterbitkan

,

Pemotongan pohon rawan tumbang

 

KABARMALANG.COM – Memasuki puncak musim kemarau, Pemkot Batu melalui BPBD telah memangkas 15 pohon rawan tumbang di Kota Batu. Hal ini merupakan salah satu tindakan preventif agar peristiwa satu tahun lalu tidak kembali terjadi, bencana pohon tumbang akibat angin kencan.

“Terdata ada 71 pohon yang rawan tumbang dan 15 diantaranya telah kami pangkas. Kebanyakan yang dipangkas adalah pohon trembesi dan pohon sonokembang,” ungkap Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu kepada Kabarmalang.com, Minggu siang (13/09/2020).

Agung juga menerangkan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) bahwa akhir-akhir ini angin kencang kembali berhembus di Kota Batu.

Dari data yang dihimpun, Agung menerangkan 71 pohon yang terdata tersebut diantaranya terdapat 37 pohon di Kecamatan Junrejo, 23 pohon di Kecamatan Batu, dan 11 Pohon di Kecamatan Bumiaji. Sedangkan untuk 15 pohon yang telah dipotong hanya dilakukan di sepanjang jalan yang statusnya dibawah kendali Pemkot Batu.

“Pemotongan tak bisa dilakukan sembarangan. Harus mengacu pada Perwalikota Batu Nomor 44 tahun 2017 tentang penebangan pohon,” imbuhnya.

Agung menambahkan bahwa setidaknya inventarisir pohon rawan tumbang tersebut ditargetkan untuk selesai pekan depan. (arl/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih