Connect with us

Edukasi

Mahasiswa UMM Gagas Kamus Digital Pembelajaran Suara Abnormal Untuk Pemeriksaan Fisik Pasien

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – Salah satu masalah yang ditemui mahasiswa kesehatan seperti mahasiswa ilmu keperawatan dan kedokteran, yakni belum banyak yang memahami apa dan seperti apa berbagai suara abnormal dalam pemeriksaan fisik.

Seperti jenis-jenis suara sumbatan airway, suara nafas paru, suara jantung, suara pemeriksaan perkusi di abdomen dan thorak, serta suara abnormal lainnya. Hal ini dikarenakan terbatasnya media edukasi untuk mahasiswa kesehatan.

Namun, sekelompok mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) punya solusi untuk mengatasi masalah ini. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC), Ardhia Ayu Pramesti, Ranti Kurnia Sari, Achmad Rifani Ardiyansyah membuat sebuah aplikasi pembelajaran digital untuk mengenali suara abnormal dalam pemeriksaan fisik pasien. Sekelompok mahasiswa ini menggagas ‘Dictionary Medical Audio Player’.

Adapun kegiatan pembelajaran kemampuan (skill) selama ini di laboratorium atau praktikum maupun dalam perkuliahan, saat diajarkan teknik pemeriksaan fisik pada pasien, masih hanya menggunakan media boneka phantom yang tidak mengeluarkan suara.

“Biasanya praktek dengan teman sejawat kuliah yang otomatis hasil suara pemeriksaan fisiknya dalam kondisi normal,” terang Ranti Kurnia, selaku ketua kelompok dalam rilis yang disiarkan UMM, Jumat (14/8/2020).

Terdapat beberapa mahasiswa yang mencari solusi permasalahan tersebut dengan mencari suara abnormal dalam pemeriksaan fisik secara individu di search engine melalui Youtube dan Google tentang bagaimana jenis-jenis suara abnormal.

Namun, berdasarkan pengamatan, banyak mahasiswa yang tidak melakukan pencarian secara individu di search engine melalui Youtube maupun Google, dikarenakan malas untuk mencari satu per satu dari jenis suara abnormal dalam pemeriksaan fisik.

Ranti menambahkan banyak sumber belajar dan informasi yang mampu memfasilitasi orang untuk belajar. Salah satu teknologi yang dapat menunjang pendidikan dilihat dari segi penggunaannya adalah smartphone android. “Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone android. Akan tetapi penggunaan smartphone android dalam dunia pendidikan belum dioptimalkan,” jelasnya.

Sehingga dia menilai pentingnya inovasi teknologi dalam pembelajaran. Aplikasi ini baru, klaim Ranti, belum ada aplikasi Kamus Audio Medis yang khusus berisi tentang semua suara abnormal dan normal pada pemeriksaan fisik manusia.

“Karena kita rancang untuk media pembelajaran mahasiswa maka kita lengkapi dengan fitur kuis. Aplikasi smartphone ini dilengkapi dengan suara hasil dari pemeriksaan fisik yang normal dan abnormal. Terdapat penjelasan dari literasi berupa jurnal atau buku yang terpercaya. Sistem pencariannya yang mudah,” ujarnya.

Chairul Huda Al-Husna selaku pembimbing menyatakan, penciptaan konsep ini diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa kesehatan untuk memahami berbagai macam suara abnormal dalam pemeriksaan fisik, membantu mahasiswa kesehatan dalam membedakan suara normal dan abnormal dalam pemeriksaan fisik.

“Juga, memberikan kemudahan mahasiswa kesehatan dalam memahami istilah yang disebutkan Dosen tentang suara abnormal,” ungkapnya. (fir/rjs)

Edukasi

Ubah Limbah Cangkang Udang Jadi Pembasmi Jamur

Diterbitkan

||

Tim mahasiswi peneliti dari Jurusan Biologi Unisma. (Foto : Istimewa)

KABARMALANG.COM – Tim mahasiswa Biologi Unisma mengubah limbah menjadi pembasmi jamur. Mereka memakai cangkang udang untuk membasmi jamur Genoderma sp.

Jamur ini acapkali meresahkan petani sawit. Mereka pun lolos Lomba Riset Kelapa Sawit tingkat mahasiswa.

Penyelenggara lombanya, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Tim tersebut terdiri dari empat mahasiswi. Yaitu, Immega Adelia Nurdin. Yulan Hardias Putri. Della Nur Hayati dan Tri Widyaningsih.

Tim itu dibimbing dosen jurusan Biologi Fakultas MIPA. Yaitu, Dr. Nurul Jadid Mubarakati, S.Si., M.Si.

Cangkang udang ini, disulap menjadi kapsul nanokitin. Karya ini diyakini bisa mengatasi jamur Ganoderma sp. Jamur itu adalah hama kelapa sawit.

“Cangkang udang mengandung kitin. Fungsinya adalah antifungi dan antibakteri. Sehingga berpeluang menjadi inovasi pembasmi jamur Ganoderna kelapa sawit,” kata Mega.

Kapsul tersebut terbuat dari bahan alami dan ramah lingkungan. Harganya juga cukup terjangkau. Karena merupakan hasil limbah cangkang udang.

Mega mengharapkan kapsul nanokitin ini sukses. Serta, menjadi pengendali jamur Ganoderma pada perkebunan kelapa sawit.

Dia juga berharap kapsul kitin dapat dikembangkan lagi.

“Fokus kami saat ini hanya untuk membasmi Ganoderma. Untuk hama yang lain diperlukan penelitian lebih lanjut,” katanya.

“Kami harap penelitian kami ini membuka peluang peneliti lain. Untuk melanjutkan apa yang nantinya kami hasilkan,” tutur Mega.(carep-05/yds)

Lanjutkan Membaca

Edukasi

Kampung Dolanan Panawidjen Melawan Candu Gawai

Diterbitkan

||

Anak-anak saat bermain di Kampung Ponowidjen. (Foto : Carep-05)

KABARMALANG.COM – Masyarakat Polowijen mencetuskan Kampung Dolanan dari keprihatinan. Anak-anak banyak kecanduan gawai.

Kampung ini dibuat untuk mengenalkan permainan tradisional kepada anak.

“Anak-anak jangan sampai lupa dengan permainan tradisional. Supaya, tidak semuanya lari ke gadget, game dan sebagainya,” ujar Ki Demang, Ketua Kampung Tematik se-Kota Malang, Kamis (29/10).

Saadah, pembina Kampung Dolanan mengamininya. Kampung tematik dicetuskan karena anak sekarang terlalu kecanduan gadget.

“Ini adalah bagian dari pengembangan pendidikan budi pekerti. Wajib dilestarikan,” ujarnya.

Meskipun gadget penting. Namun, menurutnya penggunaan gawai tidak boleh berlebihan.

Kampung Panawidjen terletak Polowijen. Tepatnya Jalan Polowijen II Gang Sumur Windu, Blimbing.

Kampung ini menerapkan protokol kesehatan. Saat dolanan, pawonan, serta njajan tradisional, pengunjung wajib bermasker.

Permainan tradisional di sana antara lain egrang batok. Lalu, sentrengan (lompat tali), serta lempar kaleng.

Permainan tradisional kampung tematik ini tidak sekadar memperkenalkan alatnya. Namun, menanamkan nilai serta karakter dari permainan itu sendiri.

Di situ, ada pembentukan karakter kepribadian. Termasuk peningkatan pola pikir dan sikap Semuanya ditanamkan melalui permainan tradisional.

Kampung ini juga membuka lapak makanan dan minuman tradisional. Pawonan diharap menginspirasi anak untuk belajar memasak.

Kampung Ponowidjen merupakan 15 rangkaian kampung tematik se-Kota Malang.(carep-05/yds)

Lanjutkan Membaca

COVID-19

Robot Sterilisasi COVID-19 Buatan UB Juara 1 Asia

Diterbitkan

||

Tim mahasiswa UB pencipta robot sterilisasi juara 1 Asia. (Foto : istimewa)

KABARMALANG.COM – Robot Sterilisasi Virus COVID-19 karya mahasiswa UB berprestasi. Karya tim Apatte62 Brawijaya juara 1 tingkat Asia.

Yakni, kompetisi Spirit of Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2020. Pengumuman juara ini dilansir Senin, (27/10).

Robot ini hasil kolaborasi UB-Tech dan Satgas Covid-19 UB. Karya ini dibuat sejak April 2020.

Robot itu dikendalikan dari jarak jauh. Sehingga, menghindari kontak langsung dengan operator robotnya.

“Semoga awal yang baik ini bisa meningkatkan semangat tim. Untuk mengembangkan teknologi kendaraan. Dan bisa membawa nama UB juara di kompetisi kedepannya,” ujar Biaggi Rahmat M, General Manager Tim Apatte 62.

Tim ini gabungan mahasiswa teknik mesin dan teknik elektro. Tim Apatte 62, mampu mengalahkan berbagai rival hebat.

Misalnya, tim Sapuangin ITS dan tim Semeru UM. Serta tim dari Korea, Filipina, dan Singapura.

Akibat pandemi covid-19, Spirit of SEM menjadi kategori baru. Regional lomba terbagi menjadi tiga. Yaitu Amerika, Eropa, dan Asia.

“Penilaian kategori ini berfokus pada empat kriteria. Meliputi kegigihan, entusiasme, empati, dan inovasi pengembangan teknologi pandemi,” terang Biaggi.

Tim Apatte 62 berharap inovasinya bisa diproduksi massal. Juga, bermanfaat untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kemenangan ini mendongkrak motivasi tim Apatte 62. Dalam waktu dekat, mereka akan berkompetisi lagi.

Kali ini, Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020. Serta, Shell Eco Marathon (SEM) 2021 mendatang.(carep-05/yds)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Sosialisasi Perwali Kota Batu
Advertisement Iklan cukai Pemkot Batu

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com