Connect with us

Kabar Batu

Destinasi Wisata Baru, Disparta Siap Gelontorkan Rp 200 Juta

Diterbitkan

||

Eskavasi Situs Candi Pendem

 

KABARMALANG.COM – Wacana Situs Candi Desa Pendem akan dijadikan salah satu destinasi wisata. Keseriusan ini dibuktikan dengan persiapan anggaran yang akan digelontorkan Disparta (Dinas Pariwisata) Kota Batu sekitar Rp 200 juta.

“Cukup besar memang pembiayaannya. Nanti akan ada pembangunan akses jalan, gapura, dan eskavasi,” tutur Arief As Shidiq, Kamis (13/08/2020).

Ia juga membeberkan, nantinya pembahasan anggaran akan dibicarakan dalam PAK dengan DPRD Batu dan jika disetujui, maka pihaknya langsung melakukan kerja untuk mengejar target selesai tahun ini.

Sementara itu, Kepala Desa Pendem, Tri Wahyuwono Efendi optimis jika situs candi di Desa Pendem akan menjadi pusat pariwisata di masa mendatang. Pendik, sapaan akrabnya mengatakan kalau warga sekitar sangat mendukung proses pemugaran dan penataan untuk menjadi kawasan tujuan wisata.

“Saat ini, yang dibutuhkan Pemerintah Desa untuk menunjang pariwisata adalah akses menuju lokasi. Butuh aksesibilitas berupa jalan sekitar 1 Km dengan lebar 4 meter. Jika jalur sudah terbangun, maka kendaraan bisa masuk,” ujarnya.

Sedangkan untuk kondisi situs candi pendem tetap terawat, hanya tinggal pengembangan dari Dinas Pariwisata dan untuk perluasan wilayah kawasan candi, pihaknya tidak mengetahui. Hal tersebut sepenuhnya menjadi tupoksi dari BPCB Trowulan. (arl/fir)

 

Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com