Connect with us

Pilbup 2020

Daya dr Umar Dan Didik Di Pilkada Kabupaten Malang, Ini Kata Pakar Politik

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – Bakal calon yang akan melenggang berebut kursi Bupati Malang melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi tanda tanya. Dikabarkan partai berlambang bintang sembilan itu akan mengumumkan kepastian calonnya pada akhir Juni ini.

Namun ada dua sosok yang disebut-sebut mempunyai potensi kuat mendapat rekom partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu, yakni dr Umar Usman dan mantan Sekda Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono.

Diberitakan sebelumnya, dr Umar Usman mengklaim pihaknya sudah mendapat persetujuan PKB baik di DPC maupun DPP, meski rekom secara tertulis belum dipegangnya.

Sedangkan di sisi lain, Didik Budi Muljono juga mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak DPC PKB, bahkan juga di PAC untuk meyakinkan bahwa pihaknya pantas mendapat dukungan dari partai yang didirikan oleh Gus Dur tersebut.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang pengamat politik Universitas Brawijaya, Wawan Sobari mengatakan keduanya sama mempunyai potensi yang kuat dari sisi popularitas.

“Dalam menentukan elektabilitas calon itu bisa diukur dari dua sudut pandang, yakni tingkat popularitas dan tingkat ketepilihan. Dari sisi popularitasnya keduanya sama-sama populer di masyarakat,” Wawan, Senin (29/06/2020).

Namun, lanjut Wawan jika berdasarkan tingkat keterpilihan, dr Umar dipandang lebih kuat dibanding Didik. Sebab, dr Umar sebagai ketua PCNU lebih banyak turun ke masyarakat dibanding Didik.

“Apalagi di tataran masyarakat NU,” ucapnya.

Sebab, menurut Wawan, karakter masyarakat Jawa Timur dalam memilih pemimpin secara umum lebih suka terhadap sosok yang familiar bagi mereka.

“Tapi akan menjadi lebih baik lagi jika kedua sosok (dr Umar Usman dan Didik Budi Muljono) tersebut berjalan beriringan. Sebab bagaimanapun Didik juga butuh kendaraan. Tapi kan tidak harus PKB, bisa ambil partai poros tengah yang lain, lalu bersanding dengan dr Umar,” tukasnya. (imr/fir)

Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com