Connect with us

Serba Serbi

DPRD Sidak Pelengsengan Sungai Molek yang Jebol

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – DPRD Kabupaten Malang melakukan inspeksi mendadak pelengsengan yang jebol dialiran Sungai Molek di perbatasan Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen dan Desa Jatikerto, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang.

Pelengsengan sungai itu diketahui jebol pada Sabtu (09/05/2020). Sungai Molek begitu vital keberadaannya untuk irigasi persawahan mulai dari Kepanjen hingga Sumberpucung.

“Kenapa kami minta segera diperbaiki, karena ada 1.500 hektar sawah di dua Kecamatan yang kebutuhan air dari Sungai Molek ini. Dari 1.500 hektar ini di dalamnya ada tanaman padi,” kata Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto, Senin (08/06/2020).

Sebagai informasi, pelengsengan Sungai Molek yang jebol itu kurang lebih sepanjang 10 meter. Hingga saat ini, pelengsengan yang jebol itu dipasangi karung-karung berisi tanah dan batu agar air tidak meluber.

“Sepadan sungai secara alam yang ambrol. Karena ini menjadi wilayah PJT DAS Brantas Provinsi Jatim, maka kami minta Pemkab Malang melalui Dinas Pengairan dan Pertanian segera berkoordinasi dengan Balai Besar DAS Brantas Provinsi,” terang Didik.

Didik pun menegaskan bahwa pelengsengan Sungai Molek yang jebol itu murni faktor alam. “Ini kan bangunan lama ya, ditambah ada sumber air sehingga secara alamiah, mengikis plengsengan sungai,” ucapnya.

Setelah sidak itu, Dewan sendiri merekomendasikan agar Pemerintah Kabupaten Malang segera mengambil langkah agar pelengsengan yang jebol itu segera diperbaiki.

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih