Connect with us

Edukasi

Ada Kaitan Situs Pendem dengan Prasasti Sangguran di Inggris

Diterbitkan

,

Ekskavasi tahap keempat di situs Pendem (istimewa)

KABARMALANG.COM – Tim arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menyebut Situs Pendem berkaitan dengan Prasasti Sangguran yang kini berada di Inggris. Prasasti beserta situs dulunya berdiri sebuah candi itu merupakan peninggalan Mataram kuno abad 10 masehi.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho membeberkan, hasil ekskavasi terakhir mengarahkan bangunan candi di Situs Pendem adalah candi yang tertulis di Prasasti Sangguran.

Dalam catatannya, kata dia, Verbeek menyebut Prasasti Sangguran ditemukan di wilayah Ngandat yang saat ini masuk wilayah Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Dimana lokasi Ngandat dengan Situs Pendem hanya berjarak sekitar 1 kilometer saja. “Kedua lokasi itu hanya dipisahkan dengan Sungai Brantas. Prasasti Sangguran berangka tahun 850 Saja atau 928 Masehi yang menyebut candi I Hyang Prasada Kabhaktyan ing sima Kajurugusalyan i Mananjung,” beber Wicaksono, Senin (17/2/2020).

Pihaknya kemudian menyakini, jika diatas Situs Pendem dulunya berdiri sebuah candi untuk peribadatan umat Hindu atas perintah Raja Dyah Wasa merupakan penguasa Mataram Kuno.

“Ini sebuah temuan baru dan membuktikan ada keterkaitan Situs Pendem dengan Prasasti Sangguran yang kini berada di Skotlandia. Prasasti dibuat pada masa Raja Dyah Wasa merupakan raja masa Mataram Kuno abad 10,” tegasnya.

Ekskavasi tahap ketiga telah digelar BPCB Jawa Timur di Situs Pendem. Hasilnya ditemukan sumuran ukuran 2,1 meter x 2,1 meter yang identik dengan pusat dari bangunan candi.

Berdasarkan temuan saat ekskavasi dan catatan sejarah menyakinkan bahwa Situs Pendem merupakan bangunan candi di masa Mataramu kuno abad ke-10. (rjs/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih