Connect with us

Serba Serbi

97 Advokat Dua Organisasi di Jatim Jalani Pengambilan Sumpah Advokat

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COMHotel Santika, Jumat sore (13/12/2019), nampak ramai dengan pria maupun wanita yang memakai baju tiga hitam. Ya mereka adalah advokat muda yang menjalani prosesi sakral pengambilan sumpah sebagai advokat yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya, Herri Suwantoro.

Total, terdapat 97 advokat muda yang menjalani proses pengambilan sumpah, mereka berasal dari dua organisasi advokat, yakni Peradi Malang Raya dan juga DPC Peradi Kota Besar Surabaya.

Ketua DPN Peradi Suara Advokat Indonesia, Juniver Girsang, menjelaskan, jika dalam proses pegambilan sumpah advokat ini berbeda dari biasanya. Sebab, pengambilan sumpah dilakukan diluar dari PT.

Meskipun begitu, hal ini tidak berpengaruh terhadap kesakralan pengambilan sumpah advokat. Hal ini merupakan bentuk efisiensi yang memang bagus diterapkan.

Pengambilan sumpah dipimpin, Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya, Herri Suwantoro.

“Saga harap, advokat semua harus bisa menerapkan sistem E-Court dan E-Litigasi pada 2020. Semua nanti diwajibkan untuk menggunakan E-litigasi yang memeng hal itu sudah diwajibkan oleh Mahkamah Agung maupun pengadilan. Kan semua berbasis digital,” jelasnya

Disisi lain, Iwan Kuswardi menambahkan, jika setelah dilakukan pengambilan sumpah, pihaknya berharap, para advokat muda bisa bekerja sesuai dengan aturan yang ada, menjalankan tugasnya sebagai seorang advokat tanpa melanggar aturan.

“Ya misalnya jika mereka menangani perkara probono, mereka juga harus maksimal melakukan tugasnya, jangan setengah-setengah,” jelasnya

Selain itu, ia juga berharap, agar para advokat muda terus meningkatkan kompetensi mereka dalam segala bidang, sehingga hal itu bisa meningkatkan skill mereka menjadi seorang advokat yang bisa eksis di skala nasional.

“Saya ingin mereka alamiah berkembang mengikuti seniornya dalam ikatan kebersamaan. Silakan meniru senior yang sudah berhasil, kan banyak di TV itu,” pungkasnya. (agg/fir)

Advertisement
Klik untuk mengirimkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com