Connect with us

Politik

Melalui Jendela Budaya, Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Jedong Terangkat

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno mengutarakan kegiatan Jendela Budaya Jurang Wugu, Desa Jedong Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Menurut Sri Untari, warga Jedong punya potensi besar untuk menumbuhkan ekonomi desanya. Karena itu pihaknya mendorong kegiatan seperti ini, terus ditingkatkan.

“Jendela budaya, punya dua manfaat besar bagi masyarakat. Yang pertama budaya masyarakat akan tetap terjaga, dan yang kedua potensi pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat menjadi terangkat,” tutur Sri Untari, Sabtu (30/11/2019).

Pihaknya telah menyaksikan, ada 100 lebih stan untuk berjulan, dan semua laku keras. Ini merupakan potensi ekonomi, yang harus terus dikembangkan.

Apalagi lanjutnya, Presiden Joko Wododo, telah memberikan perhatian penuh untuk perkembangan dan pertumbuhan ekonomi pedesaan.

“Pembangunan ekonomi Indonesia, harus dimulai dari pedesaan. Makanya Pak Presiden Jokowi memberikan perhatian kepada seluruh desa di Indonesa, dengan memberikan stimulan anggaran besar, yang diera sebelumnya belum pernah dilakukan,” tutur Sri Untari.

Wanita yang juga tokoh Koperasi ini, lantas menambahkan, jika potensi desa terangkat maka akan tersedia lapangan kerja bagi generasi muda. “Kalau tersedia lapangan kerja di desa para pemuda tidak akan meninggalkan desanya,” imbuhnya.

Makanya Jendela Budaya ini, harus didorong untuk menjadi icon Jedong, dan memunculkan destinasi wisata baru. Seperti halnya di Pujon Kidul dan Sanan Kerto dengan Bon Pringnya.

Pemprov Jawa Timur lanjutnya, sedang mengembangkan desa wisata, akan ada ikon 200 desa wisata. Perangkat desa Jedong bisa menginisiasi untuk menjadikan desa Jedong menjadi bagian Ikon wisata di Jawa Timur.

“Untuk menjadi desa wisata diperlukan kreatifitas saja, tidak harus memiliki SDA yang bagus. Tetapi pengembangan dan kreatifitas warganya akan mengubah desa menjadi desa wisata yang akhirnya dikunjungi banyak wistawan,” tukasnya.

Dengan begitu maka kunjungan ke desa Jedong akan meningkat dan ekonomi masyarakatnya menjadi terangkat.

Sementara itu, Tekat Wahyudi Kades Jedong mengemukakan, Jedikonong Kecamatan Wagir, Cendela Budaya Jurang Wugu, untuk mengingatkan warga ditengah hirukpikuknya Gadget kemajuan teknologi.

“Kita ingin tetap melestarikan budaya desa, teknologi informasi semakin canggih, ketergantungan Gadget luar biasa. Makanya dengan gelar Jendela Budaya ini, kita tetap bisa membagi waktu. Kapan saatnya  bakerja, kapan saat belajar dan kapan kegiatan sosial,” kata pria yang baru tiga bulan menjabat Kepala Desa itu.

Pihaknya menyatakan, dimasa yang akan datang kegiatan ini direncanakan lebih matang dan disiapkan secara optimal. (ary/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih