Connect with us

Serba Serbi

Peran Insan Pers Sukseskan Pemilu 2024 di Kota Batu

Diterbitkan

,

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Lutfil Hakim, saat memberikan materi terkait pentingnya wartawan dalam suksesnya gelaran Pemilu 2024

KABARMALANG.COM – Insan pers mempunyai peran penting sebagai corong dan kontrol informasi terdepan, terkait hajat besar yang di laksanakan setiap lima tahun tersebut.

Terkait hal tersebut KPU Kota Batu menggelar giat Media Gathering dengan mengusung tema ‘Peran Insan Pers Dalam Mensukseskan Pemilu 2024’.

Heru Joko Purwanto, Ketua KPU Kota Batu menyampaikan peran jurnalis sangat penting dalam menyampaikan informasi terkait tahapan dan pelaksanaan pemilu.

Wartawan memiliki peran strategis, dalam memberikan informasi yang tepat dan akurat pada seluruh elemen warga masyarakat.

“Pemilu 2024 merupakan momen yang krusial bagi demokrasi di Indonesia, Kolaborasi serta kerjasama yang erat antar KPU dan insan pers sangat penting,” tutur Heru di Cafe Restawari, Kota Batu, Sabtu (23/12/2023).

Lebih lanjut Heru menambahkan, KPU Kota Batu berkomitmen untuk menyelenggarakan pemilu yang bersih, transparan, dan partisipatif.

Giat ini menjadi wadah untuk menyamakan persepsi dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam, tentang peran wartawan dalam mendukung pemilu.

Untuk itu, dukungan dan sinergi dengan wartawan sangat di butuhkan.

“Kami ingin membangun hubungan yang lebih baik dengan wartawan sebagai mitra strategis dalam menyampaikan informasi terkait pemilu kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Lutfil Hakim, menjelaskan hadirnya wartawan sebagai kontrol dan penyampai informasi terkait Pemilu 2024.

“Tugas utama pers adalah memberikan edukasi kepada publik, juga membenarkan kalau ada yang keliru. KPU hanya penyelenggara teknis, KPU tidak bisa bekerja sendiri,” ujarnya.

“PWI juga telah membentuk lembaga Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) agar Pemilu 2024 terselenggara dengan jujur dan adil,” tutup Lutfil. (rat/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih