Connect with us

Pemerintahan

Pemkot Malang Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tahun 2019

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tahun 2019. Walikota Malang, Sutiaji bertindak sebagai Inspektur Upacara pada hari Senin (28/10/2019) di depan halaman Balaikota Malang.

“Hari sumpah pemuda ke 91 kali ini mengambil tema Bersatu Kita Maju,” ujar Walikota Sutiaji, Senin (28/10/2019).

Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda. “Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” kata Sutiaji saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

“Oleh karenanya, saya berharap agar semangat persatuan dan kesatuan harus terus dikuatkan, tahun 1928 harus menjadi momentum untuk kita dalam mengisi kemerdekaan, tanpa kita bersatu maka akan sulit bagi kita untuk mengisi kemerdekaan ini,” tambahnya.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, lanjutnya, adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggungjawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

“Kedepan, tantangan yang akan kita hadapi juga semakin besar, utamanya dalam memasuki era digitalisasi, pemuda di tuntut untuk berkarakter sebagai wujud pembangunan sumber daya manusia yang unggul,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada masyarakat peduli arsip, penghargaan pemuda pelopor, penghargaan pertunjukan rakyat Jatim Kominfo Festival 2019 serta piala dan piagam penghargaan ASEAN ECO SCHOOLS AWARD Tahun 2019. (ary/fir)

Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

COVID-19

Pemkot Gelar Vaksinasi Covid-19 Lansia Lowokwaru Kota Malang

Diterbitkan

,

Pemkot Gelar Vaksinasi Covid-19 Lansia Lowokwaru Kota Malang
Vaksinasi lansia di Klinik Sarangan, Kelurahan Lowokwaru Kota Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COMPemkot Malang gelar vaksinasi covid-19 untuk warga lansia Kelurahan Lowokwaru Kota Malang.

Vaksinasi terlaksana di Klinik Sarangan Jalan Sarangan RT 06 RW 01, Kota Malang. Selasa (13/4), Pemkot gelar vaksinasi covid-19 ini untuk 72 lansia.

Ketua RW 01 Lowokwaru Margo menjadi penanggung jawab vaksinasi lansia. Kemudian, koordinator vaksinasi berasal dari Puskesmas Kendalsari.

Sementara, Babinsa Lowokwaru Sertu Mustakin dan Babinkamtibmas Lowokwaru Bripka Ahmad mengawal jalannya vaksinasi.

“Vaksinasi untuk lansia terlaksana mulai pukul 08.00 WIB. Pertama, petugas kesehatan melaksanakan screening peserta,” ujar Sertu Mustakin.

Setelah itu, petugas mengecek kondisi tensi darah para lansia. Begitu selesai pemeriksaan, para lansia mengantri untuk vaksinasi.

Setelah suntik vaksinasi, mereka menunggu di ruang observasi. Ketika tidak ada gejala berarti, petugas mempersilakan para lansia pulang.

“Acara vaksinasi selesai pukul 11.30 WIB. Tidak ada kejadian menonjol selama vaksinasi ini,” tutup Sertu Mustakin.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

COVID-19

Hari Pertama Ramadan, Patroli Gabungan Sasar Wilayah Kedungkandang

Diterbitkan

,

Hari Pertama Ramadan, Patroli Gabungan Sasar Wilayah Kedungkandang
Apel petugas gabungan sebelum operasi di Kedungkandang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Hari pertama Ramadan 2021 tidak menghalangi operasi PPKM mikro Kota Malang. Sebaliknya, petugas makin berikhtiar menjalankan tugas menegakkan prokes.

Selasa (13/4), dalam hari pertama Ramadan, patroli gabungan menyasar wilayah Kedungkandang. Panit Lantas Polsek Kedungkandang, Ipda Dandu memimpin operasi ini.

Dia menjalankan operasi bersama segenap arapat gabungan di wilayah Kedungkandang. Panit Intel Kedungkandang, Aiptu Agus Bowo juga hadir dalam operasi ini.

Termasuk, Panit Sabhara Ipda Yulianto, 5 anggota Polsek Kedungkandang, 5 anggota Satpol PP Kota Malang, Lurah Buring M Choiril Anwar turut menyertai operasi.

Kemudian, Babinsa Buring Pelda Legimin dan Sertu Gatot M, Babinkamtibmas Buring Aipda Suwandi dan Trantib Buring, Meri, juga menjalankan operasi.

Operasi penegakan prokes ini terlaksana mulai pukul 09.00 sampai 10.00 WIB.

Kabar Lainnya : Polresta Malang Kota Tingkatkan Patroli Wilayah.

Operasi yustisi juga tetap menegakkan Inpres No 6, Pergub No 53 2020 Perda No 02 dan Perwali No 30 Agustus 2020.

Petugas gabungan memulai operasi dengan apel di depan kantor Kelurahan Buring. Setelah itu, petugas melakukan operasi di Jalan Raya Ciputra.

Petugas menyisir 5 orang tidak bermasker selama operasi. Selain itu, petugas juga mencatat sejumlah pelanggaran lain selama operasi.

“Jumlah pelanggar tidak bermasker 5 orang. Tetapi, rata-tata kami melihat pelanggar membawa masker tapi tidak dipakai. Atau, ada juga yang memakai masker di dagu,” kata Pelda Legimin, Babinsa Buring.

Mereka yang melanggar mendapat hukuman menyanyikan Indonesia Raya dan melafalkan Pancasila. “Kami juga berikan masker gratis kepada pelanggar,” akhirnya.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

Pemerintahan

Kemenag Umumkan Sidang Isbat, Umat Di Kota Malang Tarawih Perdana

Diterbitkan

,

Kemenag Umumkan Sidang Isbat, Umat Di Kota Malang Tarawih Perdana
Salat tarawih pertama di Masjid Agung Jami' Kota Malang (Foto: istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah umumkan hasil sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1442 H pada Senin, (12/4).

Dari hasil sidang isbat tersebut, Kemenag umumkan 1 Ramadhan 1442 H atau awal puasa Ramadhan 1442 H jatuh pada Selasa (13/4) hari ini.

Sehingga sejak Senin (12/4) kemarin malam, seluruh umat Islam di Indonesia telah melaksanakan salat tarawih baik di rumah dan masjid.

Umat Islam di Kota Malang pun menyambut gembira hasil sidang tersebut. Mereka berbondong-bondong ke masjid untuk salat tarawih.

Misalnya saja, umat yang salat di masjid Agung Jami’ Kota Malang. Ratusan umat Islam menunaikan salat tarawih pertama dengan khusyuk dan menerapkan protokol kesehatan.

Takmir Masjid Agung Jami’ Kota Malang, Mahmudi membenarkan. Dia menerapkan protokol kesehatan bagi para jamaah.

“Kami tetap melaksanakan salat tarawih dengan para jamaah tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan membawa hand sanitizer,” ujar Mahmudi, Selasa (13/4).

Mahmudi juga mengimbau bagi para jamaah agar berwudhu dan mambawa sajadah sendiri dari rumah.

Masjid Agung Jami’ Kota Malang pun melakukan pembatasan jamaah sebesar 50 persen dari kapasitas total masjid. Tujuannya agar bisa social distancing saat salat tarawih.

“Kalau jaga jarak bisa sekitar seribuan lebih. Kalau daya tampung maksimal sekitar dua hingga tiga ribuan orang jama’ah,” tambahnya

Apabila masjid penuh, dia juga telah melarang jamaah melakukan salat tarawih di area alun-alun Kota Malang.

“Kalau sampai ada (salat di alun-alun), kita tidak akan tanggung jawab kalau semisal ada penggusuran dari pihak berwenang. Kita hanya menyediakan di masjid,” akhirnya.(fat/yds)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Ucapan HUT Kota Malang Ke 107
Advertisement Iklan Ucapan HUT Kota Malang Ke 107

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com