Connect with us

Pemerintahan

Pasangan Nikah Siri di Kota Batu, 2020 Diwacanakan Tercatat di Lembaran Negara

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Lindungi hak masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu agendakan legalitas pasangan nikah siri pada tahun 2020. Dalih wacana tersebut adalah, dampak sosial yang terjadi jika pernikahan tidak tercatat dalam lembaran negara, dalam hal ini surat nikah.

Pasalnya, tanpa surat nikah atau catatan pernikahan, maka keturunan dari pernikahan tersebut akan mengalami kesulitan dalam mengurus dokumen negara.

Kabag Kesra Kota Batu, Ismail A Gani pada Rabu, (18/9/2019) menegaskan, jika program tersebut dimaksudkan agar pendataan perkawinan lebih mudah dan sah secara hukum negara.

Sebelumnya diketahui ada program nikah massal, kendati demikian, dengan program tersebut dikhawatirkan akar berdampak buruk pada psikologis keturunan dari pasangan nikah siri.

“Kalau kita laksanakan nikah massal, memang bisa, namun akan menimbulkan masalah baru, yaitu psikologis. Terlebih jika keturunannya sudah dewasa, itu merupakan satu pukulan berat,” tegas Ismail.

Terkait teknis pelaksanaan, Ismail menjelaskan bahwa nantinya lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) akan dilibatkan secara maksimal sebagai media supervisi, sekaligus penyuluh terkait program tersebut.

“Sebab sasaran kita masyarakat, data yang paling valid bisa didapatkan dan dieksekusi lebih mudah jika PKK terlibat. MoU kita selesaikan segera, semoga 2020 sudah bisa terealisasi,” imbuhnya.

Program pasangan yang sudah menikah dimudahkan dalam pengurusan administrasi sah secara hukum pernikahan negara ini, bahkan telah mendapatkan restu dari Walikota Batu Dewanti Rumpoko. Terlebih, Bude sapaan akrabnya mendorong pihaknya untuk secara seksama dan sesegera mungkin merealisasikannya. (doi/fir)

Advertisement Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Malang
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Selama Tiga Bulan Satpol PP Kota Malang Tangkap 51 Pasangan Mesum – Kabar Malang Com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih