Connect with us

Pemerintahan

Musrenbang RKPD 2023, Wali Kota Sutiaji Fokus Sektor Ekonomi Kreatif

Diterbitkan

,

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat di kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji memberikan arahan dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Malang Tahun 2023.

Senin (28/3/2022) Bertempat di Grand Mercure Hotel Malang.

Kegiatan ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait pembangunan di Kota Malang guna mendapatkan saran dan masukan dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2023.

Wali Kota Sutiaji menjelaskan pembangunan Kota Malang pada 2023 ke depan akan berfokus pada pemantapan industri kreatif melalui transformasi digital, yang di dukung dengan infrastruktur yang terintegrasi.

“Sering saya katakan, dua disrupsi besar yang terjadi saat ini, pandemi dan digitalisasi,” ujar Wali Kota Sutiaji.

“Keduanya telah mengubah banyak sisi kehidupan masyarakat,” terangnya.

Akan tetapi, Sutiaji melanjutkan, dua disrupsi ini justru menjadi kekuatan untuk mendorong geliat ekonomi kreatif di Kota Malang.

Terlebih, potensi sumber daya manusia di Kota Malang yang tengah mengarah ke bonus demografi dengan komposisi penduduk didominasi generasi milenial.

“Maka ekonomi kreatif kita kuatkan, karena bonus demografi tidak menjadi beban, namun justru menjadi kekuatan ekonomi bangsa kita,” ujarnya.

Ini sambungnya, perlu di iringi dengan digitalisasi, mengingat digitalisasi menjadi salah satu potensi di Kota Malang yang harus di manfaatkan dengan baik.

Di tambahkan oleh Sutiaji, geliat ekonomi kreatif akan mendorong naiknya angka pertumbuhan ekonomi di Kota Malang.

Nantinya, Pemkot Malang akan menggandeng tujuh belas sub-sektor ekonomi kreatif yang dapat menjadi pengungkit dalam menguatkan sektor ekonomi.

“Sekarang pertumbuhan ekonomi kita di angka 4,21 persen, Insya Allah saya optimis bisa di tingkatkan,” ucapnya.

Sutiaji menjelaskan, sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Malang terhadap pengembangan sektor ekonomi kreatif yang juga di titikberatkan pada penyediaan infrastruktur.

Kemudian, pengembangan ekosistem dan peningkatan pemasaran, pada tahun 2022 ini telah dibangun Malang Creative Center (MCC).

“MCC akan menjadi pusat inkubasi atau pusat aktivitas para pelaku ekonomi kreatif potensial untuk saling berkolaborasi,” papar Sutiaji. (carep01/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih