Connect with us

Pemerintahan

Diskoperindag Distribusikan Minyak Goreng di Sentra Industri Sanan

Diterbitkan

,

Kepala Diskopindag Kota Malang Muhammad Sailendra
Kepala Diskoperindag Kota Malang, Sailendra (foto istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) mendistribusikan minyak goreng (Migor) curah di Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan.

Jumat (25/02/2022). Kepala Diskoperindag Kota Malang, Sailendra mengatakan jika program yang dibuat tersebut sudah di lakukan dari pekan lalu.

Namun, khusus di Sentra Sanan, Sailendra melanjutkan, dirinya menyebutkan jika distribusi minyak goreng di lakukan dalam bentuk curah,

Karena untuk membantu industri kecil dalam pemenuhan minyak goreng.

“Khusus untuk Sanan, sebetulnya kami ajukan untuk rumah tangga juga minyak gorengnya. Tapi karena bentuknya curah, maka tidak ada kemasan dan mereka harus membawa jirigen,” ujar Sailendra.

“Karenanya, akhirnya kami minta kepada Kementerian Perdagangan, untuk di tempatkan di Sanan dan membantu industri kecil, untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng. Ahamdulillah, permohonan kita di penuhi,” lanjutnya.

Kementerian Perdagangan, tambahnya, menunjuk PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) untuk mendistribusikan minyak goreng curah di Malang.

Total sebanyak 24 ribu liter minyak yang akan didistribusikan secara bertahap ini. Itu nanti, ternyata mampu memenuhi 600 pengrajin yang ada di Kota Malang. Dalam sehari, mereka mampu menghabiskan minyak goreng sebanyak 400 liter.

Untuk harga yang di berikan, terang Sailendra, sesuai dengan Harga Eceran Tinggi (HET). Yakni, sebesar Rp 11 ribu per liternya.

Para pelaku UMKM yang membeli minyak goreng curah, pun tidak ada batasan maksimalnya. Itu karena, agar kebutuhan minyak bagi pelaku industri bisa terpenuhi.

“Ini kan bukan untuk kebutuhan rumah tangga. Tetapi, ini untuk kebutuhan produksi pengerajin tempe,” terangnya.

“Sehingga, nanti biar diatur oleh paguyuban dan sebetulnya nggak ada kuota. Jadi, sesuai dengan kebutuhan produksi mereka,” pungkasnya. (carep01/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih