Connect with us

Pemerintahan

Sertifikat Halal, UMKM di Kota Malang Dapat Pendampingan Pemkot

Diterbitkan

,

Wali Kota Malang, Sutiaji bersama Kepala Diskopindag Kota Malang kepada tiga perwakilan UMKM

 

KABARMALANG.COM – UMKM di Kota Malang mendapatkan pendampingan dalam mengurus sertifikasi halal dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang (Diskopindag).

Senin (14/3/2022). Kepala Diskopindag Kota Malang, M Sailendra menyampaikan bahwa tujuan sertifikasi halal ini untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, bahwa produk yang di jual oleh UMKM halal.

“Pada intinya ialah memberikan perlindungan dan jaminan kepada masyarakat bahwa produk yang di jual ini halal,” ujarnya.

Pendampingan itu telah di lakukan sejak 2021 silam.

Dan pada 2022 ini ada sekitar 16 UKM dan UMKM yang juga akan di berikan pendampingan.

Hal ini sejalan dengan program Wali Kota Malang, Sutiaji terkait dengan Malang Halal yang masuk ke dalam The Future of Malang di era kepemimpinannya.

Para UMKM diberikan pendampingan, untuk memenuhi sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar mendapatkan sertifikasi halal.

Mulai dari proses adminstrasi, pemeriksaan produk halal oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJH) hingga mendapatkan sertifikat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Jadi BPJH ini memiliki laboratorium untuk menguji kehalalan produk dari UMKM ini,” ucapnya.

“Kemudian di teruskan ke MUI, barus setelah itu di kembalikan lagi, apakah layak mendapatkan sertifikasi halal atau tidak,” Sailendra melanjutkan.

Dalam mengurus sertifikasi halal ini, Pemkot Malang mengeluarkan anggaran senilai Rp 5 juta untuk setiap produk yang di hasilkan oleh UMKM.

Ke depan, sertifikasi halal ini akan di teruskan, dengan harapan dapat memberikan jaminan kepada masyarakat.

“Tahun ini ada 16 UMKM yang nantinya akan berproses. Dan ke depan akan terus di lakukan, karena dapat memberikan manfaat kepada UMKM,” katanya.

Informasi, penyerahan sertifikasi ini di lakukan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji bersama Kepala Diskopindag Kota Malang kepada tiga perwakilan UMKM. saat apel pagi di Balaikota Malang.

Penyerahan sertifikasi halal ini juga bersamaan dengan penyerahan sertifikat hak atas tanah kepada beberapa warga Kota Malang. (carep01/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih