Connect with us

Kabar Batu

Kajari Batu, Penuhi Janji Jadi Dalang Wayang Kulit

Diterbitkan

,

Dr Supriyanto SH , MH saat konsen belajar Dalang Wayang Kulit (foto istimewa)

 

KABARBATU.COM – Kepala Kejaksaan Negeri Republik Indonesia (Kajari) Batu, Dr.Supriyanto,SH,MH, bakal hebohkan Kota Batu.

Dia akan membuat gebrakan barunya yakni menjadi dalang wayang kulit.

Jumat (4/3/2022) di Hotel Singghasari Resort. Di acara bangkitkan kebudayaan raih kejayaan, promosi kebudayaan yang di gagas oleh Pemkot Batu.

Rangkaian acaranya sebagai berikut.

Promosi kebudayaan Kota Batu, penggoresan kanvas lukisan, meninjau pameran pusaka, sajian tari banteng kepang, sajian vidio kebudayaan.

Di lanjutkan, penyampaian piagam kebudayaan, penyampaian kesan dan kesan dari pelaku seni, dan kepariwisataan.

Selanjutnya, bakal berlangsung dengan pemotongan tumpeng jajan pasar, dan penyerahan gunungan wayang untuk pagelaran wayang kulit dengan Ki Dalang Dr.Supriyanto,SH, MH, selaku Kajari Batu.

Sekedar informasi, mantan Kajari Gorontalo tersebut, sebelumnya di ketahui sedang konsen belajar jadi dalang di salahsatu sanggar di Batu.

Di ketahui pula di tengah kesibukan menjalankan tugas sebagai Kajari Batu, di waktu senggangnya dia tengah menyempatkan diri untuk belajar kembali seni wayang kulit dengan menjadi seorang dalang.

Supriyanto mengaku wayang kulit bukan merupakan sebuah hal yang baru bagi dirinya. Dia pernah belajar pedalangan.

Namun, karena tugasnya sebagai Kajari berpindah-pindah daerah sehingga hobi tersebut seolah tak lagi tersentuh.

Ketika di tugaskan di Bumi Kota Batu, dia mengaku mendapat kesempatan untuk bertemu dengan Ki Eko yakni Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) di Kota Batu.

Di sinilah, Supriyanto dapat kembali menyalurkan hobi yang telah lama terputus.

Di acara bangkitkan kebudayaan raih kejayaan, promosi kebudayaan ini Supriyanto berjanji bakal tampil berperan sebagai dalang, kalau sudah di nilai layak tampil oleh sang gurunya.(gus/fir) 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih