Connect with us

Edukasi

Budaya Jepang, Festival Isshoni Tanoshimimashou 16 Digelar UB Malang

Diterbitkan

,

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Malang, Jurusan Sastra Jepang menggelar festival budaya Jepang (foto: istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Malang, Jurusan Sastra Jepang menggelar festival budaya Jepang. Festival yang bertajuk Isshoni Tanoshimimashou 16 ini rutin diselenggarakan tiap tahun.

Festival tersebut digelar selama dua hari yaitu 20 sampai 21 November 2021 melalui akun Youtubenya Isshoni Tanoshimimashou.

Pandemi Covid 19 yang belum juga usai, membuat festival itu sempat vakum setahun. Akhirnya Isshoni Tanoshimimashou 16 dipindahkan ke ranah digital.

Ketua Penyelenggara, Qonita Zahradini, Isshoni Tanoshimimashou 16 menyampaikan bahwa kali ini mengangkat tema “Kogarashi: Bring Back Hope.”

“Dengan tema Isshoni Tanoshimimashou 16 kali ini dapat memberikan warna dan harapan baru bagi Isshoni Tanoshimimashou ke depannya,” ujarnya.

Festival Budaya Jepang yang diselenggarakan secara digital ini adalah festival digital yang pertama kali. Selama dua hari yaitu 20 November dan 21 November 2021 di akun Youtube Isshoni Tanoshimimashou sudah ditonton lebih dari 2.187 kali.

Sementara itu, Anissa salah satu penonton dari Jakarta mengatakan asik juga menghabiskan hari libur dengan menonton festival budaya Jepang secara online. Tak hanya musik, juga menampilkan seni kaligrafi Jepang Shodo yang dikenal sejak abad ke-6.

Seni kaligrafi Jepang Shodo yang ditampilkan dalam ukuran besar lengkap dengan gaya samurai. Keren! saya pun memesan secara langsung sebagaimana ditawarkan panitia lewat IGnya @isshonitanoshi.

“Tulisan yang saya pesan adalah nama saya dilengkapi dengan huruf Kanji. Untuk menentukan huruf Kanji yang saya pesan, saya pun berselancar mencari huruf Kanji sesuai dengan arti nama saya,” ucapnya.

Salah satu pertunjukan

Salah satu pertunjukan tarian Jepang yang di tampilkan di Festival Isshoni Tanoshimimashou 16 (istimewa)

Namanya juga festival, lanjut Anissa, pastinya memiliki berbagai merchandise. Lewat Facebook panitia penyelenggara, saya pun mendapati toko digital dengan akun @danus_IT di marketplace yang identik dengan warna orange. Langsung memesan sesuai dengan keinginan.

“Ternyata merchandisenya ada di Jakarta Selatan. Dalam waktu tak sampai 24 jam. Sedang untuk kaligrafi Jepang yang saya pesan membutuhkan waktu beberapa hari karena dikirim dari daerah Jawa Timur tentunya,” jelasnya.

Kaosnya halus. Menurut Anissa, tote bagnya lucu. Jadinya pada rebutan deh di rumah. Al hasil pesan lagi. Untuk penampilan artis-artis lokal pemenang berbagai lomba yang diadakan Isshoni Tanoshimimashou 16 juga keren-keren. Suaranya bagus-bagus.

“Selain itu ada juga berbagai bintang tamu, salah satunya adalah Babymetalmalang,” ungkapnya.

Energik dan sangat menarik. Bagi saya yang tidak terlalu akrab dengan lagu Jepang bahkan bisa menikmati sajian Babymetalmalang. Berbagai tarian Jepang juga ditampilkan dengan sangat elok.

“Tak terasa waktu berlalu. Bahkan saya sempat mengulang melihat sajian tarinya lewat YouTube karena tertarik dengan cara menyajikan tarian tersebut,” pungkas Anissa.

Lampion dan suasana malam yang temaram berpadu cantik dengan gemulainya penari-penari yang tentunya adalah mahasiswi-mahasiswi dari Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Tak ketinggalan penampilan Nadila Wantari yang juga tersohor sebagai Nadila JKT48.

Penampilan Nadila Wantari sangat menawan. Singkat kata rangkaian festival Jepang yang diselenggarakan secara digital ini sangat menarik untuk menghabiskan waktu di rumah saja. Apalagi hujan deras hari ini tanpa henti.

Ingin ikut jumpa fans dengan Nadila Wantari? Jangan khawatir, dari Instagram @IsshoniTanoshi dan Ketua Panitia penyelenggara Isshoni Tanoshimimashou 16 @qntzahra bisa “temu online” dengan Nadila Wantari besok 21 November 2021 pukul 13.00. Untuk yang mau breakout room face to face juga bisa dengan membayar HTM tersendiri. Keren!

Selain berbagai acara tersebut juga ada sesi terpisah Beauty Class bersama @Diviasari. Beauty class yang diselenggarakan juga secara online. Beauty Class dengan mengambil gaya “Peachy Looks Make-up” itu juga saya ikuti. Maklum generasi old yang belum pernah diajari berdandan oleh ortu jadul HTMnya juga sangat murah 35K. (carep-03/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih