Connect with us

Pemerintahan

Pemkot Malang Kembangkan Electroforming, Kerajinan Unik Nan Bernilai

Diterbitkan

,

Pemkot Malang Kembangkan Electrofarming, Kerajinan Unik Nan Bernilai
Wali Kota Malang, Ketua Dekranasda Kota Malang, dan Kepala Diskopindag sedang melihat produk kerajinan electroforming (Foto: Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Pemkot Malang mengembangkan  kerajinan electroforming untuk pengembangan ekonomi kreatif. Kerajinan itu berupa aksesoris, hiasan dan pernak-pernik.

Bentuknya bermacam-macam. Ada cincin, gelang, hingga kalung. Tampilannya juga unik dan bernilai tinggi.

Electroforming sendiri adalah metode pelapisan pembuatan barang-barang kerajinan. Teknik ini biasa dipraktikkan pada produk berbahan logam.

Sasaran aplikasi electroforming adalah berbagai hiasan-hiasan natural. Terutama, yang membutuhkan tampilan logam pada proses akhir.

Pemkot Malang pun menghelat seminar electroforming bagi perajin. Workshopnya terhelat di Hotel Ijen Suite, Senin (22/2).

Wahyu Setianto, Plt Kepala Diskopindag Kota Malang membenarkan. Ada 30 peserta yang terlibat workshop. Wahyu juga memastikan workshop akan berkesinambungan.

“Tadi sudah ada perintah dari Pak Wali. Setelah pelatihan ini, kita akan tetap pantau. Apakah ada perkembangan atau tidak,” ujar Wahyu kepada wartawan.

“Kita akan bikin grup whatsapp. Misal ada yang kurang paham hasil pelatihan. Nanti kita bisa komunikasikan lagi dengan narasumber,” tambahnya.

Wahyu mengakui electroforming masih langka di Kota Malang. Bidang ini juga masih dalam tahap perkembangan.

“Karena itu, harus ada replikasi ilmu. Paling tidak satu peserta bisa menyampaikan pada kelompoknya,” ungkapnya.

Sehingga, Pemkot Malang akan membantu pemasaran produk electroforming. Hasil olahan peserta akan masuk ke marketplace.

Produk Kerajinan Electrofarming (Foto: Fathi)

Produk Kerajinan Electroforming (Foto: Fathi)

Kabar Lainnya : Emil: Kota Malang Lokomotif Digital Jawa Timur.

Wali Kota Malang, Sutiaji sepaham. Dia sangat berharap electroforming bisa menggerakkan industri kreatif.

“Electroforming, dari yang tidak mempunyai harga, akhirnya bernilai tinggi. Pendampingan nanti di Diskopindag. Kehadiran media juga menginformasikan kegiatan-kegiatan ekonomi,” ungkap orang nomor satu di Pemkot Malang itu.

Sutiaji juga sempat menengok beberapa produk electroforming di lokasi pelatihan. Dia terkesan dengan produk yang berasal dari daun.

“Daun aja nilainya bisa bertambah. Kalau jatuh kan jadi sampah. Tetapi ketika diolah, itu akan menjadi bermakna. Itu dari barang daur ulang,” terangnya.

Widayati Sutiaji, Ketua Dekranasda Kota Malang pun sepakat. Gerakan industri kreatif adalah langkah pemulihan ekonomi Kota Malang.

“Hari ini harusnya di tengah pandemic, ekonomi terpuruk. Tetapi alhamdulillah di Kota Malang tidak. Jadi ini saatnya kita recovery,” ujar Widayati.

“Tugas Dekranasda kolaborasi dengan Pemkot Malang. Membuat recovery tersebut berjalan dengan baik. Makanya pelatihan seperti ini penting. Harus kita kuatkan lagi,” lanjutnya.

Widayati mengatakan Dekranasda akan membantu memasarkan produk UKM IKM. Sebab, dia sudah memiliki showroom. Ini hasil kolaborasi dengan Rumah Solusi Kota Malang.(fat/yds)

Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Kodim 0833 Kota Malang Bedah Rumah Warga Di Kedungkandang

Diterbitkan

,

Kodim 0833 Kota Malang Bedah Rumah Warga Di Kedungkandang
Kodim 0833 Koramil Kedungkandang saat mempersiapkan bedah rumah. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Koramil Kedungkandang Kota Malang menggelar kegiatan bedah rumah (RTLH) semester I 2021, Senin (14/6).

Sasaran bedah rumah adalah milik Mulyadi, warga Jalan Kalisari RT 02 RW 02 Kelurahan Wonokoyo, Kecamatan Kedungkandang.

Kapten Cba M Solekhan memimpin 11 anggota Koramil Kedungkandang, untuk melaksanakan bedah rumah tersebut. Begitu juga, Babinsa Wonokoyo, Serma Usman Dan Serka Warno, turut datang.

Tetapi, hadir pula sejumlah unsur instansi lainnya. Yaitu Lurah Wonokoyo Suparman, Babinkamtibmas Wonokoyo Bripka Bonus Kuncoro, serta warga RT 02 RW 02 Wonokoyo.

“Sejak pukul 07.00 WIB, para pelaksana kegiatan bedah rumah sudah berada di lokasi,” ujar Solekhan.

Dengan kerja sama dan saling bahu membahu, proses bedah rumah di kediaman Mulyadi pun mulai berjalan.

Kodim 0833 Kota Malang memastikan bahwa penerima bedah rumah adalah mereka yang memang benar-benar membutuhkan.

Rumah Mulyadi sendiri terbuat dari bambu. Bagian lantainya juga masih tanah.

Sebelum ini, Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona sudah memastikan target bedah rumah juga tepat sasaran.

“Kami pastikan, target bedah rumah adalah mereka yang benar-benar membutuhkan. Bahwa kediaman warga yang dapat bedah rumah memang tidak layak. Sehingga, bedah rumah dari kami bisa benar-benar membantu kehidupan warga tersebut,” tutur Ferdian.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

Pemerintahan

Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 0833 Kota Malang Gelar Latnister

Diterbitkan

,

Asah Kemampuan Prajurit, Kodim 0833 Kota Malang Gelar Latnister
Letkol Arm Ferdian Primadhona, Komandan Kodim 0833 Kota Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Kodim 0833 Kota Malang berupaya memelihara dan meningkatkan penguasaan dan keterampilan prajurit kewilayahan dalam melaksanakan tugas.

Karena itu, Senin (14/6), Kodim 0833 Kota Malang menggelar kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) TA 2021.

Latihan ini akan terlaksana selama lima hari kerja, mulai hari ini sampai Jumat mendatang (18/6) di Aula Makodim 0833. Sementara, pesertanya adalah Babinsa jajaran Kodim 0833.

Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona membenarkan. Dia menegaskan para Babinsa harus memiliki kemampuan teritorial.

“Babinsa harus bisa menghadapi tugas dan tantangan dinamika persoalan teritorial yang makin kompleks. Kita mendapat tuntutan untuk menyelesaikannya dengan baik,” terang Ferdian.

Karena itu, Latnister ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan serta keterampilan teknis satuan kewilayahan.

Dengan latihan ini, setiap personel dapat memahami dan mampu melaksanakan tugas-tugas kewilayahannya. Mulai dari tingkat perorangan hingga dalam hubungan satuan (Koramil) dengan prosedur-prosedur yang berlaku.

Ferdian juga menegaskan, Babinsa tidak hanya menopang institusi militer saat mengemban tugas. Babinsa pun harus mampu bersinergi dengan institusi lain dan masyarakat.

“Babinsa mendapat tuntutan untuk mengetahui potensi wilayah binaannya. Serta bersinergis dengan unsur pemerintahan daerah dan masyarakat untuk kepentingan pertahanan negara,” tambahnya.

Ferdian berharap, Babinsa bisa mengikuti kegiatan Latnister ini dengan sungguh-sungguh. Dia juga meminta para dan selalu dengan penuh semangat dalam berlatih dan jangan seremorial saja.

“Akan tetapi pahami dan aplikasikan di desa atau wilayah baik secara perorangan maupun dalam hubungan satuan,” jelasnya.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

Pemerintahan

Forpimda Bedah Rumah Warga Gadang Kota Malang

Diterbitkan

,

Wawali Sofyan Edi Jarwoko, Dandim 0833 Letkol Arm Ferdian Primadhona hadir dalam bakti sosial di kawasan Gadang Sukun (istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Forpimda Kota Malang menggelar bedah rumah sebagai bakti sosial di kawasan Gadang Sukun, Minggu (13/6).

Sasaran penerima bedah rumah adalah warga bernama Tatik. Rumahnya di Jalan Raya Gadang gang XV RT 02 RW 03 Kelurahan Gadang, Sukun.

Wawali Sofyan Edi Jarwoko, Dandim 0833 Letkol Arm Ferdian Primadhona hadir dalam bakti sosial ini.

Ada pula Komandan Baskomas Malang Raya Fitri Harianto, Babinsa Babinkamtibmas, Ketua RT 02 Gadang serta masyarakat.

Dandim menegaskan bahwa TNI bersama Pemkot Malang berupaya untuk membantu masyarakat.

“Pemberian bantuan kepada masyarakat juga tidak memilih atau harus memenuhi semua persyaratan. Artinya, sasarannya memang yang benar-benar membutuhkan,” ujar Ferdian.

Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko juga sepaham. Dia mengucapkan rasa terimakasih kepada Kodim dan Baskomas.

“Karena atas bantuan tenaga dan pikirannya, telah membantu bedah rumah dan renovasi rumah ibu Tatik,” tutupnya. (carep-04/fir)

Lanjutkan Membaca

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com