Connect with us

Pemerintahan

E-Parking Beroperasi Sebulan, Pendapatan Kota Malang Naik 6 Kali Lipat

Diterbitkan

,

E-Parking Beroperasi Sebulan, Pendapatan Kota Malang Naik 6 Kali Lipat
Layanan E-parking di kawasan Stadion Gajayana Kota Malang (Foto : Fathi)

 

KABARMALANG.COM – Kota Malang panen besar lewat penerapan e-parking di kawasan Stadion Gajayana. Sejak beroperasi pada 4 Januari 2021 lalu, hasilnya melebihi ekspektasi.

Kabid Parkir Dishub Kota Malang, Mustaqim Jaya membenarkan. Dalam sebulan pengoperasian, pendapatan parkir mencapai 6 kali lipat daripada sebelumnya.

“Hingga 4 Februari 2021 kemarin, atau terhitung satu bulan, pendapatan yang masuk sebanyak Rp 120 Juta sekian. Sebelumnya dalam sebulan hanya 20 jutaan,” ujar Mustaqim, kepada wartawan,  Jumat (5/2).

Baca Juga : Jukir Tak Terdampak E-Parkir, Malah Gajian UMK Kota Malang.

Mustaqim mengatakan pendapatan e-parking dalam sehari bisa mencapai sekitar Rp 3-4 juta. Sebelumnya hanya Rp 1-2 juta. Bahkan saat pandemi hanya Rp 700 ribu.

Saat ini pendapatan harian parkir tertinggi terjadi pada Jumat dan Sabtu. Jika tidak ada kendala cuaca seperti hujan, bisa tembus Rp 5 Juta per-hari. Mulai operasional pukul 06.00-21.00 WIB.

“Karena orang banyak berkunjung dan parkir di MOG saat weekend, terlebih kalau cuaca sedang cerah,” jelasnya.

Sedangkan, kalau hari Minggu justru cenderung rendah karena biasanya buka mulai sekitar pukul 11.00 WIB,  karena ada pasar pagi di kawasan tersebut.

Pemkot Malang hingga saat ini masih dalam tahapan merealisasikan sistem pembayaran e-money. E-money akan terintegrasi e-parking sekitar akhir Maret 2021.

Selain itu, pihaknya juga tengah menyiapkan sistem penunjang baru yakni Sistem Parkir Malang (Sisparma).

“Dengan demikian, semua data perolehan e-parking dapat terpantau melalui dashboard Sisparma yang dapat terakses publik,” tambahnya.

Titik-titik e-parking selanjutnya juga sedang dalam proses pengadaan. Mustaqim menargetkan pertengahan tahun 2021 sudah terpasang.

“Rencananya nanti terpasang di parkir Gedung Kartini, Block Office, Terminal Arjosari, tambahan 1 titik lagi di MOG untuk sepeda motor,” tambahnya.(fat/yds)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih