Connect with us

Ekbis

Bulu Kelinci Rontok, Ini Penyebab dan Solusinya

Diterbitkan

,

Eko Sabdianto, seorang Rabbit Breeder dan Founder KWB Rabbitry Kota Batu (Foto: Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Kelinci tergolong hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, namun itu semua bakal sia-sia apabila bulu kelinci anda mengalami kerontokan pada bulunya.

Hal itu diungkapkan Eko Sabdianto, seorang Rabbit Breeder dan Founder KWB Rabbitry Kota Batu. Jalan Kelud Gang Punden Nomor 2F RT 2 RW 11 Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu Jawa Timur.

Menurutnya, para pemilik kelinci harus benar-benar paham mengenai tata cara merawat kelinci yang baik dan benar.

“Salah satunya soal perawatan bulu kelinci. Para pemilik kelinci harus pandai menjaga bulu kelinci agar tetap sehat. Apalagi bulu kelinci sangat sensitif sekali dan rentan terserang bakteri, maupun virus dan penyakit lainnya,” jelasnya, Minggu (22/11) saat Kabarmalang.com menghubungi.

Eko pun membeberkan enam penyebab bulu kelinci rontok dan cara mengatasinya.

Bulu Kelinci Mengalami Molting

Eko mengatakan penyebab umum rontoknya bulu kelinci adalah karena molting, yakni proses pergantian bulu kelinci dengan yang baru.

“Kalau molting, tidak perlu dikhawatirkan, sebab sangat wajar terjadi, dan menimpa semua ras kelinci,” terangnya.

Ia menyarankan bagi pemilik kelinci agar serajin mungkin menyisir bulu kelinci dan memberi asupan multivitamin kepada kelinci, agar proses molting berjalan lebih cepat.

Proses Beradaptasi dengan Iklim

Eko menuturkan proses beradaptasi dengan iklim juga menjadi penyebab rontoknya bulu kelinci, biasanya terjadi di kelinci berbulu panjang.

“Hal itu karena iklim cuaca di Indonesia terdapat dua musim, yakni musim panas dan juga musim hujan, sehingga cuaca menjadi dingin. Maka kelinci yang berbulu panjang seperti Fuzzy Lop misalnya, akan memberikan reaksi yang berbeda,” paparnya.

Bagi Eko, hal tersebut hanya akan berlangsung sebentar saja pada kelinci, jadi tidak perlu khawatir.

“Cukup berikan asupan vitamin dan minum yang banyak, agar supaya tidak mengalami dehidrasi,” jelasnya.

Bulu Kelinci Mudah Rontok Karena Stress

Kelinci ketika diadopsi kerap kali akan mengalami stress, kata Eko, karena kelinci belum mengenal lingkungan barunya.

Terlebih lagi jika si pemilik memperlakukannya dengan tidak baik. Salah satu efek ketika kelinci sedang stress adalah bulunya akan rontok.

“Jika kalian melihat bulu kelinci yang baru dipelihara rontok. Solusinya, ubahlah kebiasaan buruk memperlakukan kelinci , yang sebelumnya jarang dikasih makan, maka segera beri makan secara rutin agar tidak stress. Dibelai dengan lembut penuh kasih sayang serta diberi vitamin penambah nafsu makan,” jelasnya.

Kekurangan Asupan Vitamin

Selanjutnya, kata Eko, penyebab bulu kelinci rontok yang ke empat adalah karena kurang asupan vitamin. Pemberian pakan yang kaya akan protein dan vitamin sangat penting bagi tumbuh kembangnya kelinci. Terutama protein yang banyak.

Kelinci Terkena Penyakit Kulit

Eko menyebut, salah satu penyakit yang menyerang kelinci biasa disebut dengan fur mites, penyebabnya adalah tungau.

“Kutu atau tungau memang menjadi momok untuk semua hewan yang berbulu. Karena keberadaannya membuat bulu rontok, botak dan terinfeksi,” ungkapnya.

Salah satu solusinya, lanjut Eko, adalah mengobatinya dengan cara memberi obat anti tungau atau shampo antibiotik untuknya. Selain itu, bisa juga pengobatannya melalui injeksi.

Induk Kelinci Membuat Sarang dengan Bulunya

Eko mengatakan induk kelinci yang sedang hamil dan mendekati persalinan, biasanya akan membuat sarang sebagai persiapan untuk menyambut datangnya calon anak.

“Pembuatan sarang tersebut, kelinci akan merontokkan bulunya sebagai alas tambahan untuk sarangnya untuk menutupi anak-anaknya, agar tidak terlihat oleh predator (pemangsa),” jelasnya. (carep-03/fir)

Advertisement Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Malang
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Ciri Ciri Kelinci Hamil Muda – moveyourcity

  2. chayra

    16 Agustus 2022 at 1:44 pm

    informasi yang bagus, ada artikel dari universitas airlangga yang juga akan memberikan informasi loh buat kalian… berikut link tautannya https://www.unair.ac.id/2021/07/06/biosuplemen-pakan-dari-kulit-buah-naga-tingkatkan-performa-kelinci-pedaging/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih