Connect with us

Pemerintahan

Simulasi Kewaspadaan Tsunami Digelar Daring

Diterbitkan

,

Kabupaten Malang Berpotensi Tsunami, BMKG Siapkan Mitigasi Bencana
BPBD Kabupaten Malang saat menggelar Indian Ocean Wave Exercise 2020 di Kantor BPBD Kabupaten Malang, Selasa (6/10). (Foto: Imron Haqiqi).

 

KABARMALANG.COM – Simulasi kewaspadaan tsunami digelar secara daring, Selasa (6/10). BMKG dan BPBD Kabupaten Malang ikut dalam simulasi. Karena, Kabupaten Malang berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami.

Penyelenggaranya adalah BMKG pusat dan BNPB. Tajuk simulasinya, Indian Ocean Wave Exercise 2020 (IOWave20). Simulasi dilaksanakan secara daring dan serentak di seluruh wilayah Indonesia.

“Nanti kami di-injek alias diberi beberapa soal di lapangan. Bagaimana jika terjadi bencana. Misalnya, kalau alat komunikasi mati di tengah ada tsunami. Lantas apa yang harus dilakukan,” ungkap Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiyono.

Simulasi ini digelar untuk mengevaluasi koordinasi BMKG dan BPBD. Terutama, ketika ada bencana. Menurut Bagyo, BPBD kerap melakukan kegiatan semacam itu.

BMKG Kabupaten Malang pun diajak mengevaluasi kinerja timnya. Sewaktu-waktu terjadi tsunami, BMKG dan BPBD siap. “Tindak lanjut dari ini nanti akan kita laksanakan segera,” katanya.

Lebih lanjut, Bagyo mengklaim masyarakat sudah paham kewaspadaan bencana. Warga sudah banyak mengetahui langkah ketika terjadi kedaruratan. Baik itu gempa bumi maupun tsunami.

Misalnya, warning 10 detik, 10 menit, dan 20 meter. “Ketika terjadi gempa selama 10 menit, masyarakat harus evakuasi. Karena kemungkinan 10 menit selanjutnya ada tsunami. Warga harus melarikan ke tempat yang tingginya 20 meter,” tutup Bagyo.

BNPB punya standar 20 detik, 20 menit, dan 20 meter. Tapi BPBD menurunkan angka itu supaya masyarakat waspada.(haq/yds)

Advertisement Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Malang
3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: BMKG Peringatkan Kabupaten Malang Bahaya Banjir Siang Hari

  2. Pingback: Kabupaten Malang Berpotensi Tsunami, BMKG Siapkan Mitigasi Bencana

  3. Pingback: Mensos Ikut Simulasi Tsunami Di Pacitan Jawa Timur

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih