Connect with us

Pemerintahan

Simulasi Kewaspadaan Tsunami Digelar Daring

Diterbitkan

||

Simulasi Kewaspadaan Tsunami Digelar Daring
BPBD Kabupaten Malang saat menggelar Indian Ocean Wave Exercise 2020 di Kantor BPBD Kabupaten Malang, Selasa (6/10). (Foto: Imron Haqiqi).

 

KABARMALANG.COM – Simulasi kewaspadaan tsunami digelar secara daring, Selasa (6/10). BMKG dan BPBD Kabupaten Malang ikut dalam simulasi. Karena, Kabupaten Malang berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami.

Penyelenggaranya adalah BMKG pusat dan BNPB. Tajuk simulasinya, Indian Ocean Wave Exercise 2020 (IOWave20). Simulasi dilaksanakan secara daring dan serentak di seluruh wilayah Indonesia.

“Nanti kami di-injek alias diberi beberapa soal di lapangan. Bagaimana jika terjadi bencana. Misalnya, kalau alat komunikasi mati di tengah ada tsunami. Lantas apa yang harus dilakukan,” ungkap Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiyono.

Simulasi ini digelar untuk mengevaluasi koordinasi BMKG dan BPBD. Terutama, ketika ada bencana. Menurut Bagyo, BPBD kerap melakukan kegiatan semacam itu.

BMKG Kabupaten Malang pun diajak mengevaluasi kinerja timnya. Sewaktu-waktu terjadi tsunami, BMKG dan BPBD siap. “Tindak lanjut dari ini nanti akan kita laksanakan segera,” katanya.

Lebih lanjut, Bagyo mengklaim masyarakat sudah paham kewaspadaan bencana. Warga sudah banyak mengetahui langkah ketika terjadi kedaruratan. Baik itu gempa bumi maupun tsunami.

Misalnya, warning 10 detik, 10 menit, dan 20 meter. “Ketika terjadi gempa selama 10 menit, masyarakat harus evakuasi. Karena kemungkinan 10 menit selanjutnya ada tsunami. Warga harus melarikan ke tempat yang tingginya 20 meter,” tutup Bagyo.

BNPB punya standar 20 detik, 20 menit, dan 20 meter. Tapi BPBD menurunkan angka itu supaya masyarakat waspada.(haq/yds)

Klik untuk mengirimkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Kayutangan Ditutup 2 November, Ini Jalur Alternatifnya

Diterbitkan

||

Peta rekayasa lalu lintas kawasan Basuki Rahmat. (Foto : Istimewa)

KABARMALANG.COM – Kawasan Malang Heritage akan dibangun. Ada dua zona yang bakal dikerjakan.

Yaitu, Zona I depan PLN. Dan Zona II simpang Rajabali. Pengerjaan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur. Yakni, Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Pemprov Jatim.

Pembangunan dimulai Senin 2 November 2020. Sehingga, akan ada penutupan beberapa ruas jalan. Serta, pemberlakuan rekayasa pengalihan arus lalu lintas.

Sosialisasi berupa banner dan pemberitahuan terus digencarkan.

Berikut jalur rekayasa lalin.

1. Dari arah Jalan Brigjen Slamet Riadi (Oro-oro Dowo) ditutup di simpang tiga Jalan Brigjen Slamet Riadi Jalan Bromo. Diarahkan ke kanan menuju Jalan Bromo. Akses ke Indocell dan toko-toko sekitarnya masih bisa. Penutupan total di depan kantor kursus mengemudi Natuna.

2. Dari arah Jalan Semeru ditutup di simpang Bromo Semeru depan Pizza Hut. Dan dialihkan ke Jalan Bromo. Akses ke Pizza Hut, Lai Lai dan lainnya masih bisa. Ditutup total 500 meter dari simpang Rajabali.

3. Dari arah Jalan AR Hakim (Talun) tidak bisa belok kiri ke Jalan Basuki Rahmat. Diarahkan lurus ke Jalan Merdeka Utara. Tetapi untuk akses ke pertokoan sepanjang Jalan Basuki Rahmat masih bisa. Ditutup total di depan Bank BNI 46.

4. Dari arah Jalan MGR Sugiyopranoto bisa ke Jalan Majapahit. Dan Jalan Basuki Rahmat arah ke selatan, tidak bisa ke utara.

5. Dari arah Jalan Kahuripan depan Kodim 0833 menuju simpang Rajabali ditutup. Dialihkan ke Jalan Tumapel dan Jalan Belakang RSU. Akses ke travel Haryono dan BCA masih bisa, ditutup total di samping BCA.

6. Dari arah Jalan JA Suprapto ditutup di simpang tiga Denkesyah, diarahkan ke Jalan Patimura. Jalan JA Suprapto sisi barat masih dibuka untuk akses ke Polresta hingga Avian.

Penutupan dan rekayasa lalu lintas dilakukan selama masa pembangunan. Pembukaan jalan dilakukan tanggal 20 desember 2020.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

Politik

Wapres : Muslimat NU Harus Memperluas Jaringan

Diterbitkan

||

Suasana Rakernas Muslimat NU di Hotel Singasari (Foto : Istimewa)

KABARMALANG.COM – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Muslimat NU berjejaring. Ma’ruf menilai jejaring penting untuk membesarkan Muslimat NU.

“Tidak boleh tertutup, tidak boleh kaku, harus bergaul. Buka selebar-lebarnya dengan siapapun, dalam hal apapun,” ujar Ma’ruf dalam sambutan daring Rakernas Muslimat NU di Hotel Singhasari Resort, Kamis siang (29/10).

Banom (Badan Otonom) NU juga harus didorong. Supaya, jaringan dan teamworking-nya meluas. Karena itu untuk kebesaran Muslimat sendiri.

Ma’ruf pun berpesan agar Muslimat aktif menangkal radikalisme. Dia mengajak tokoh Muslimat menyampaikan pesan yang menyejukan masyarakat.

Ma’ruf menambahkan, pemerintah telah menghadirkan sejumlah fasilitas. Agar organisasi perempuan seperti Muslimat bisa mengembangkan UMKM.

“Muslimat harus memanfaatkan perangkat yang ada untuk meningkatkan UMKM. UMKM adalah mitra strategis,” ujar Ma’ruf.

Ketum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa mengamini. Menurutnya, berbagai isu telah dibahas dalam rakernas.

“Mulai dari layanan pendidikan, kesehatan dan sosial. Yang punya panti asuhan di NU adalah Muslimat,” tutup wanita yang juga Gubernur Jatim tersebut.(arl/yds)

Lanjutkan Membaca

Politik

Ultah ke-61, PP Dampit Bagikan Masker

Diterbitkan

||

Pemuda Pancasila PAC Dampit.(Foto : Imron Haqiqi)

KABARMALANG.COM – PAC Pemuda Pancasila Dampit memeriahkan ultah ke-61. Dalam momen Sumpah Pemuda, mereka membagikan masker.

Ini bentuk bakti sosial mereka untuk masyarakat. Pembagian masker digelar di Jalan Semeru Selatan, Kecamatan Dampit.

“Pada kegiatan kali ini kita menyediakan 500 masker. Itu diberikan kepada tukang ojek, pedagang dan pengendara,” terang Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Dampit, Nanang Qosim saat ditemui lokasi kegiatan, Rabu (28/10).

Kegiatan tersebut diikuti anggota Pemuda Pancasila PAC Dampit. Baik unsur pengurus, Koti (Komando Inti), dan Srikandi.

“Kita juga memberikan edukasi kepada masyarakat. Agar, selalu menerapkan protokol kesehatan. Sering cuci tangan, menggunakan masker, dan jaga jarak,” bebernya.

Ayah 4 anak itu berharap Pemuda Pancasila semakin solid.

“Alhamdulillah, respon masyarakat sangat baik atas kegiatan kami. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini. Masker kan sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” tutup Nanang.(im/yds)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Sosialisasi Perwali Kota Batu
Advertisement Iklan cukai Pemkot Batu

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com