Connect with us

Wisata

Ramai Kabar Tsunami, Pengunjung Balekambang Menurun 50 Persen

Diterbitkan

,

Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang (Foto: Imron Haqiqi)

 

KABARMALANG.COM – Ramainya informasi terkait potensi tsunami di wilayah selatan pesisir Pulau Jawa, ternyata cukup berdampak bagi sejumlah kawasan wisata pantai di Malang Selatan.

Pantai Balekambang, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang salah satunya. Direktur Perumda Jasa Yasa, Ahmad Faiz Wildan mengatakan bahwa sejak ramainya kabar itu, jumlah wisatawan yang datang ke salah satu ikon Kabupaten Malang itu menurun.

“Cukup berpengaruh. Dampak Covid-19 belum usai, kini sudah diterpa lagi dengan kabar potensi tsunami. Dan jelas dampaknya pada penurunan jumlah wisatawan yang datang,” ujarnya.

Jumlah penurunan itu menurut Wildan mencapai 50 persen selama pekan terakhir di bulan September ini, dari jumlah rata-rata sebanyak 300 wisatawan, kini menurun sampai 150 hingga 200 wisatawan.

“Itu kalau weekend ya. Dengam jumlah 200 di wisata pantai seluas ini, itu masih terlihat sangat sepi sekali,” imbuh Wildan.

Namun penurunan itu tidak membuatnya mengeluh. Wildan mengaku dirinya beserta staf yang mengelola Pantai Balekambang mematangkan kesiapan-kesiapan penanggulangan kebencanaan.

“Kita tetap berikhtiar dan kita tetap berusaha meyakinkan bahwa disini (Pantai Balekambang) baik-baik saja, cuaca aman dan laut tetap nyaman untuk dinikmati,” tegas Wildan.

Selain itu, beberapa kelengkapan juga telah disiapkan sebagai bentuk kesiapan pengelola Pantai Balekambang dalam menghadapi bencana.

“Kami sudah melengkapi persiapan sebagai bentuk siaga dalam menghadapi bencana. Rambu evakuasi, titik kumpul evakuasi juga sudah terpasang. Namun semoga tidak pantai Balekambang tidak terjadi apa-apa,” tutup Wildan. (haq/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih