Connect with us

Pilbup 2020

Tanggapan Malang Jejeg Soal KPU Tunda Tes Kesehatan

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – Beredar kabar bahwa salah salah satu bakal calon Bupati Malang jalur perseorangan, Heri Cahyono terpapar Covid-19.

Kabar itu dibenarkan oleh KPU kabupaten Malang melalui pernyataan yang dikeluarkan melalui rilis resminya, Selasa (22/9/2020).

Dalam keterangannya, KPU Kabupaten Malang menyatakan berdasarkan Pasal 50C ayat (1) PKPU Nomor 10 Tahun 2020 yang disebutkan jika KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota menunda tahapan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika bagi Bakal Pasangan Calon atau salah satu Bakal Pasangan Calon yang dinyatakan positif Covid-19.

Poin pertama, bahwa KPU Kabupaten Malang menunda tahapan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika bagi bakal pasangan calon Heri Cahyono dan Gunadi Handoko.

Poin kedua, bakal pasangan calon atau salah satu bakal pasangan calon yang dinyatakan positif Covid-19 dilakukan penanganan sesuai peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Poin ketiga, setelah dilakukan penanganan bagi Bapaslon atau salah satu Bapaslon yang telah dinyatakan negatif atau sembuh dari Covid-19, barulah pihak KPU Kabupaten Malang akan melakukan pengecekan kembali terhadap berkas administrasi dari Bapaslon perseorangan.

Pada poin terakhir, jangka waktu penelitian administrasi sebagaimana dimaksud di poin ke 3 paling lama 20 ( dua puluh ) hari sejjak dilakukan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika.

Menanggapi hal itu, Sam HC -sapaan akrab Heri Cahyono- mengakui bahwa hasil dari tes swab yang dilakukan di RS Lavalette, Kota Malang pada 16 September lalu pihaknya memang dinyatakan terpapar positif Covid-19.

“Iya, benar. Akan tetapi, saya meragukan hasil itu.  Sehingga saya melakukan tes Swab pembanding di lain tempat yaitu Laboraturium Prodia Kota Malang, dan hasilnya saya tidak terdeteksi Covid-19,” tegas Sam HC dalam konferensi pers, Selasa (22/9/2020).

Selain itu, lanjut Sam HC, dirinya juga telah melakukan rapid tes di RS Madinah, Kasembon, hasilnya juga non-reaktif.

“Rapid tes dan swab itu selaras. Sehingga saya bebas berinteraksi,” tandasnya.

Sam HC, kemudian mempertanyakan, ketika dinyatakan positif Covid-19. Kenapa dirinya tidak mendapat respon dari Tim Satgas Covid dari Pemkab Malang, yaitu penjemputan.

“Harusnya kalau saya dinyatakan positif saya dijemput oleh tim Satgas Covid-19. Namun, faktanya sampai saat ini tidak ada tindakan apapun. Bagi kami ini tanda tanya besar,” ungkapnya.

Sementara itu, Tim Hukum Malang Jejeg, Fransiscus Setiadi mengatakan, bahwa pengambilan sampel kurang sehat atau terlalu lelah pada tes Swab dilakukan, sehingga hasilnya positif.

“Setelah menerima hasil itu, kami pulang memperbaiki diri. Dengan istrirahat yang cukup dan kosumsi makanan berkualitas. Setalah itu tes kembali, dan hasilnya non reaktif dari hasil rapid tes, dan tidak terditeksi Covid-19 di tes Swab,” kata Fransiscus terpisah. (ron/rjs)

Klik untuk mengirimkan komentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pilbup 2020

Krisdayanti Sarankan SanDi Kampanye Lewat TikTok

Diterbitkan

||

Krisdayanti, penyanyi sekaligus anggota DPR-RI saat berkunjung ke DPC PDIP Kabupaten Malang. (Foto : istimewa)

KABARMALANG.COM – Paslon Sanusi-Didik Gatot Subroto jarang berkampanye daring. Sebaliknya, mereka lebih mengandalkan kampanye secara langsung.

Mereka mendatangi warga secara door to door. Cara ini sangat diandalkan SanDi.

Fungsionaris PDIP, Krisdayanti memberi saran alternatif kampanye SanDi.

“Masyarakat Malang setidaknya harus didatangi semua. Kalau saya dulu kan pakai musik ramai. Sekarang gak bisa. Nah kalau saran saya, harus menggerakan campaign virtual,” kata Krisdayanti saat bertemu SanDi di Malang, Minggu (26/10).

Anggota DPR RI Dapil Malang Raya itu membidik medsos. Tim kampanye SanDi disarankan mengeksplorasi kampanye lewat TikTok.

“Kalau musik gak bisa konser besar-besaran. Saran saya, yang paling efektif adalah buat video TikTok. Cukup 15 detik. Itu efektif dan cepat menyebar di seluruh warga,” tuturnya.

Baca juga : TikTok Kampanyekan Kesehatan Mental

Menanggapi saran KD, cabup paslon SanDi, Sanusi  setuju. Dia berjanji akan melaksanakan saran itu.

Menurutnya saran tersebut baik. “Dan nanti tim kreatif yang akan mengeksekusinya,” tutupnya.

Sebagai informasi, Kampanye SanDi masih road show. Satu hari, SanDi bisa mengelilingi 10 sampai 15 titik.

Metode itu sudah dilakukan sejak kampanye 26 September lalu.(im/yds)

Lanjutkan Membaca

Pilbup 2020

TPS Dua Kecamatan Rawan Konflik Pilkada

Diterbitkan

||

Wakapolda Jatim dan jajaran Polres Malang saat memantau kesiapan personel, Kamis malam (22/10).

KABARMALANG.COM – TPS di dua kecamatan Kabupaten rawan konflik Pilkada. Dua kecamatan itu adalah Tirtoyudo dan Ampelgading.

“Kerawanannya disebabkan alasan geografis,” tutur Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar di lobi Polres Malang, Kamis malam (22/10).

Menurut Hendri, dua kecamatan itu sulit dijangkau. Lokasinya juga jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Malang.

Sehingga, Hendri menaruh perhatian khusus. Polsek setempat diminta waspada dan antisipatif.

Segala letupan, kecil atau besar, harus dilaporkan. Supaya, Polres Malang bisa mengantisipasi secepatnya.

Hendri menerangkan, Polres Malang akan memetakan kawasan rawan lainnya. Pemetaan dibagi menjadi dua kategori. Yaitu TPS rawan dan sangat rawan.

“TPS rawan, biasanya adalah kantong-kantong suara. Akan dipetakan lebih lanjut,” jelasnya.

“Tujuannya agar personel yang berjaga lebih waspada. Sehingga potensi kerawananya itu tidak sampai menonjol,” imbuhnya.

Polres Malang juga menyiapkan Satgas Nusantara untuk mengamankan Pilkada. Satgas Nusantara berfungsi sebagai cooling system atau sistem pendingin.

“Satgas Nusantara akan menjalankan fungsi kemitraan. Fungsi sosial, manajemen media, dan penegakan hukum juga masuk,” kata Hendri.

Pengamanan Pilkada juga jadi perhatian Polda Jatim. Wakapolda Jatim yang baru berkunjung, menjanjikan tambahan personel.

Polda Jatim siap menurunkan personel dari wilayah lain. Itu untuk memperkuat personel Polres Malang.

Ada 300 personel tambahan yang dijanjikan Polda Jatim. Yakni, 100 personel Polda Jawa Timur. Lalu, 125 Polresta Malang. Serta, 75 dari Polres Lumajang.

“Selain itu, akan ada satu kompi Brimob. Satuan ini akan stand by di Mapolres Malang. Tugasnya adalah power on hand. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan Pilkada,” tutupnya.(im/yds)

Lanjutkan Membaca

Pilbup 2020

Wakapolda Tekankan Netralitas Polri di Pilkada

Diterbitkan

||

Wakapolda Jatim saat mengecek peralatan Polres Malang, Kamis (22/10). (Foto : carep-04)

KABARMALANG.COM – Polda Jatim menekankan pentingnya netralitas polisi di Pilkada 2020. Ini ditegaskan Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supratoyo.

“Tak kalah penting, pengamanan Pilkada, kedepankan netralitas Polri. Polri diberikan amanat untuk melaksanakan pengamanan. Karena itu saya perintahkan jalankan netralitas Polri dalam Pilkada,” ujar Slamet, Kamis (22/10).

Untuk itu, persiapan Operasi Mantap Praja Semeru sudah dimulai. Kamis sore, seluruh personel Polres disiagakan.

Jajaran Polres bersiap di Lapangan Satya Haprabu, Kepanjen. Slamet meminta seluruh personel polisi komunikatif.

Segala persoalan lapangan saat pengamanan Pilkada harus segera dikomunikasikan.

“Sekecil apapun persoalan harus kita antisipasi. Komunikasikan dengan Kapolsek atau Kasat,” tuturnya.

Polri harus siap. Baik segi personel maupun peralatan pendukung. Supaya, pengamanan Pilkada berjalan maksimal.

“Operasi Mantap Praja adalah operasi terpusat pelaksanaan Pilkada. Itu kebanggaan Polri. Karena diberikan amanah dan tugas pengamanan Pilkada,” tutup Slamet.

Pada 9 Desember, Kabupaten Malang menghelat Pilkada. Ada tiga paslon yang berebut kursi bupati-wakil bupati.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Debat Publik KPU Kabupaten Malang
Advertisement Iklan Sosialisasi Perwali Kota Batu
Advertisement Iklan cukai Pemkot Batu

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com