Connect with us

Pemerintahan

Ditengah Pendemi Covid-19, Pembangunan Pasar Besar Tetap Jalan

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – Mega proyek pembangunan pasar besar Kota Batu yang menggunakan dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dengan anggaran Rp 200 Miliar masih terus berlanjut dan tidak terpengaruh dengan adanya pandemi Covid-19.

“Pembangunannya masih berjalan. Hingga saat ini sesuai dengan progres pasar besar Batu masih dalam proses DED (Detailed Engineering Design),” ujar Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Rabu (01/07/2020) siang.

Ia juga menambahkan bahwa proyek bernilai ratusan miliar tersebut dikerjakan langsung oleh kementerian perdagangan, sehingga menurut prediksi orang nomor 1 di Kota Batu tersebut pembangunan pasar besar akan rampung pada akhir tahun 2021.

Sementara itu, menurutnya pihak Pemkot dan DPRD Kota Batu juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,5 Miliar yang nantinya digunakan untuk relokasi pedagang yang berjualan di pasar besar Batu.

Anggaran yang digunakan untuk relokasi tersebut diakui cukup besar, mengingat jumlah pedagang di pasar besar Batu mencapai 3200 orang.

Secara terpisah, Eko Suhartono Kepala Diskoumdag (Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan) Kota Batu membeberkan tempat relokasi pedagang hingga saat ini masih dalam proses penggodokan. Namun diperkirakan lokasi yang cukup tepat yaitu di kawasan areal parkir pasar besar.

“Masih dalam pembicaraan serius karena target penyelesaikan di 2020 yakni merampungkan DED dan sosialisasi relokasi. Untuk perhitungan amdal hingga pengerjaan pasar besar akan starting di tahun 2021,” papar Eko.

Dia berharap proses pembangunan pasar besar tersebut berjalan lancar, karena pasar besar ini merupakan salah satu titik utama perputaran ekonomi di Kota Batu selain dari sektor pariwisata. (arl/fir)

 

Advertisement HUT PDIP ke 48

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com