Connect with us

Serba Serbi

Penuhi Syarat Daerah Definitif, Kota Batu Bakal Miliki Desa Baru

Diterbitkan

||

KABARMALANG.COM – Belum terpenuhinya syarat administratif Kota Batu sebagai daerah otonom dengan sistem pemerintahan definitif membuat kota destinasi ini menyeriusi upaya pemenuhan syarat yang belum dicapai.

Hal ini dibuktikan dengan wacana untuk melahirkan kembali satu desa baru dari penggabungan Dusun Wonorejo dan Dusun Junggo yang keduanya saat ini masih berada di bawah Pemdes Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

“Usulan yang masuk dan telah disepakati awal akan diberi nama Desa Junggorejo. Tapi masih akan dibahas lebih jauh lagi,” tutur Arief Erwinadi Sekretaris Pokja Pemekaran Desa Tulungrejo, Rabu (24/06/2020).

Ia juga menjelaskan peleburan dua dusun yang menjadi embrio berdirinya desa baru tersebut sudah memenuhi syarat secara kependudukan.

Lebih jauh, Erwin membeberkan menurut regulasi pendirian desa minimal berjumlah 1.200 KK atau penduduknya berjumlah 6.000 warga. Saat ini di Dusun Wonorejo ada 588 KK dan di Dusun Junggo ada 771 KK. Totalnya di dua dusun itu ada 1.359 KK dengan penduduk berjumlah 4.758 jiwa.

“Ibukota Desa dan batas desa juga akan ditentukan. Rencananya Pusat pemerintahan desa telah disepakati terletak di tanah dekat Punden Watugambang seluas 1.000 Meter persegi,” imbuhnya.

Erwin juga menambahkan tanah tersebut merupakan hibah dari keluarga almarhum Surya Ananta Sudibyo, yang pernah menjabat Kepala Dusun Junggo. Rencananya balai desa juga akan dibangun di sekitar Punden Watugambang.

Terpisah, Kepala Desa Tulungrejo Suliono menambahkan bahwa pihaknya sangat mendukung adanya pemecahan desa tersebut dengan catatan tidak melupakan fasilitas yang ada di desa baru tersebut.

“Informasi saat ini, nantinya balai desa sementara akan memanfaatkan Balai Dusun Junggo untuk menjalankan roda pemerintahan desa. Fasilitas pendidikan dan fasilitas ibadah disana juga telah memadai,” ujarnya.

Lebih lanjut menurutnya semua persyaratan telah dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 45 tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa. “Ditunggu step by step, baru setelah ditetapkan resmi akan melakukan perekrutan pegawai pemerintahan desa,” tukasnya. (arl/fir)

 

Serba Serbi

Pembuatan Batik, Sandhya Nusantara Berdayakan Masyarakat Sekitar

Diterbitkan

||

Oleh

Pemberdayaan masyarakat di RW 03 Kelurahan Sukun dalam proses pembuatan batik

 

KABARMALANG.COM – Pemberdayaan masyarakat di RW 03 Kelurahan Sukun, Kota Malang pada Jumat (25/09/2020). Ini dilakukan Sandhya Nusantara dalam proses pembuatan batik.

Selain sebagai galeri dan toko menjual batik, tempat tersebut juga sebagai rumah. Galeri Sandhya Nusantara ini dikelola oleh Nana Bachtiar.

“Jadi awalnya itu, saya sendiri adalah penyuka batik. Suka dengan budaya-budaya Indonesia,” ujarnya, kepada Kabarmalang.com.

Kemudian, lanjut Nana, ikut pelatihan mandiri karena pada waktu itu pelatihan dari instansi masih belum ada. Ketika, ada pelatihan dari instansi akhirnya ia diundang setelah itu Nana memberdayakan masyarakat sekita.

Nana mengatakan, bentuk pemberdayaan yang diberikan kepada masyarakat dengan mengadakan pelatihan membatik bagi ibu-ibu di RW 03 diantaranya nyanting dan pewarnaan.

“Kalau ada pesanan, kita mengajak ibu-ibu. Ada yang nyanting dan pewarnaan. Sandhya Nusantara beranggotakan 15 orang dari RW 03,” katanya.

Untuk pemesanan dari luar Kota Malang juga ada, seperti dari Surabaya dan Nusa Tenggara Barat. Terakhir, ada mahasiswa dari Malaysia, datang melalui akses dari Universitas Brawijaya.

“Sebelum ada pandemi kita ada pesanan baik itu custom, seragam, dan lainnya. Saat pandemi kita terimbas, alhamdulillah pesanan custom tetap ada, walaupun gak sekencang sebelumnya,” lanjutnya.

Nana berharap, pemberdayaan untuk ibu rumah tangga ini bisa meningkatkan perekonomian mereka sendiri maupun untuk masyarakat. (fat/fir)

 

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

Jalin Kemesraan, Polres Malang Gelar Laga Sepak Bola Dengan JMR

Diterbitkan

||

Oleh

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar

 

KABARMALANG.COMPolres Malang gelar laga persahabatan sepak bola dengan Jurnalis Malang Raya (JMR) di Stadion Kanjuruhan, Jum’at (25/09/2020). Laga tersebut digelar bertujuan untuk menjalin kemesraan antara Polres Malang dan jurnalis yang bertugas di Malang Raya.

“Tujuan digelarnya laga persahabatan ini untuk mempererat kebersamaan dan simbiosis mutualisme antara jajaran Polres Malang dan Jurnalis,” terangnya Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar usai mengikuti laga tersebut.

Lebih lanjut, laga persahabatan itu akan terus dilaksanakan pada kesempatan selanjutnya.

“Laga-laga seperti ini akan terus kita gelar. Mungkin nanti Triathlon atau Sepeda. Yang penting kompak, agar kita tidak stress menjalani pekerjaan di tengah Covid-19,” ujarnya.

Tampak dalam pertandingan persahabatan itu, tim jajaran Polres Malang memenangkan pertandingan melawan tim JMR dengan skor unggul 3-0.

Diketahui, dua skor diantaranya dicetak oleh Wakapolres Malang, Kompol Tony Kasmiri dan Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar melalui tendangan penalti. (haq/fir)

Lanjutkan Membaca

Serba Serbi

Sahabat Kita, Puluhan Disabilitas Mendapatkan Bantuan Masker dan Sembako

Diterbitkan

||

Oleh

Puluhan penyandang disabilitas mendapatkan bantuan masker dan sembako

 

KABARMALANG.COM – Sahabat kita, sebanyak 50 penyandang disabilitas binaan Dinas Sosial Kota Malang mendapatkan bantuan berupa masker transparan dan paket sembako.

Pemberian bantuan tersebut diberikan secara langsung oleh Branch Head Asuransi Astra Cabang Malang, Lindung bersama Kepala Bidang Rehabilitasi Dan Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial, P3AP2KB Kota Malang, Titik Kristiani Tri Rahayu.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada teman-teman penyandang disabilitas,” ujar Titik.

Menurutnya bantuan tersebut sangat berarti sekali bagi penyandang disabilitas terutama di saat pandemi Covid-19.

“Setidaknya bantuan ini bisa membantu teman disabilitas sekaligus meringankan beban mereka di masa pandemi Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Lindung menyampaikan, bahwa pemberian sembako tersebut juga dalam rangka Hari Tuna Rungu se-Dunia. Bantuan tersebut berupa 250 masker transparan dan 50 paket sembako, yang masing-masing berisi beras, tepung terigu, minyak goreng gula.

Lindung berharap, melalui bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban mereka di masa pandemi Covid-19.

Terutama dalam pemberian masker transparan yang diharapkan dapat mempermudah penyandang disabilitas untuk berkomunikasi.

“Selain dengan Dinsos, kami juga bekerjasama dengan GERKATIN Malang. Semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat,” sambungnya.

Dan juga nantinya, lanjut Lindung, semakin mempermudah bagi teman penyandang disabilitas dalam berkomunikasi melalui masker transparan yang kami berikan. Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap teman-teman tuli di tengah mewabahnya virus Covid-19.

Lindung menambahkan, kami berharap dengan bantuan sembako dan masker transparan tersebut setidaknya dapat membantu meringankan beban teman-teman Tuli yang terdampak dari segi pemenuhan kebutuhan pokok.

“Dan bentuk support kami untuk mempermudah komunikasi teman-teman Tuli yang hanya mengandalkan membaca gerak bibir lawan bicaranya,” pungkasnya. (tik/fir)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Sosialisasi Perwali Kota Batu
Advertisement Iklan cukai Pemkot Batu

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com