Connect with us

Edukasi

Antisipasi Kekeringan, PDAM Kabupaten Malang akan Manfaatkan Sungai Lesti

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – PDAM Kabupaten Malang akan memanfaatkan air di Sungai Lesti untuk mengatasi kekeringan di wilayah Malang Selatan. Ungkapan tersebut disampaikan Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, Minggu (09/02/2020) malam.

Menurut Syamsul, pemanfaatan Sungai Lesti tersebut dinilai akan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Wilayah Malang Selatan, setiap tahunnya mengalami kekeringan saat kemarau panjang.

“Kami akan manfaatkan sungai Lesti untuk atasi kekeringan di Malang Selatan, setiap tahunnya mengalami kekeringan disaat musim kemarau,” ungkapnya.

Sungai Lesti, lanjut Syamsul, memiliki potensi air cukup berlimpah dan bisa kita manfaatkan untuk mengatasi kekeringan tahunan di Malang Selatan. Dengan kapasitas mencapai 500 liter/detik.

“Nantinya, bisa memenuhi air bersih di enam Kecamatan di wilayah Kabupaten Malang bagian selatan,” jelasnya.

Dengan kapasitas 500 liter/detik tersebut, nantinya enam kecamatan itu akan dapat terpenuhi kebutuhan air bersihnya. Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Bantur, Donomulyo, Pagak, Gedangan, dan Kalipare.

Dia menambahkan, pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan study replikasi pengelolaan air sungai ke PDAM Intan Banjar, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan untuk mempelajari sistem Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan pemanfaatan sumber air baku dari sungai wilayah Malang Selatan.

“Jika ini sudah berjalan, masyarakat di wilayah Malang Selatan tak akan lagi kekurangan air bersih walaupun di musim kemarau,” pungkasnya. (ary/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih