Connect with us

Pemerintahan

Tingkatkan Kompetensi Konsultan, Kadin Jatim Gelar Pelatihan

Diterbitkan

,

Kadin Jatim bersama Kadin Kota Batu menggelar Pelatihan Konsultan Vokasi di Hotel Horizon, Jalan Trunojoyo, Kota Batu

 

KABARMALANG.COM – Upaya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur untuk melaksanakan amanah Perpres 68/2022 tentang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, terus dimaksimalkan.

Karena itu, Kadin Jatim bersama Kadin Kota Batu menggelar Pelatihan Konsultan Vokasi di Hotel Horizon, Jalan Trunojoyo, Kota Batu, Rabu (10/05). Kegiatan ini juga di dukung oleh IHK Trier Jerman.

Ketua Kadin Kota Batu, Endro Wahyu Wijoyono, mengatakan, persaingan bisnis dan tenaga kerja saat ini telah mengalami perkembangan.

Di butuhkan ketrampilan kerja yang benar-benar special untuk memenuhi kebutuhan industri.

“Pelatihan ini di ikuti oleh pelatih dan konsultan yang ada di Kota Batu dan Kabupaten Malang. Harapannya, nanti konsultan ini bisa mendampingi industri dalam mengharmonisasikan apa yang di butuhkan industri dengan dunia pendidikan,” kata Endro.

Senada dengan Endro, Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto, melihat Kota Batu memiliki banyak potensi industri. Terutama dalam bidang perhotelan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang perlu di kembangkan.

“Di Kota Batu dan Malang Raya ini banyak sekali industri perhotelan. Adanya pelatihan ini, kami fokus terhadap pendidikan vokasi. Sehingga nanti SDM yang ada, ketika masuk dunia kerja, bisa memiliki kemampuan sesuai yang di butuhkan industri,” kata Adik.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, memberikan apresiasi atas di gelarnya pelatihan di Kota Batu ini. Ia berharap, skill (kemampuan) SDM di Kota Batu bisa meningkat dan mengurangi angka pengangguran.

“Kebutuhan tenaga kerja dengan skill yang di butuhkan saat ini masih sangat minim. SDM di Kota Batu ini mungkin banyak, tetapi belum banyak yang memiliki skill yang di butuhkan dunia kerja saat ini,” kata Aries.

Harapannya, dengan pelatihan ini, masyarakat yang akan masuk dunia kerja bisa terbantu, dan masyarakat yang berada di taraf pengangguran bisa bangkit dan termotivasi. (tik/fir)

 

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih