Connect with us

Edukasi

Masalah Sampah, Sabers Pungli Gelar Sabers Camp Nusantara #100

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali (Sabers Pungli) Kota Batu menggelar acara “Sabers Camp Nusantara #100”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Posko BPBD Kota Batu di Jalan Raya Selecta, Sabtu (12/10/19) malam.

Hadir dalam acara itu Sekretaris BPBD Jawa Timur, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur, Kementrian Lingkungan Hidup, Direktur Perum Jasa Tirta Malang, dan Komunitas Local Guide Indonesia.

Tema diusung tahun ini adalah
Connect 2 Connect – Merajut Tali Silaturahmi Peduli Ekologi. Acara tersebut bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Sabers Pungli yang ke-2.

Menurut Achmad Rifa’i atau cak Mat Berlin sapaan akrabnya, selaku penggiat Sabers Pungli, bahwasanya kegiatan ini membahas tentang ekologi, permasalahan sampah, sungai dan pengelolaan sungai secara sistematis dengan narasumber yang di hadirkan.

“Selain itu, dalam acara ini juga membuat volentir pelajar dan komunitas sebagai agen saber untuk merancang kegiatan sabers ke depan,” katanya kepada KABARMALANG.COM

Cak Mat menjelaskan, pada acara tersebut juga ada pemutaran film “Air Bicara” dari SMK 3 Kota Batu yang menjuarai festival film tentang Sabers Pungli.

“Ya, pada acara ini ada nominator film pendek Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kota Batu dan Sabers Pungli, yang sekaligus juga merayakan Hari Ulang Tahun ke-2 Sabers Pungli,” terang dia.

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat menghadiri giat tersebut menyampaikan, bahwasanya dirinya siap jika sewaktu-waktu diajak untuk terjun langsung bersama tim Sabers Pungli.

“Saya bersyukur pada malam hari ini bisa ikut andil dalam acara ini, sebagai warga baru Kota Batu, izinkan saya untuk memperkenalkan diri untuk bergabung menjadi warga Kota Batu, dan mohon kiranya saya bisa diterima dengan tangan terbuka. Saya siap jika sewaktu-waktu diajak untuk terjun langsung ke lapangan,” kata Harvi sapaan akrabnya.

Mantan Kasubdit Regident Dirlantas Polda Jatim ini mengaku bangga, karena Kota Batu memiliki sahabat Sabers Pungli yang turut perduli akan kebersihan lingkungan.

“Saya dengan sangat senang hati akan ikut nyemplung dengan rekan-rekan sekalian. Saber Pungli sudah luar biasa menginisiasi menjadi motivator untuk peduli lingkungan terhadap sungai yang bersih. Tentunya itu merupakan suatu yang luar biasa. Kesadaran diri sendiri mau terlibat langsung itu salah satu wujud dari cinta tanah air. Saya siap kapanpun diminta untuk bersama-sama dengan tim Saber Pungli,” ujarnya.

Orang nomor satu di jajaran Polres Batu ini berharap, ke depan tentunya selalu memberikan support dan ikut bersama-sama dengan tim Sabers Pungli untuk secara langsung turun ke sungai.

Sementara itu, Rio Hendra yang juga sebagai pelaku penggiat Sabers Pungli menambahkan, pada September tahun 2019 ini gerakan Sabers Pungli akan memasuki dua tahun perjalanannya.

“Pada 12-13 Oktober 2018 gerakan Sabers Pungli akan melakukan refleksi perjalanan dua tahun pertamanya dengan mengadakan Silaturahmi Budaya dalam bentuk Sabers Camp Nusantara yang diadakan di lokasi Camping Ground BPBD Batu,” ungkapnya.

Rio yang juga jurnalis ini memaparkan, dalam setiap kegiatan Sabers Pungli bersinergi dengan BPBD Kota Batu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Batu Local Guides dan PHRI Kota Batu untuk menemukan solusi dari persoalan-persoalan ekologi khususnya sampah sungai yang selama ini ditemui dalam kegiatan Sabers Pungli setiap minggunya.

“Selain mengadakan Sabers Camp yang mengundang volunteer, BPBD 14 Kota/Kabupaten yang dialiri sungai Brantas, Sabers Pungli juga bakal menggelar syukuran 2 tahun gerakan kesadaran moral, kesadaran terlibat dan edisi ke 100 Sabers Pungli yang menampilkan budaya lokal yang akan dikemas secara menarik,” pungkasnya. (jho/fir)

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih