Connect with us

Pemerintahan

HUT ke 74 Jatim, Pemkot Malang Terima Penghargaan dari Gubernur

Diterbitkan

,

KABARMALANG.COM – Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, menerima langsung piala penghargaan Lomba Kelurahan Tangguh Bencana Provinsi Jawa Timur, Sabtu (12/10/2019) di Halaman Gedung Grahadi, Surabaya. Penghargaan tersebut, diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bertetapan dengan HUT ke 74 Provinsi Jawa Timur.

Kelurahan Bandung Rejosari, Kecamatan Sukun, berhasil dinobatkan sebagai kelurahan terbaik kategori madya untuk lomba desa/kelurahan tangguh Tingkat Jawa Timur.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengatakan, penghargaan kelurahan tangguh bencana ini merupakan hasil kerja seluruh elemen masyarakat yang mulai sadar terkait kewaspadaan terhadap bencana alam. Apalagi, jika memasuki musim penghujan atau cuaca ekstrim, beberapa titik lokasi di Kota Malang rawan banjir dan longsor.

“Karena itu Pemerintah Kota Malang melalui BPBD terus berupaya dalam menciptakan kelurahan tanggap bencana agar masyarakat siap jika menghadapi kondisi bencana alam,” kata Sofyan Edi Jarwoko.

Pria yang akrab disapa Bung Edi ini menambahkan, Kelurahan Tangguh Bencana, selain diharapkan mampu memunculkan para relawan dari masyarakat, juga meningkatkan pemahaman mengenai kebencanaan.

“Hal itu harus dilakukan sejak dini dan dari level paling bawah, supaya masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan tempat tinggal mereka. Harapan kami, Kelurahan Tangguh Bencana tbisa meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengantisipasi dan kesiapsiagaan saat menghadapi bencana,” tandasnya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat memberikan sambutan dalam HUT ke 74 Provinsi Jawa Timur, menegaskan jika membangun dan memperkuat sinergitas antara pemerintah provinsi dengan pemerintah daerah terus dilakukan agar tujuan pembangunan bisa direalisasikan dengan baik.

“Pemerintah Provinsi mendorong kepemimpinan yang senantias hadir dalam menjaga kehidupan masyarakat yang kondusif,” kata Khofifah Indar Parawansa.

Mantan Menteri Sosial itu menjelaskan, berbagai permasalahan di daerah seperti bencana alam dan dinamika sosial serta permasalahan lainnya merupakan dinamika perjalanan yang harus diselesaikan secara tuntas dan dicari jalan keluarnya dengan baik.

“Semua itu membutuhkan kerjasama semua pemerintah daerah yang fokus pada satu tujuan yakni terwujudnya nawa bhakti Jawa Timur. Hal ini sesuai dengan tema besar pada HUT ke 74 Provinsi Jawa Timur yakni Semangat Nawa Bhakti Satya, Untuk Jawa Timur Maju Sejahtera,” tandasnya.

Dijelaskan pula, slogan nawa bhakti satya adalah sembilan bakti yang menggambarkan prinsip untuk mencapai kemajuan Provinsi Jawa Tmur. Sembilan hal itu yakni, Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Berkah, Jatim Agro, Jatim Berdaya, Jatim Amanah dan Jatim Harmoni.

“Saat ini kita masih berada dalam tahap awal pelaksanaan nawa bhakti, namun kami mensyukuri adanya capaian yang kongkrit dan dapat lebih diperbaiki di masa mendatang,” ujar Khofifah. (ary/fir)

Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pemerintahan

Polresta dan Satpol PP Siap Razia Diskotik dan Karaoke Saat Ramadan

Diterbitkan

,

Polresta dan Satpol PP Siap Razia Diskotik dan Karaoke Saat Ramadan
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata (Foto: Fathi)

 

KABARMALANG.COMPolresta Malang Kota, Satpol PP Kota Malang, dan jajaran samping bakal melaksanakan operasi gabungan merazia tempat hiburan malam.

Petugas bakal melakukan razia tempat hiburan malam yang tetap bandel beroperasi selama bulan Ramadan tahun 2021 ini.

Sebab, Wali Kota Malang telah mengeluarkan SE Nomor 14 Tahun 2021 tentang pelaksanaan kegiatan di bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun 1442 Hijriah tahun 2021.

SE ini juga yang memberi kewenangan petugas untuk razia. SE Wali Kota Malang memberi larangan beroperasi bagi tempat hiburan seperti panti pijat, diskotik dan sejenisnya, karaoke, permainan biliar.

Lalu permainan bolling, warung internet, toko penjual minumal beralkohol serta jenis usaha yang berada di dalamnya wajib tutup.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata. Polresta bakal kolaborasi lintas sektor seperti Satpol PP dan TNI untuk razia gabungan tersebut.

“Ya nanti bersama-sama dengan satgas, kan kita gak jalan sendiri. Karena itu adalah kewenangan bersama dengan satgas,” ujar Leonardus kepada wartawan di Balaikota Malang, Selasa (13/4).

Leonardus belum bisa menyebutkan tempat-tempat hiburan mana saja yang akan mereka razia.

“Nanti kita acak (sasaran razia), kalau saya temukan pelanggaran, akan saya amankan,” ringkasnya.

Kabar Lainnya : Seks Bebas Saat Tahun Baru, 50 Pasangan Dirazia, Ada Yang Remaja, Miris.

Kepala Satpol PP Kota Malang, Priyadi mengamini. Ia belum bisa menyebutkan jadwal razia gabungan itu.

“Iya ada (operasi gabungan), tapi tidak kami sebutkan kapan waktunya. Sudah kami persiapkan. Nanti satu minggu satu kali,” papar Priyadi, Selasa (13/4).

“Sasarannya tempat-tempat kafe yang beroperasi lebih dari jam 10 malam ya kita razia. Tempat-tempat hiburan, diskotik dan karaoke juga,” lanjutnya.

Priyadi mengatakan saat razia pada Ramadan tahun 2020 lalu, pihaknya berhasil menindak tempat penjualan minuman beralkohol.

“Setelah razia, ada beberapa tempat yang jual minuman beralkohol kita tindak. Langsung kita sita sebagai bukti,” ungkapnya.

Jika masih saja ada pelaku usaha tempat hiburan yang melanggar aturan itu, Satpol PP tidak segan-segan untuk menindak.

“Itu nanti kalau ada pelanggaran akan kita sanksi. Awalnya teguran, jika masih bandel ya kita cabut izinnya,” akhirnya.(fat/yds)

Lanjutkan Membaca

COVID-19

Pemkot Gelar Vaksinasi Covid-19 Lansia Lowokwaru Kota Malang

Diterbitkan

,

Pemkot Gelar Vaksinasi Covid-19 Lansia Lowokwaru Kota Malang
Vaksinasi lansia di Klinik Sarangan, Kelurahan Lowokwaru Kota Malang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COMPemkot Malang gelar vaksinasi covid-19 untuk warga lansia Kelurahan Lowokwaru Kota Malang.

Vaksinasi terlaksana di Klinik Sarangan Jalan Sarangan RT 06 RW 01, Kota Malang. Selasa (13/4), Pemkot gelar vaksinasi covid-19 ini untuk 72 lansia.

Ketua RW 01 Lowokwaru Margo menjadi penanggung jawab vaksinasi lansia. Kemudian, koordinator vaksinasi berasal dari Puskesmas Kendalsari.

Sementara, Babinsa Lowokwaru Sertu Mustakin dan Babinkamtibmas Lowokwaru Bripka Ahmad mengawal jalannya vaksinasi.

“Vaksinasi untuk lansia terlaksana mulai pukul 08.00 WIB. Pertama, petugas kesehatan melaksanakan screening peserta,” ujar Sertu Mustakin.

Setelah itu, petugas mengecek kondisi tensi darah para lansia. Begitu selesai pemeriksaan, para lansia mengantri untuk vaksinasi.

Setelah suntik vaksinasi, mereka menunggu di ruang observasi. Ketika tidak ada gejala berarti, petugas mempersilakan para lansia pulang.

“Acara vaksinasi selesai pukul 11.30 WIB. Tidak ada kejadian menonjol selama vaksinasi ini,” tutup Sertu Mustakin.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca

COVID-19

Hari Pertama Ramadan, Patroli Gabungan Sasar Wilayah Kedungkandang

Diterbitkan

,

Hari Pertama Ramadan, Patroli Gabungan Sasar Wilayah Kedungkandang
Apel petugas gabungan sebelum operasi di Kedungkandang. (Foto : Istimewa)

 

KABARMALANG.COM – Hari pertama Ramadan 2021 tidak menghalangi operasi PPKM mikro Kota Malang. Sebaliknya, petugas makin berikhtiar menjalankan tugas menegakkan prokes.

Selasa (13/4), dalam hari pertama Ramadan, patroli gabungan menyasar wilayah Kedungkandang. Panit Lantas Polsek Kedungkandang, Ipda Dandu memimpin operasi ini.

Dia menjalankan operasi bersama segenap arapat gabungan di wilayah Kedungkandang. Panit Intel Kedungkandang, Aiptu Agus Bowo juga hadir dalam operasi ini.

Termasuk, Panit Sabhara Ipda Yulianto, 5 anggota Polsek Kedungkandang, 5 anggota Satpol PP Kota Malang, Lurah Buring M Choiril Anwar turut menyertai operasi.

Kemudian, Babinsa Buring Pelda Legimin dan Sertu Gatot M, Babinkamtibmas Buring Aipda Suwandi dan Trantib Buring, Meri, juga menjalankan operasi.

Operasi penegakan prokes ini terlaksana mulai pukul 09.00 sampai 10.00 WIB.

Kabar Lainnya : Polresta Malang Kota Tingkatkan Patroli Wilayah.

Operasi yustisi juga tetap menegakkan Inpres No 6, Pergub No 53 2020 Perda No 02 dan Perwali No 30 Agustus 2020.

Petugas gabungan memulai operasi dengan apel di depan kantor Kelurahan Buring. Setelah itu, petugas melakukan operasi di Jalan Raya Ciputra.

Petugas menyisir 5 orang tidak bermasker selama operasi. Selain itu, petugas juga mencatat sejumlah pelanggaran lain selama operasi.

“Jumlah pelanggar tidak bermasker 5 orang. Tetapi, rata-tata kami melihat pelanggar membawa masker tapi tidak dipakai. Atau, ada juga yang memakai masker di dagu,” kata Pelda Legimin, Babinsa Buring.

Mereka yang melanggar mendapat hukuman menyanyikan Indonesia Raya dan melafalkan Pancasila. “Kami juga berikan masker gratis kepada pelanggar,” akhirnya.(carep-04/yds)

Lanjutkan Membaca
Advertisement Iklan Ucapan HUT Kota Malang Ke 107
Advertisement Iklan Ucapan HUT Kota Malang Ke 107

Terpopuler

WeCreativez WhatsApp Support
Marketing Kabarmalang.Com