Connect with us

Serba Serbi

Pelantikan Pengurus Daerah IWO Malang Raya Masa Bhakti 2023-2028, Sukses Digelar

Diterbitkan

,

Para Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Malang Raya, saat menyanyikan Mars IWO. (Dod)

 

KABARMALANG.COM – Giat acara agenda tahunan Anugerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Malang Raya Awards, yang digelar pada Senin (20/3/2023) diwarnai dengan Pelantikan Pengurus Daerah IWO Malang Raya berjalan sukses, hikmat dan penuh suka cita.

Pelantikan Pengurus Daerah IWO Malang Raya dan Anugerah IWO Awards itu dihelat di Grand Ballroom Paramount, Hotel Atria, Kota Malang.

Para pewarta yang tergabung di dalam organisasi profesi IWO Malang Raya dilantik oleh Ketua Umum IWO, Jodhi Yudono, dihadapan perwakilan stakeholder meliputi wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

Dari pantauan awak media, terlihat jajaran tamu yakni para petinggi pemerintah dan perguruan tinggi yang turut menjadi saksi pelantikan IWO.

Kemudian dari unsur TNI Polri melengkapi semaraknya acara yang dihadiri ratusan relasi, kolega dan jaringan IWO Malang Raya. Puluhan pimpinan instansi, pengusaha, ketua organisasi kepemudaan, koordinator komunitas-komunitas besar se-Malang Raya.

Hadir juga dari tokoh ormas, tokoh perempuan, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, aktivis penggerak hingga relawan kemanusiaan hadir memadati ruangan pelantikan.

Duduk sebagai tamu kehormatan, adalah Ketua Umum IWO Jodhi Yudono, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko beserta Ketua I TP PKK Kota Malang Ely Estiningtyas S.T., M.M, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika.

Sebelum acara Pelantikan Pengurus Daerah IWO Malang Raya dilangsungkan, para hadirin disuguhkan tayangan video kiprah IWO Malang Raya.

Gelaran yang dirangkai dengan Anugerah IWO Awards serta launching KTA itu dibuka dengan pembacaan doa, yang dipimpin oleh Wakil Rektor Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim yang juga Ketua PCNU Kota Malang Gus Dr. H. Isroqunnajah M.Ag.

Penasihat IWO Malang Raya, R. H. Djoni Sujatmoko menyampaikan orasi ilmiahnya menjelang prosesi pelantikan, bertema ‘Indonesia Negara Majemuk’. Dengan lugas, Djoni dalam orasinya mengatakan bahwa, Indonesia perlu meningkatkan kebersamaan antar individu.

“Indonesia adalah negara majemuk, itulah salah satu alasan mengapa kita harus memiliki rasa kebersamaan. Manusia dan lingkungan sekitarnya harus hidup seimbang karena adanya tuntutan dalam memenuhi kebutuhan hidup,” tutur Djoni.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sedalam-dalamnya kepada IWO Malang Raya, yang telah menggagas acara Anugerah IWO Awards.

Bung Edi, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa jurnalis adalah satu diantara elemen pentahelix yang sangat penting.

“Media dan wartawan menjadi sarana komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, untuk itu wartawan merupakan elemen penting,” ujar Ketua DPC Golkar Kota Malang ini.

Lebih lanjut, dari podium kehormatan Ketua Umum IWO pun memberikan sambutannya dengan penuh semangat. Dalam sambutannya Jodhi mengatakan, bertumbuhnya kantong organisasi di daerah adalah indikator dunia jurnalisme yang sehat, dimana para jurnalis berkumpul untuk menyatukan visi dan misi ke arah yang maju dan membangun.

Selain itu Jodhi juga mengimbau, agar jurnalis atau wartawan mengedepankan sisi kemanusiaan selain melakukan liputan.

Dalam kesempatan itu, Jodhi yang dikenal sebagai wartawan senior kompas.com dan penyanyi puisi itu berharap, wartawan dapat terlibat dalam mewartakan serta melakukan kontrol dan mampu menjaga independensi dalam pembangunan, dan program-program yang disusun pemerintah maupun swasta, untuk kesejahteraan masyarakat.

Di tempat yang sama, Ketua terpilih Rudi Harianto C.ST MI setelah dilantik mengatakan bahwa, IWO Malang Raya telah melewati tahapan-tahapan organisasi dengan baik.

“Alhamdulillah setelah Mubesda dan Pelantikan terlaksana dengan sukses, sekarang kami fokus merealisasi program kerja juga mengupayakan agar KTA untuk para anggota segera terbit. IWO harus bisa masuk ke segala lini, politik, ekonomi, kepemerintahan, pendidikan dan teknologi, sektor usaha, pertanian, pariwisata, lingkungan dan lain sebagainya,” katanya.

“Tidak lupa, secara organisasi kami selalu mementingkan kebersamaan dan persaudaraan antar anggota. Sebisa mungkin memacu karya jurnalistik yang lebih berkualitas dan juga kreatifitas, sesuai dengan bidang yang disukai. Saling membesarkan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk mendukung profesi kewartawanan,” jelasnya.

Masih kata Rudi, bahwa setelah selama 3 tahun belakangan ini menjabat sebagai Plt Ketua IWO, diakuinya bahwa IWO telah mampu membuktikan kiprahnya dalam hal berorganisasi.

“Tiga tahun ini, IWO mempunyai program dan sudah direalisasikan dapat dilihat dalam tayangan profil IWO Malang Raya. Setelah pelantikan ini kita akan segera menggelar rapat kerja, dan mulai mewujudkan program secara bertahap. Tahun ini juga ada program unggulan baru yang sudah dirancang dan dalam waktu dekat dapat dikerjasamakan dengan berbagai sektor,” beber wartawan terverifikasi Dewan Pers ini.

Rudi dalam keterangannya juga berharap, selain bisa menjaga marwah organisasi juga bisa membawa nama baik media tempat bekerja.

“Menjaga marwah dimulai dari tindakan kita untuk selalu menjaga integritas dan memperhatikan etika yang ada di masyarakat.” tutupnya.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, IWO Malang Raya mempunyai program tahunan yakni Anugerah IWO Awards yang diberikan kepada para tokoh dari berbagai latar belakang. Yang beruntung mendapatkan penghargaan adalah :

Kategori Malang Best Figure
1. Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Menteri Koordinator Bidang PMK RI

2. Drs. H. Sutiaji, Wali Kota Malang & Sahabat Difabel

3. I Made Riandiana Kartika, Ketua DPRD Kota Malang

4. Laily Fitriyah Liza Min Nelly, Ketua PERINDO Kota Malang, Entrepreneur

5. Ely Estiningtyas Jarwoko, Ketua I TP PKK Kota Malang, Ketua PERWOSI

6. Yuni Shara, Artis & Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini

7. Prof. Dr. Dyah Sawitri S.E., M.M., Kepala LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur

8. Ir. H. M. Ridwan Hisjam, Anggota DPR RI Komisi VII

9. Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag., Ketua Tanfidiziyah PCNU Kota Malang

10. Risa Santoso, B.A., M.Ed, Rektor Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang

Kategori pilihan masyarakat dengan predikat CAKRA, merupakan akronim dari Cepat, Akurat, Komunikatif, Responsif, Akuntabel diraih oleh Kapolresta Malang Kombes. Pol. Budi Hermanto S.I.K., M.Si

Kategori Yang Muda Yang Berdampak
1. Moreno Soeprapto S.Sos, Anggota DPR RI Komisi VII

2. dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed, Dokter & Wirausahawan Sosial

3. Ir. Alfi Nurhidayat S.T., M.T., IPM, Kepala Dinas PUPR Kota Batu & Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Kota Batu

4. M. Nor Muhlas S.Pd., M.Si, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang

5. Zulham A. Mubarrok, Ketua DPD KNPI Kabupaten Malang

6. drg. Nina Agustin M.M., Sp. Ort, Dokter & ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kota Malang

7. Redy Eko Prasetyo, Seniman & Penggagas Jaringan Kampung Nusantara

8. dr. Dian Agung Anggraeni, Dokter & Sociopreneur

9. Drs. Bambang GW, Pendiri Dewan Kampung Nuswantoro

10. Yulia Rahmawati, Make Up Artist Populer & Fashion Enthusiast. (dod/fir)

 

Advertisement Gempur Rokok Ilegal Bea Cukai Malang
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

// width=
Marketing Kabarmalang.Com
Aktifkan Notifikasi OK Tidak Terimakasih